Sukses

15 Jenis Lovebird yang Populer di Indonesia, Lengkap dengan Harganya

Lovebird banyak ditemui sebagai burung peliharaan.

Liputan6.com, Jakarta Jenis lovebird banyak ditemui sebagai burung peliharaan di Indonesia. Lovebird dalah burung yang berukuran kecil, antara 13 sampai 17 cm dengan berat 40 hingga 60 gram. Delapan dari spesies ini berasal dari Afrika, sementara spesies "Lovebird kepala abu-abu" berasal dari Madagaskar. Berbagai jenis lovebird dikenal memiliki harga yang mahal, bahkan fantastis.

Ada banyak hal yang memengaruhi harga lovebird. Ini meliputi jenis lovebird dan warna, kicauan, kelangkaan, hingga keuturunannya. Satu ekor lovebird bisa dibanderol mulai dari Rp 300.000 hingga jutaan rupian. Memelihara burung jenis lovebird bisa menjadi hiburan tersendiri.

Jenis lovebird terdiri dari banyak macam. Jenis lovebird ini sudah banyak diternakkan di Indonesia. Berikut 15 jenis lovebird yang populer di Indonesia dan kisaran harganya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (28/5/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Jenis lovebird di Indonesia

Lovebird Muka Salem

Jenis Lovebird ini memiliki ciri khas muka yang kemerah-merahan. Lovebird ini bisa ditemukan di padang pasir Afrika barat daya, khususnya Gurun Namib. Lovebird jenis ini sebagian besar berwarna hijau, dengan wajah merah muda merah dan pantat biru. Harga lovebird muka salem bisa berkisar Rp 400 ribu sampai jutaan rupiah.

Lovebird Olive

Lovebird Olive termasuk jenis lovebird yang populer di Indonesia. Burung ini memiliki warna paruh merah tua dan gradasi warna yang unik. Ciri khas burung ini adalah warna putih di atas paruhnya. Harga Lovebird Olive berkisar pada Rp 500 ribu sampai Rp 1 juta.

Lovebird Biola Blue

Lovebird Biola Blue memiliki bulu yang cantik dan termasuk ke jajaran jenis lovebird yang termahal. Harganya biasanya berada di atas harga biola lainnya. Perpaduan warna biru sangat menyatu dengan burung ini. Biola Blue merupakan salah satu jenis lovebird yang cukup mahal dibandingkan varian lovebird Biola lainnya. Harga lovebird ini cukup fantastis, yaitu sekitar Rp 40 jutaan.

3 dari 6 halaman

Jenis lovebird di Indonesia

Lovebird Batman

Lovebird Batman merupakan jenis lovebird yang juga cukup malah. Lovebird Batman ini termasuk yang sangat sulit untuk dibudidayakan, maka tak heran kalau cukup sulit menemukannya. Warna lovebird Batman ini juga tergolong mutasi warna baru, sehingga harganya pun lumayan mahal. Untuk jenis dan harga lovebird Batman yang sudah dewasa biasanya bisa mencapai Rp 900 ribu hingga Rp 1,3 juta.

Lovebird Topeng

Jenis Lovebird Topeng mempunyai warna gelap di bagian wajahnya. Warna gelap inilah yang menjadi ciri khas burung ini. Burung Lovebird Topeng hanya ditemukan di Timur Laut Tanzania dan dibudidayakan pertama kali di Kenya.

Meski pada wajahnya ada warna hitam, tetapi warna dominannya hijau. Sedangkan pada bagian dadanya berwarna kuning. Warna yang dimiliki burung Lovebird jantan dan betina jenis ini sulit dibedakan karena mirip sekali. Harganya mulai dari Rp 300 ribu.

Lovebird Violet

Lovebird Violet merupakan jenis lovebird yang mengubah warna blue normal di area sponge menjadi warna violet. Ciri-ciri lovebird Violet mempunyai warna bulu biru keunguan atau yang umum disebut dengan violet. Warna bulu tersebut terlihat di bagian sayap dengan ujung berwarna hitam. Sedangkan di bagian perut jenis lovebird ini berwarna putih, kepalanya dominan hitam, dan paruh putih pucat atau otanye tua. Harga lovebird Violet dibanderol mulai dari Rp 400 ribu hingga Rp 800 ribu. Harga ini juga tergantung dari daerah dan usianya.

4 dari 6 halaman

Jenis lovebird di Indonesia

Lovebird Kepala Elang

Lovebird ini lebih populer dipanggil dengan sebutan Sable yang memiliki arti lovebird dengan kepala warna cerah dan bersih. Harga lovebird kepala elang ini lebih tinggi dibandingkan dengan lovebird Violet. Harga lovebird kepala elang berkisar Rp 1,5 juta hingga Rp 2 juta. Lovebird ini merupakan hasil perkawinan dari lovebird violet yang mengalami mutasi warna putih di bagian kepalanya.

Lovebird Halfsider

Jenis lovebird ini tergolong langka. Hal ini dikarenakan jenis lovebird ini sulit untuk dibudidayakan. Perpaduan warna yang unik menjadi ciri khas dari jenis lovebird yang satu ini. Ciri fisik dari lovebird Halfsider ini didominasi warna putih dengan warna kuning. Bahkan, bila dilihat dari samping, tampak seperti dua ekor burung dalam satu sangkar. Harga Lovebird Halfsider ini bisa mencapai 20 kali lipat dari harga lovebird biasanya.

Lovebird Madagaskar

Burung lovebird madagaskar dikenal memiliki ukuran yang sangat kecil. Bahkan ukurannya termasuk yang paling kecil dari jenis lovebird lainnya. Bobot burung lovebird madagaskar ini sekitar 30 gram. Warna khas yang dimilikinya adalah hijau dan abu-abu. Jika ingin memilikinya, mungkin di Indonesia masih langka. Keberadaanya atau habitat aslinya berada di pulau Madagaskar, Afrika. Harganya bisa mencapai Rp 1,5 Juta.

5 dari 6 halaman

Jenis lovebird di Indonesia

Lovebird Dakocan

Lovebird Dakocan secara keseluruhan memiliki kemiripan dengan Lovebird Biola. Namun, yang membedakan adalah Dakocan memiliki warna hitam di bagian kepala dan bagian lainnya berwarna hijau olive. Harga lovebird Dakocan ini berkisar mulai dari Rp 300.000 hingga Rp 400.000 per ekornya. Sedangkan untuk Dakocan hijau dan Dakocan biru mencapai harga Rp 400.000 hingga Rp 500.000.

Lovebird Albino

Lovebird jenis ini juga sangat langka ditemukan di Indonesia. Lovebird albino terbagi menjadi dua, yakni lovebird albino mata hitam dan lovebird albino mata merah. Harga lovebird Albino dengan mata hitam biasanya dibanderol seharga Rp 500 ribu hingga Rp 750 ribu. Sedangkan lovebird Albino mata merah dihargai sekitar Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta.

Lovebird Cobalt

Lovebird Cobalt merupakan salah satu jenis lovebird yang paling dikenal oleh orang Indonesia, dibandingkan dengan jenis lovebird lainnya karena memiliki varian warna yang banyak. Ciri utama jenis lovebird Cobalt ini hampir keseluruhan bagian tubuhnya berwarna biru, kecuali bagian kepala hingga leher yang berwarna abu-abu. Untuk harga lovebird Cobalt ini berkisar Rp 450 ribu hingga Rp 750 ribu.

6 dari 6 halaman

Jenis lovebird di Indonesia

Lovebird Blorok

Lovebord Blorok memiliki perpaduan warna bulu yang cantik, seperti oranye dan hijau olive. Namun, ada beberapa jenis warna lovebird Blorok dengan warna pasblue, warna biola, dan lain sebagainya. Untuk bagian warna sayap, punggung, dan ekor lovebird Blorok seakan memiliki warna campuran di antara beberapa warna seperti kuning dan hijau. Untuk harga lovebird Blorok berkisar Rp 200.000 hingga Rp 300.000 per ekornya.

Lovebird Lutino

Lovebird Lutino memiliki warna yang sangat cerah dan mencolok. Pada bagian kepala dihiasi oleh bulu berwarna oranye kemerahan yang sangat cantik. Sementara dari leher hingga keseluruhan badannya berwarna kuning terang dengan sedikit sentuhan putih dibagian sayap. Harga lovebird Lutino ini biasanya berkisar pada Rp 400.000 hingga Rp 600.000.

Lovebird Misty

Dinamakan misty karena bulu dari jenis lovebird ini abu-abu menyerupai kabut. Warnanya terlihat lusuh, namun bisa memancarkan efek kemerahan jika terkena sinar atau cahaya. Lovebird Misty banyak ditemukan di Indonesia karena sudah banyak diternakkan. Harga Lovebird Misty berkisar pada Rp 700 ribu sampai Rp 2 juta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini