Sukses

Macam-Macam Zodiak Beserta Tanggal dan Artinya, Pahami Kepribadiannya

Macam-macam zodiak terbagi menjadi 12 macam sesuai dengan bulan berdasarkan tahun Masehi.

Liputan6.com, Jakarta Macam-macam zodiak terbagi menjadi 12 macam sesuai dengan bulan berdasarkan tahun Masehi. Macam-macam zodiak tersebut berasal dari berbagai konstelasi rasi bintang yang memiliki berbagai macam simbol tertentu pula.

Setiap orang memiliki zodiak sesuai dengan tanggal lahirnya. Sebenarnya zodiak termasuk ke dalam ilmu astronomi. Namun sekarang banyak orang yang menganggap bahwa zodiak juga bisa dijadikan patokan untuk melihat gambaran sifat serta kepribadian seseorang.

 

Macam-macam zodiak tersebut diurutkan berdasarkan kemunculannya di langit. Mulai dari Aquarius yang dimulai pada pertengahan Januari hingga pertengahan Februari, sampai pada Capricorn yang mulai pada pertengahan Desember hingga pertengahan Januari.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (25/5/2021) tentang macam-macam zodiak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Pengertian Zodiak

Secara etimologi zodiak atau yang dalam bahasa Inggris disebut zodiac, berasal dari kata latin yaitu zodiacus yang berarti “lingkaran” hewan. Hal tersebut yang menjadi latar belakang penggunaan nama-nama binatang untuk menamai zodiak.

Secara ilmiah, zodiak memiliki makna menyatakan suatu siklus tahunan dari dua belas wilayah sepanjang lingkaran ekliptik. Lingkaran ekliptik sendiri merupakan suatu pola lintasan perubahan posisi matahari di angkasa. Adanya seluruh wilayah yang terbagi-bagi tersebut, karena lingkaran ekliptik dibagi oleh gugus-gugus bintang menjadi 12 area dengan ukuran busur yang sama.

Fungsi utama zodiak sebenarnya menjadi semacam peta kedudukan atau posisi matahari di angkasa. Selain itu, zodiak atau yang sekarang umum disebut astrologi, digunakan oleh bangsa Cina, Mesopotamia, Lembah Indus, Mesir, untuk memprediksi atau mencerminkan sebuah karakteristik kepribadian.

Bahkan dalam tataran personal, zodiak bisa memberikan gambaran tentang sifat dan ciri kepribadian seseorang, kekuatan serta kelemahan diri. Itulah mengapa, zodiak dimanfaatkan sebagai metode untuk memahami potensi, meningkatkan kesadaran diri, serta mengajarkan seseorang untuk hidup harmonis dengan alam semesta dan seisinya.

3 dari 6 halaman

Aquarius, Pisces, Aries

Aquarius (Tanggal lahir: 21 Januari - 18 Februari)

Zodiak ini memiliki elemen angin dan simbol zodiak Aquarius adalah penimba air. Dari macam-macam zodiak, satu kata yang menggambarkan kepribadian Aquarius adalah asli.

Kamu adalah pribadi yang apa adanya. Selalu bertindak jujur terhadap orang di sekitar, sehingga memberikan kenyamanan.

Pisces (Tanggal lahir: 19 Februari - 20 Maret)

Zodiak ini memiliki elemen air dan simbol zodiak Pisces adalah ikan. Dari macam-macam zodiak, satu kata yang menggambarkan zodiak Pisces adalah sensitif.

Kamu adalah pribadi yang peduli dan sensitif terhadap kebutuhan orang lain. Orang-orang di sekitar merasa dihargai dan dihormati.

Aries (Tanggal lahir: 21 Maret - 19 April)

Zodiak ini memiliki elemen api dan simbol zodiak Aries adalah domba. Dari macam-macam zodiak, satu kata untuk Aries adalah loyalitas.

Kamu yang memiliki zodiak Aries sangat dicintai karena sosoknya yang sangat mementingkan kebutuhan orang lain. Mereka akan melakukan yang terbaik untuk menolong orang-orang di sekitarnya.

4 dari 6 halaman

Taurus, Gemini, Cancer

Taurus (Tanggal lahir: 20 April - 20 Mei)

Zodiak ini memiliki elemen tanah dan simbol zodiak Taurus adalah banteng atau sapi jantan. Dari macam-macam zodiak, kata yang tepat menggambarkan kepribadian Taurus adalah murah hati.

Kamu akan selalu menjadi orang pertama yang menawarkan bantuan kepada teman atau keluarga yang sedang memiliki masalah.

Gemini (Tanggal lahir: 21 Mei - 20 Juni)

Zodiak ini memiliki elemen angin dan simbol zodiak Gemini adalah saudara kembar. Dari macam-macam zodiak, Gemini adalah zodiak dengan kepribadian yang hangat dan memesona.

Disadari atau tidak, hal ini menarik orang-orang di sekitar merasa nyaman dan senang berada di dekatmu. Kamu juga mudah bergaul dan bergabung dalam lingkup pertemanan yang baru.

Cancer (Tanggal lahir: 21 Juni - 22 Juli)

Zodiak ini memiliki elemen air dan simbol zodiak Cancer adalah kepiting. Dari macam-macam zodiak, kata yang menggambarkan kepribadian kamu adalah empati.

Kamu memiliki pengertian yang kuat pada lingkungan. Saat orang-orang di sekitar mendapat masalah, kamu akan dengan mudah merasakannya secara emosional.

5 dari 6 halaman

Leo, Virgo, Libra

Leo (Tanggal lahir: 23 Juli - 22 Agustus)

Zodiak ini memiliki elemen api dan simbol zodiak Leo adalah sang singa. Dari macam-macam zodiak, kata yang tepat menggambarkan karakter Leo adalah berani.

Layaknya seekor singa, kamu dengan mudah membuat orang-orang di sekitar jatuh cinta dengan memperlihatkan keberanian dalam menyelesaikan masalah.

Virgo (Tanggal lahir: 23 Agustus - 22 September)

Zodiak ini memiliki elemen tanah dan simbol zodiak Virgo adalah sang gadis. Dari macam-macam zodiak, karakter kepribadian kamu penuh dengan kebaikan.

Kamu yang berzodiak Virgo akan dengan mudah menemani teman atau keluarga melalui kesulitannya. Kamu juga piawai memberikan dukungan kepada mereka.

Libra (Tanggal lahir: 23 September - 22 Oktober)

Zodiak ini memiliki elemen udara dan simbol zodiak Libra adalah timbangan. Dari macam-macam zodiak, kata yang tepat menggambarkan kepribadian kamu adalah hati.

Apa pun yang kamu lakukan dan kerjakan selalu dengan hati. Libra akan menolong orang-orang di sekitarnya dengan sepenuh hati.

6 dari 6 halaman

Scorpio, Sagitarius, Capricorn

Scorpio (Tanggal lahir: 23 Oktober - 21 November)

Zodiak ini memiliki elemen air dan simbol zodiak Scorpio adalah kalajengking. Dari macam-macam zodiak, Scorpio merupakan pribadi yang kuat.

Kamu memang tidak bisa melakukan semuanya, tapi dengan kekuatan yang dimiliki membuat orang-orang di sekitar merasa aman. Kamu bisa memberikan kenyamanan bagi orang-orang disekitarmu.

Sagitarius (Tanggal lahir: 22 November - 21 Desember)

Zodiak ini memiliki elemen api dan simbol zodiak Sagitarius adalah pemanah. Dari macam-macam zodiak, kata yang tepat menggambarkan kepribadian kamu adalah optimistis.

Kamu selalu yakin dengan jalan hidup yang dipilih. Hal ini menginspirasi orang-orang di sekitarmu untuk melakukan hal yang sama.

Capricorn (Tanggal lahir: 22 Desember - 20 Januari)

Zodiak ini memiliki elemen tanah dan simbol zodiak Capricorn adalah kambing. Dari macam-macam zodiak, kata yang menggambarkan Capricorn adalah pengambil keputusan yang baik.

Kamu bisa dengan mudah menentukan keputusan yang terbaik dalam hidup. Hal ini mengapa kamu menjadi tempat meminta saran bagi orang-orang di sekitar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini