Sukses

Cara Membuat CV Lamaran Kerja yang Benar dan Menarik, Beserta Penjelasan dan Contohnya

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat CV lamaran kerja menjadi lebih mudah dengan adanya tamplat secara online maupun offline. Ada banyak macam kreasi tamplat sesuai dengan keinginan dan tujuan dibuatnya sebuah CV untuk melamar kerja ke perusahaan swasta maupun negeri.

CV kepanjangan dari curriculum vitae adalah salah satu dokumen terpenting yang harus Anda siapkan sebelum melamar pekerjaan, magang, atau bahkan melamar beasiswa. Dokumen ini berisis daftar riwayat hidup Anda.

Cara membuat CV lamaran kerja yang baik dan menarik tetap perlu memperhatikan format yang benar. Kamu perlu memeriksa secara detail isi dari CV agar HRD perusahaan tertarik untuk meminangmu bekerja di perusahaan tersebut.

Untuk lebih detailnya, berikut ini penjelasan mengenai cara membuat CV yang benar dan menarik beserta contohnya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (25/5/2021).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Pengertian CV Secara Umum

Daftar riwayat hidup atau CV adalah dokumen yang memberi informasi tentang kualifikasi seorang pencari kerja. Informasi yang disebutkan dalam sebuah daftar riwayat hidup mencakup data pribadi, latar belakang pendidikan, prestasi, keterampilan, pengalaman profesional, dan lain-lain.

Diterjemahkan dari bahasa Latin, pengertian CV adalah "perjalanan hidup saya." Sebab ditujukan untuk melamar pekerjaan, isi CV harus memuat informasi yang mampu menggambarkan pengalaman profesional dan akademis kita.

3 dari 5 halaman

Isi Format CV yang Wajib Ada

Isi CV harus menggambarkan prestasi akademis dan pengalaman kita. Maka dari itu, yang wajib dicantumkan dalam CV adalah:

1. Data diri seperti nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat, nomor telepon yang bisa dihubungi, alamat email.

2. Riwayat pendidikan yang mencakup almamater dan gelar.

3. Pengalaman kerja mencakup posisi yang pernah ditempati, durasi bekerja, job description, perusahaan tempat bekerja, sertakan pula pengalaman kegiatan organisasi, sukarelawan, maupun magang.

4. Keterampilan pendukung yang memuat keahlian dalam melaksanakan tugas dan pekerjaan.

Poin-poin penting isi CV di atas dicantumkan secara kronologis. Sertakan deskripsi atau penjelasan yang diperlukan pada setiap poin, sehingga perjalanan hidup Anda tergambar lengkap dan jelas. Jika ada, tuliskan pula pencapaian seperti kejuaraan kompetisi atau tambahan informasi lain yang dirasa perlu dicantumkan sebagai bagian dari isi CV.

4 dari 5 halaman

Jenis Membuat CV Berdasarkan Tujuannya

Selain membuat CV untuk kepentingan melamar pekerjaan, ada beberpaa CV yang dibuat berdasarkan tujuan lain seperti untuk magang, maupun melamar untuk daftar beasiswa. Berikut penjelasannya :

1. CV Magang

Tak hanya Sobat Pintar di SMK, mahasiswa Diploma juga biasanya mengikuti program magang. Pada umumnya mereka belum memiliki pengalaman pekerjaan, isi CV untuk magang lebih terfokus pada data diri, pendidikan, dan keterampilan.

2. CV Mahasiswa

Takkan jadi soal buat mahasiswa, CV menarik bagi mahasiswa mencerminkan kreativitas mereka. Namun tetap, jangan lupakan informasi penting yang harus disertakan. Seperti data diri, riwayat pendidikan, prestasi, maupun riwayat organisasi.

3. CV Lamaran Kerja

Saat melamar pekerjaan, biasanya para pelamar adalah sesorang yang telah lulus SMA, SMK, maupun kuliah. Untuk membuat CV lamaran pekerjaan bagi yang sudah lulus, harus diperhatikan data diri, riwayat pendidikan, keterampilan yang dikuasai, riwayat organisasi selama masih sekolah, maupun pengalaman apapun yang berhubungan dengan pekerjaan yang akan dilamar. Berikut contohnya :

5 dari 5 halaman

Cara Membuat CV Berdasarkan Kebutuhannya

Ada dua cara membuat CV lamaran kerja yang bisa Anda ikuti, yaitu secara online dengan menggunakan tamplat di aplikasi atau ingin secara offline menggunakan word. Berikut masing-masing penjelasannya :

1. Cara Membuat CV di Word

Cara membuat CV lamaran kerja yang paling mudah dan murah tentunya menggunakan Microsoft Word. Anda bisa mengikuti cara membuat CV lemaran kerja yang menarik di Word dengan mudah jika sudah menggunakan templat. Berikut cara membuat CV lamaran kerja di Word:

a. Pilih Template yang Telah Tersedia

Caranya cukup mudah, Anda tinggal mengklik menu FILE, lalu pilih NEW. Saat itu, berbagai templat yang telah tersedia akan ditampilkan. Pilih templat yang Anda inginkan.

b. Unduh Template Secara Online

Selain itu, Anda juga bisa memilih templat dengan mengunduhnya secara online sebagai salah satu cara membuat CV lamaran kerja yang menarik di word. Caranya cukup dengan membuka dokumen baru dan carilah “resumes” pada segmen “Microsoft Office Online”. Selain itu, Anda juga bisa mengunduh template secara online tanpa membuka Microsof Word terlebih dahulu dengan menggunakan Office Online. Kunjungi situs web resminya di https://templates.office.com/ dan klik segmen resume dan surat pengantar. Segmen ini ditampilkan dalam modul yang berada di sisi kiri layar dengan label “Browse by Category”.

c. Selesaikan CV

Selanjutnya, Anda tinggal menyelesaikan templat yang telah diunduh. Setelah memilih templat yang tampak profesional dan sesuai dengan jenis pekerjaan yang Anda inginkan, Anda bisa menghapus teks bawaan dan menambahkan informasi pribadi. Format, tata letak, dan presentasi memang merupakan aspek penting dalam membuat CV yang baik, tetapi aspek-aspek tersebut tetap tidak dapat menutupi tulisan yang buruk dan kesalahan ejaan dan tata bahasa. Jadi Anda tetap harus teliti dalam cara membuat CV lamaran kerja yang menarik di word ini.

2.  Cara Membuat CV secara Online

Anda juga bisa menerapkan cara buat CV secara online di berbagai situs tertentu. Apalagi dengan adanya templat yang sudah disediakan, Anda tinggal mengubah isi dari CV sesuai dengan data diri Anda sendiri.

a. Canva

Canva dikenal luas sebagai alat desain grafis yang dapat digunakan semua orang. Situs ini menyediakan berbagai kebutuhan desain grafis online dengan antarmuka mudah digunakan. Tak cuma membuat poster, Canva bisa membantu Anda membuat CV.

Jika Anda memiliki pengalaman desain, Anda bisa mulai dengan templat kosong. Jika tak punya bakat desain Anda bisa menggunakan templat yang telah ditentukan dan mengganti informasi dummy yang ada. Semua tools desain grafis Canva tersedia untuk pembuatan resume juga.

Itu berarti Anda dapat menambahkan elemen, bentuk, gambar khusus, atau lainnya ke resume buatan Anda. Paket gratis Canva mungkin adalah semua yang Anda butuhkan untuk membuat CV atau resume. Anda akan mendapatkan penyimpanan 1 GB untuk foto dan aset lainnya, serta akses ke ribuan templat menarik.

b. Resume.com

Situs ini merupakan situs pembuat resume gratis dengan beragam templat. Pembuat resume ini memungkinkan Anda membuat resume atau CV dengan memasukkan informasi yang dibutuhkan. Menariknya lagi, situs ini juga punya fitur "Impor LinkedIn". Dengan meng-klik fitur tersebut, Anda akan tersambung ke profil LinkedIn Anda dan memasukkan informasi di LinkedIn ke dalam resume buatan Anda secara otomatis.

Resume.com dapat diakses gratis oleh semua orang. Anda bisa mengunduh resume dalam format file PDF, Word Document, Rtf, dan Txt secara gratis. Ada berbagai templat yang bisa kamu pilih sesuai keinginan dan kebutuhan Anda.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.