Sukses

Hubungan Antara COVID-19 dan Infeksi Jamur Hitam yang Mewabah di India

Infeksi jamur hitam di India jadi sorotan dunia.

Liputan6.com, Jakarta India sedang menghadapi gelombang kedua pandemi COVID-19. Selain itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) baru-baru ini mengumumkan bahwa varian B.1.617 dari virus SARS-CoV-2 di India adalah sebuah "varian perhatian global". Di tengah besarnya kasus COVID-19 dan ditemukannya varian baru, wabah baru juga muncul di India.

Wabah ini disebut sebagai infeksi jamur hitam. Adanya infeksi jamur hitam dengan kenaikan kasus COVID-19 di India ternyata memiliki keterkaitan satu sama lain. Di India, 90 orang yang sembuh dari COVID-19 meninggal karena infeksi jamur hitam.

Seperti apa sebenarnya infeksi jamur hitam, dan apa hubungannya dengan COVID-19? Simak hubungan antara COVID-19 dengan infeksi jamur hitam yang berhasil Liputan6.com rangkum dari Medical News Today, Kamis(27/5/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengenal jamur hitam

Jamur hitam atau dalam istilah ilmiahnya Mucormycosis adalah jenis infeksi jamur langka yang terjadi melalui paparan jamur yang disebut mucormycetes. Jamur ini umumnya terdapat di lingkungan, terutama pada daun, tanah, kompos, dan kotoran hewan. Mucormycetes bisa masuk ke tubuh melalui pernapasan, terhirup, dan dari luka terbuka di kulit.

Mucormycosis, atau jamur hitam, adalah infeksi langka namun serius yang memerlukan pengobatan atau operasi pengangkatan. Dengan meningkatnya kasus jamur hitam, India menghadapi kekurangan perawatan dalam menghadapi dua epidemi.

Mucormycosis tidak menular, dan kebanyakan orang yang bersentuhan dengan jamur tidak mengembangkan infeksi. Namun, orang dengan sistem kekebalan yang sangat lemah berada pada peningkatan risiko mukormikosis.

Dokter dapat mengobati infeksi dengan memberikan obat antijamur atau melakukan operasi untuk mengangkat area yang terkena. Jika tidak diobati, mukormikosis bisa berakibat fatal, dengan tingkat kematian 54% (menurut CDC).

3 dari 4 halaman

Hubungan COVID-19 dan jamur hitam

Beberapa ilmuwan percaya bahwa COVID-19 yang parah berpotensi melemahkan respons kekebalan tubuh . Hal ini dapat meningkatkan kerentanan terhadap infeksi lain, terutama bagi orang-orang yang sistem kekebalannya lemah. Yang menjadi perhatian khusus adalah infeksi jamur hitam.

Tingkat kasus mukormikosis yang lebih tinggi di India disebabkan oleh kombinasi beberapa faktor. Misalnya, lebih dari 30 juta orang di India memiliki diagnosis diabetes. Meskipun demikian, jumlah kasus mukormikosis sebelum pandemi COVID-19 relatif rendah.

Namun, sejak dimulainya pandemi COVID-19, telah terjadi peningkatan yang dramatis. Dr. Arvinder Singh Soin, seorang ahli bedah perintis di Delhi, mencatat bahwa dia telah melihat lebih banyak kasus jamur hitam dalam seminggu terakhir daripada yang biasanya mereka tangani dalam 2 tahun.

Infeksi SARS-CoV-2 dan pengobatan COVID-19 membuat sistem kekebalan tubuh rentan terhadap infeksi lain, termasuk jamur hitam. COVID-19 menyebabkan sistem kekebalan yang melemah, mencegah tubuh melindungi secara efektif dari infeksi. Akibatnya, individu yang pulih dari COVID-19 berisiko mengalami mukormikosis.

Christopher Coleman, asisten profesor imunologi infeksi di Universitas Nottingham di Inggris, mengatakan kepada Medical News Today :

“Virus, sebagai bagian dari siklus replikasinya, menekan sistem kekebalan, sehingga sistem kekebalan tidak dapat membersihkan bakteri atau jamur lain. Contoh paling terkenal dari ini adalah HIV, tentu saja, yang menyebabkan penekanan kekebalan jangka panjang. Tetapi, virus lain melakukan ini pada skala waktu yang jauh lebih pendek - yaitu, sistem kekebalan hanya sedikit ditekan selama beberapa hari atau minggu selama virus ada di sana. ”

Perawatan steroid untuk COVID-19 juga dapat bertindak untuk menekan respons kekebalan tubuh, berkontribusi pada peningkatan tingkat infeksi mukormikosis ini. Selain itu, dukungan oksigen untuk penderita COVID-19 yang parah dapat menyebabkan kekeringan pada rongga hidung dan semakin meningkatkan risiko infeksi.

4 dari 4 halaman

Kasus jamur hitam di India

Otoritas kesehatan India telah mengumumkan adanya epidemi mukormikosis. Pada 19 Mei, negara bagian Rajasthan mengumumkan epidemi mukormikosis. Di kota Surat, 8 dari 40 penderita COVID-19 yang mengalami mukormikosis pada mata kehilangan penglihatannya.

Negara bagian Maharashtra melaporkan lebih dari 2.000 kasus mukormikosis baru-baru ini, dengan 8 mengakibatkan kematian. Menteri kesehatan negara bagian itu, Rajesh Tope, mengumumkan bahwa mereka akan membuat bangsal khusus dan meluncurkan kampanye kesadaran untuk menyebarkan kesadaran tentang penyakit tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.