Sukses

Tidak Ditebang, 6 Arsitektur Bangunan Unik Demi Lindungi Pohon Ini Bikin Takjub

Liputan6.com, Jakarta Saat akan membangun rumah tetap terhalangi pohon besar di sekitarnya, tentunya banyak orang yang memilih untuk menembang pohon tersebut. Hal itu dikarenakan pohon tersebut akan menghambat proses pembangunan jika tidak ditebang.

Pohon yang sudah tumbuh besar rela ditebang agar mempermudah pembangunan rumah, kafe, atau bahkan bangunan lainnya. Padahal, pohon tersebut bisa mempercantik sekitar apabila tetap dipertahankan.

Mengakali membangun rumah dengan tetap mempertahankan pohon besar di sekitarnya memang tidak mudah. Namun tak sedikit arsitek yang bisa membuat sebuah konsep bangunan tanpa harus menebang pohon tersebut.

Bagi sebagian arsitek, menebang pohon lokal untuk kepentingan proyek bukanlah pilihan. Adanya pohon di sekitar bangunan membuktikan bahwa alam dan desain perkotaan dapat hidup berdampingan dalam kedamaian dan harmoni.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang 6 arsitektur bangunan unik demi melindungi pohon, Jumat (28/5/2021).

2 dari 7 halaman

1. Bangunan kedai kopi satu ini sangat unik karena memberi sebuah ruang untuk pohon palem lokal ini tumbuh.

3 dari 7 halaman

2. Tak dipungkiri, pohon membuat bangunan dan lingkungan sekitar menjadi lebih asri dan rindang.

4 dari 7 halaman

3. Ini adalah potret hotel di Cuba. Konsep bangunan hotel ini sangat kreatif karena tetap menyertakan pohon di dalamnya.

5 dari 7 halaman

4. Menebang pohon untuk kepentingan pohon memang bukan menjadi pilihan, pasalnya pohon mempunyai peran penting untuk semakin mempercantik indoor atau outdoor.

6 dari 7 halaman

5. Dinding yang dibangun dengan lengkungan untuk memberikan ruang yang cukup bagi pohon ini sangat kreatif ya.

7 dari 7 halaman

6. Potret rumah di Hungaria dengan konsep bangunan unik bikin kagum. Pohon tidak merusak bangunan, melainkan semakin mempercantik atap rumah tersebut.