Sukses

PIC adalah Singkatan dari Person In Charge, Berikut Pengertian dan Tugasnya

PIC adalah bagian dari perusahaan atau organisasi yang sangat penting.

Liputan6.com, Jakarta PIC adalah singkatan dari Person In Charge. Istilah ini sering kali terdengar di dunia kerja atau di sebuah organisasi. PIC merupakan sebuah bagian yang memiliki peranan sangat penting dalam menjalan suatu pekerjaan di perusahaan.

PIC adalah seseorang yang bertugas untuk mengontrol jalannya suatu pekerjaan atau proyek sesuai dengan rencana. Orang yang menjadi PIC tentunya harus kompeten dalam mengatur dan mengelola suatu kegiatan. Jadi, kepemimpinan sangat penting dimiliki oleh PIC ini. 

PIC adalah bagian dari perusahaan atau organisasi yang sangat penting. Oleh karena itu, setiap orang di perusahaan perlu mengetahui tugas dan tanggung jawabnya. Apalagi, setiap orang bisa ditunjuk sebagai PIC suatu pekerjaan atau proyek.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (26/5/2021) tentang PIC adalah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

PIC adalah

PIC adalah suatu istilah yang akan sering kamu dengar di dunia kerja. Bagaimana tidak, PIC adalah bagian penting dalam tim untuk menjalankan suatu pekerjaan atau proyek.  PIC adalah singkatan dari Person In Charge. Sesuai dengan kepanjangannya dalam bahasa Inggris, PIC adalah orang yang bertanggung jawab dalam jalannya suatu tugas pekerjaan, proyek, atau event di suatu perusahaan.

Biasanya PIC adalah orang yang ditunjuk oleh manajer atau kepala divisi untuk mengemban tanggung jawab melancarkan suatu proyek. PIC haruslah orang yang kompeten dalam bidangnya. PIC memiliki tugas yang bermacam-macam sesuai dengan yang dimandatkan kepadanya, baik dalam jangka panjang maupun hanya dalam waktu yang pendek.

Contohnya adalah tim sales sedang memiliki dua proyek yang harus ditangani oleh masing-masing satu orang. Kepala divisi sales bisa menunjuk dua orang anggotanya menjadi PIC proyek tersebut. PIC adalah orang yang nantinya bertanggung jawab akan jalannya proyek tersebut dan memberikan laporan kepada kepala divisi.

3 dari 4 halaman

Tugas PIC atau Person In Charge

Tugas PIC adalah bertanggung jawab secara penuh terhadap suatu proyek yang telah diamanahkan kepadanya. Secara umum, tugas PIC adalah sebagai berikut:

- Memantau dan Memastikan proyek yang dipertanggung jawabkan berjalan lancar.

- Memberikan laporan kepada kepala divisi.

- Membuat perencanaan dan target dari tugas yang diberikan.

- Memberikan solusi terhadap masalah yang timbul pada proyek tersebut.

- Memberikan edukasi cara kerja dan sosialisasi kepada bawahan yang belum memahami terhadap kondisi area kerja.

- Melakukan evaluasi terhadap situasi proyek yang dilaksanakan, progres hingga kendalanya.

- Menganalisa dan melakukan perhitungan-perhitungan untuk penyelesaian proyek tersebut.

- Mengelola seluruh kegiatan melalui kebijakan yang berlaku.

PIC adalah tugas yang sangat penting, apalagi hal ini berkaitan dengan kepercayaan manajer atau kepala divisi kepada seseorang. Saat kamu ditunjuk sebagai PIC, kamu tentunya harus membayar kepercayaan tersebut dengan pekerjaan yang baik dan tuntas. Dengan begitu, kamu akan dipercaya lagi nantinya untuk proyek-proyek selanjutnya menjadi PIC.

4 dari 4 halaman

Kemampuan yang Harus Dimiliki PIC

Setelah mengetahui pengertian dan juga tugas dari PIC, kamu tentunya juga perlu mengenali kemampuan apa saja yang harus dimiliki saat ditunjuk menjadi PIC. Ada beberapa skill yang perlu dimiliki seorang PIC dalam menunjang pekerjaannya.

Tidak hanya kemampuan mengatur dan mengelola jalannya kegiatan dengan baik, PIC juga memerlukan kemampuan komunikasi, pemecahan masalah, dan skill interpersonal yang mentereng. Berikut beberapa kemampuan yang harus dimiliki PIC seperti dikutip Liputan6 dari Merdeka:

- Kemampuan Komunikasi. Kemampuan pertama yang harus dimiliki oleh PIC adalah kemampuan komunikasi yang baik. Seorang PIC sudah seharusnya dapat menyampaikan informasi dengan jelas dan efektif pada berbagai pihak yang terlibat.

Jika komunikasi buruk, maka bisa terjadi risiko kesalahpahaman yang bisa menghambat jalannya kegiatan atau pekerjaan. Hal ini tentunya termasuk komunikasi dengan rekan kerja, manajer atau kepala divisi, atau bahkan pihak luar yang turut berkontribusi dalam pelaksanaan kegiatan.

- Kemampuan Pemecahan Masalah. Kemampuan yang harus dimiliki PIC berikutnya adalah kemampuan untuk memecahkan masalah dengan baik. Setiap kegiatan tentunya memiliki kendala dan masalah-masalah tertentu. Seorang PIC sebagai yang bertanggung jawab tentu harus bisa berpikir dengan cepat dan efektif untuk mengatasi kendala tersebut. Sehingga berbagai kendala yang ditemui dapat diselesaikan dengan baik dan kegiatan pun bisa berjalan dengan lancar.

- Kemampuan Interpersonal. Kemampuan yang perlu dimiliki PIC yang tidak kalah penting adalah kemampuan interpersonal. Dalam hal ini, PIC harus bisa membangun hubungan yang baik dengan berbagai pihak. Mulai dari rekan kerja, atasan, atau pihak luar yang menjadi partner kerja sama.

Hubungan yang dibangun dengan baik, dapat memberikan lingkungan dan suasana yang mendukung untuk menjalankan pekerjaan. Bukan hanya itu, hal ini juga dapat memudahkan PIC untuk menjalin komunikasi dengan baik pada berbagai pihak selama proses kegiatan.

Jadi itulah beberapa kemampuan yang harus dimiliki oleh PIC atau Person In Charge dalam suatu kegiatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.