Sukses

Macam-Macam Diagram, Pilih Sesuai Kebutuhan

Diagram bisa membantu menggambarkan sebuah data.

Liputan6.com, Jakarta Macam-macam diagram bisa membantu menggambarkan sebuah data. Diagram adalah representasi simbolik dari informasi dengan menggunakan teknik visualisasi. Macam-macam diagram biasanya diperkenalkan dalam pelajaran matematika dasar.

Macam-macam diagram bisa membantu memahami konsep matematika dan sains. Macam-macam diagram sering dibuat untuk mengilustrasikan konsep dalam buku teks atau untuk presentasi. Titik-titik pada diagram sering kali mewakili hubungan antara dua atau lebih benda.

Macam-macam diagram dapat dibuat sketsa dengan tangan atau disimulasikan menggunakan grafik komputer. Macam-macam diagram diagram yang merepresentasikan atau nilai secara terorganisir. Berikut macam-macam diagram dalam mempresentasikan data, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (26/05/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Apa itu diagram

Diagram adalah representasi bergambar yang merepresentasikan atau nilai secara terorganisir. Diagram adalah representasi bergambar atau diagram yang merepresentasikan atau nilai secara terorganisir. Diagram biasanya berupa gambar sederhana yang menggunakan garis dan simbol untuk menggambarkan data.

Data yang kompleks biasanya lebih mudah dipahami dengan bantuan visual. Terkadang, teknik ini menggunakan visualisasi tiga dimensi yang kemudian diproyeksikan ke permukaan dua dimensi.

3 dari 8 halaman

Diagram garis

Diagram garis juga dikenal sebagai peta garis (line chart) atau kurva (curve). Diagram garis biasa digunakan untuk menampilkan data statistik tertentu. Sebagian besar distribusi data dapat diklasifikasi secara kuantitatif dalam bentuk distribusi frekuensi. Hasil kedua cara klasifikasi tersebut dapat digambarkan secara visual dalam bentuk kurva.

Diagram garis biasanya digunakan untuk menggambarkan data tentang keadaan yang berkesinambungan (sekumpulan data kontinu). Misalnya, jumlah penduduk setiap tahun, perkembangan berat badan bayi setiap bulan, dan suhu badan pasien setiap jam.

4 dari 8 halaman

Diagram lingkar

Diagram lingkar digunakan untuk mengetahui perbandingan suatu data terhadap keseluruhan. Diagram lingkaran adalah bentuk penyajian data statistika dalam bentuk lingkaran yang dibagi menjadi beberapa juring lingkaran.

Diagram ini terbilang menarik namun memiliki sisi kelemahan dalam hal tujuan untuk perbandingan antara sektor-sektor yang terdapat dalam lingkarannya. Penyajian berbagai data yang besarnya berbeda (ekstrem) dalam diagram yang sama, merupakan suatu prosedur yang meragukan. Mengingat lingkaran terdiri dari 360 derajat, maka 3,6 derajat berarti menggambarkan persentase sebesar 1%.

5 dari 8 halaman

Diagram batang

Diagram batang adalah bentuk penyajian data statistik dalam bentuk batang yang dicatat dalam interval tertentu pada bidang cartesius. Diagram batang biasanya digunakan untuk menggambarkan data diskrit (data cacahan). Ada dua jenis diagram batang, yaitu diagram batang vertikal dan horizontal.

Jenis diagram ini dapat berguna untuk menampilkan data kategorik dan dapat pula menyajikan data dari tabel kontigengsi atau tabel ringkasan data. Melalui diagram batang penyajian data dalam gambar akan lebih menjelaskan lagi perihal persoalan secara visual.

Data variabel yang berbentuk kategori atau atribut sangat tepat jika disajikan dalam diagram batang. Data tahun pun dapat disajikan dalam diagram ini dengan catatan tahunnya tidak terdapat banyak.

Untuk menggambarkan diagram batang diperlukan sumbu datar dan sumbu tegak yang berpotongan tegak lurus, sumbu datar dibagi menjadi beberapa skala bagian yang sama, demikian juga sumbu tegaknya. Skala sumbu tegak dengan skala sumbu datar tidak perlu sama, kalau diagram dibuat tegak maka sumbu datar dipakai untuk menyatakan atribut atau waktu. Kuantum atau nilai data digambar pada sumbu tegak.

6 dari 8 halaman

Diagram lambang

Diagram lambang sering dipakai untuk mendapatkan gambaran kasar suatu hal dan sebagai alat visual bagi orang awam. Setiap satuan jumlah tertentu dibuat sebuah simbol sesuai dengan macam datanya. Setiap satuan jumlah tertentu dibuat sebuah simbol sesuai dengan macam datanya.

Kesulitan yang dihadapi pada diagram lambang ini adalah ketika menggambarkan bagian simbol untuk suatu hal yang tidak penuh.

7 dari 8 halaman

Diagram pencar

Diagram pencar berfungsi untuk kumpulan data yang terdiri atas dua variabel dengan nilai kuantitatif, yang mana diagramnya dapat dibuat dalam sistem sumbu koordinat dan gambarnya dapat berupa titik-titik yang terpancar.

Tahapan-tahapan ini menerangkan setelah peneliti menyelesaikan analisis datanya dengan cermat, kemudian langkah selanjutnya peneliti menginterprestasikan hasil analisisnya. Akhirnya peneliti menarik suatu kesimpulan yang berisikan intisari dari seluruh rangkaian kegiatan penelitian dan membuat rekomendasinya.

8 dari 8 halaman

Diagram peta

Diagram peta juga disebut dengan kartogram. Diagram ini melukiskan keadaan di hubungan dengan tempat kejadian. Kartogram adalah sebuah peta tematik dari satu set fitur, bisa berupa negara, provinsi, atau daerah tertentu, di mana ukuran geografisnya diubah menjadi berbanding lurus dengan rasio-level, seperti waktu tempuh, populasi, atau Produk Domestik Bruto (PDB). Ruang lingkup geografisnya dibengkokkan, terkadang sangat ekstrim, untuk memvisualisasikan distribusi variabelnya.

Dalam pembuatannya digunakan peta giografis tempat data terjadi. Diagram peta sangat cocok untuk menyajikan data yang ada hubungan dengan tempat kejadian. Contoh diagram peta seperti Diagram Peta Persebaran Peternakan Ayam Bukan Ras di Provinsi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini