Sukses

Mengenang 15 Tahun Gempa, Ini 10 Potret Lawas Kondisi Yogyakarta saat Itu

Potret kondisi Yogyakarta usai gempa pada tanggal 27 Mei 2006.

Liputan6.com, Jakarta Tepat pada hari ini, Kamis (27/5), masyarakat Yogyakarta sedang mengenang kembali terjadinya momen Gempa Jogja yang terjadi pada 15 tahun silam. Pada waktu itu, gempa berkekuatan 5,9 Skala Richter mengguncang Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya hingga luluh lantah.

Gempa yang terjadi pada kurang lebih pukul 05:55:03 WIB selama 57 detik ini menelan ribuan korban jiwa. Selain itu, banyak rumah, ruko, hingga gedung perkantoran yang roboh dan mengalami kerusakan berat.

Tagar #15TahunGempaJogja pun menjadi trending topik di linimasa Twitter hari ini. Kisah yang dialami oleh berbagai warganet yang tinggal di Yogyakarta saat itu pun membanjiri lini masa. 

"Dulu masih sekolah. Lagi siap-siap mau sarapan, malah gempa. Yawes libur lama. Ujian juga di tenda. Dulu pas habis gempa langsung cek kondisi tetangga & sekitar. Keliling kampung sepedaan. Selang 1-2jam udah gak sedikit jenazah dikumpulin di masjid kampung. Innalillahi." tulis akun @BuruhYogyakarta.

Berikut ini merupakan kumpulan potret situasi setelah gempa Jogja pada 27 Mei 2006, yang telah dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Kamis (27/5/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Situasi di RSD PKU Muhammadiyah Bantul, para pasien terpaksa diungsikan keluar gedung rumah sakit hingga ke jalanan karena kondisi gedung yang dikhawatirkan akan roboh.

3 dari 11 halaman

2. Gempa yang terjadi pada 27 Mei 2006 ini merobohkan banyak gedung perkantoran.

4 dari 11 halaman

3. Kegiatan ekonomi di Yogyakarta waktu itu sempat terhenti hingga beberapa minggu.

5 dari 11 halaman

4. Salah satu rumah di kawasan Poncowinatan, Kota Yogyakarta nampak roboh total.

6 dari 11 halaman

5. Banyak bangunan tua dan semipermanen yang mengalami kerusakan parah.

7 dari 11 halaman

6. Potret STIE Kerja Sama di Jl. Parangtritis yang mengalami rusak sangat parah.

8 dari 11 halaman

7. Potret tampak depan Gedung Gramedia di Jl. Sudirman.

9 dari 11 halaman

8. Potret Rumah Sakit Bedah di Ringroad selatan, saat itu pasien bahkan membludak dan banyak alat medis yang mengalami kerusakan.

10 dari 11 halaman

9. Nampak depan Mall Saphire Square, kanopi kaca terlihat remuk. Kemudian pada tembok depan Mall lantai tersebut roboh hingga berlubang.

11 dari 11 halaman

10. Kawasan pertokoan di Yogyakarta yang mengalami kerusakan parah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini