Sukses

Mengenal Sindrom Kecemasan Terkait COVID-19, Bisa Tingkatkan Stres

COVID-19 bisa pengaruhi kesehatan mental.

Liputan6.com, Jakarta Lebih dari setahun sejak pandemi COVID-19 muncul, membuat tatanan hidup di seluruh dunia berubah. Perubahan yang cenderung cepat dalam satu tahun belakangan, rupanya berpengaruh pada kesehatan mental.

Misalinya, aturan lockdown, penerapan protokol kesehatan, hingga berita-berita yang meluas, merinci setiap suasana pandemi yang begitu mengkhawatirkan. Bagi sebagian orang perubahan ini bisa memengaruhi tingkat kecemasan.

Terlepas dari vaksin dan penurunan prevalensi penyakit, beberapa orang mengalami apa yang oleh para ilmuwan disebut sindrom kecemasan COVID-19. Gejala sindrom ini meniru kondisi kesehatan mental lainnya, termasuk kecemasan, gangguan stres pasca-trauma (PTSD), dan gangguan obsesif-kompulsif (OCD). Pandemi dan faktor terkait menjadi penyebab kondisi ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Bagaimana pandemi berdampak pada kesehatan mental

Melansir Medical News Today Rabu(25/5/2021), pada awal pandemi, kebanyakan orang dalam keadaan siaga tinggi, mengalami ketakutan dan kekhawatiran atas dampak virus ini. Ketika para ilmuwan dan profesional perawatan kesehatan semakin memahami virus dan bagaimana mengobati gejala COVID-19, masyarakat mulai menyesuaikan diri dengan rutinitas baru yang asing dalam hidup dengan pandemi.

Selama keadaan darurat kesehatan global ini, reaksi orang pun sangat bervariasi. Beberapa orang menolak untuk mengubah perilakunya, sementara yang lain mengikuti aturan dengan ketat untuk menghindari tertular virus. Namun, dalam skala yang lebih besar, kebanyakan orang mengalami gangguan mendadak dalam hidup mereka.

Pandemi yang juga disebut sebagai bencana global dapat berdampak luas pada kesehatan mental. Penelitian menunjukkan bencana ini dapat memicu PTSD, kecemasan, dan depresi di antara penduduk. Orang dengan kondisi kesehatan mental, wanita, anak-anak, dan orang dewasa yang lebih tua adalah yang paling berisiko.

Ketika lebih banyak pemahaman tentang konsekuensi kesehatan mental terkait pandemi berkembang, para ilmuwan mengidentifikasi sekelompok gejala dan perilaku terkait kecemasan yang muncul terkait dengan pandemi COVID-19. Mereka mengklasifikasikan fenomena ini sebagai sindrom kecemasan COVID-19.

3 dari 5 halaman

Apa itu sindrom kecemasan COVID-19?

Adalah Professor Ana Nikčević dari Kingston University of London dan Marcantonio Spada dari London South Bank University, di Inggris yang mengembangkan konsep sindrom kecemasan COVID-19.

Dalam paper yang muncul di Penelitian Psikiatri, pada Oktober 2020, Nikčević dan Spada menguraikan karakteristik sindrom kecemasan COVID-19, penghindaran penamaan, pemeriksaan gejala kompulsif, kekhawatiran, dan pemantauan ancaman (gabungan).

Sindrom ini bermanifestasi sebagai ketidakmampuan keluar rumah karena ketakutan akan COVID-19, sering melakukan pengecekan gejala meski tidak berada dalam skenario berisiko tinggi, dan menghindari situasi sosial atau orang.

Peneliti mencatat bahwa orang dengan sindrom ini cenderung mengalami peningkatan stres pasca-trauma, stres umum, kecemasan, kecemasan kesehatan, dan keinginan untuk bunuh diri.

4 dari 5 halaman

Kemungkinan penyebab kecemasan

Para peneliti mengungkapkan bahwa pada beberapa orang, isolasi, ketakutan tertular COVID-19, dan ketidakpastian selama pandemi mungkin telah menyebabkan kumpulan gejala yang membentuk sindrom baru ini.

Mereka juga berspekulasi bahwa ciri-ciri kepribadian "5 Besar" mungkin memainkan peran dalam perkembangannya. Orang dengan neurotisme tinggi mungkin memiliki peluang lebih tinggi untuk mengembangkan sindrom tersebut. Namun, mereka yang memiliki sifat ekstraversi, teliti, keramahan, dan keterbukaan yang lebih tinggi mungkin memiliki risiko yang lebih rendah.

Selain itu, orang dengan kecenderungan OCD juga mungkin lebih berisiko, karena kekhawatiran COVID-19 dapat memperburuk kondisi tersebut.

“Ada ketakutan akan pandemi, karena virus bisa mematikan. Tantangannya adalah apakah kita telah mengembangkan pola perilaku yang terlalu aman yang membuat kita berlabuh ke dalam ketakutan. Saya berharap akan ada orang-orang yang, bahkan ketika divaksinasi, akan terus mengkhawatirkan [COVID-19] dan menghindari apa pun yang dapat meningkatkan risiko mereka. ” kata Lee Chambers, psikolog Inggris yang dihubungi oleh Medical News Today.

Dia juga mencatat bahwa karena penelitian tentang sindrom kecemasan COVID-19 masih pada tahap yang sangat awal, orang perlu mempertimbangkan berbagai faktor kompleks.

Menurut sebuah penelitian yang muncul di Frontiers in Psychology, beberapa faktor lain mungkin berperan dalam menentukan apakah seseorang berisiko terkena sindrom kecemasan COVID-19. Faktor yang dipertimbangkan dapat mengembangkan sindrom kecemasan COVID-19 di antaranya seperti toleransi rendah terhadap ketidakpastian, berita-berita di media massa, dan penggunaan rasa takut untuk mendorong kepatuhan.

 

5 dari 5 halaman

Cara mengatasi sindrom kecemasan COVID-19

Menurut Chambers, ada banyak cara untuk mengatasi sindrom kecemasan COVID-19. Pertimbangkan “secara aktif mencari pesan positif seputar perbaikan pandemi, peluncuran vaksin,” dan bagaimana risiko kematian akibat penyakit tampaknya berkurang karena pilihan pengobatan baru.

Lakukan hal-hal lambat meskipun ada harapan untuk cepat kembali ke keadaan normal. Keluar dari zona nyaman sambil tetap mempraktikkan langkah-langkah keamanan secara bertahap. Penggunaan pembersih tangan secara terus-menerus dan mengenakan masker atau sarung tangan sekali pakai dapat membantu meredakan kecemasan.

Jelaskan perasaan cemas kepada orang yang dipercaya untuk membangun saling pengertian. Hal ini meningkatkan kepercayaan diri dan memungkinkan orang lain untuk memberikan dukungan yang dibutuhkan saat keluar rumah.

Perhatikan media sosial dan laporan berita yang dapat memicu kecemasan dan fokuskan perhatian pada sumber informasi yang positif dan tepercaya. Pertimbangkan untuk membatasi eksposur ke media mungkin, sekali sehari.

Selain itu, orang dengan sindrom kecemasan COVID-19 dapat mempertimbangkan untuk mencari bantuan ahli kesehatan mental baik melalui kunjungan ke kantor atau teleterapi jika opsi itu tersedia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.