Sukses

Wajib Tahu, Ini 3 Benda yang Bisa Jadi Sarang Kuman

Saat ini menjaga kesehatan merupakan hal yang wajib. Apalagi dengan adanya pandemi yang belum usai. Salah satu cara mudah agar terhindar dari penyakit adalah rajin mencuci tangan.

Liputan6.com, Jakarta Saat ini menjaga kesehatan merupakan hal yang wajib. Apalagi dengan adanya pandemi yang belum usai. Salah satu cara mudah agar terhindar dari penyakit adalah rajin mencuci tangan.

Namun, terkadang dalam beraktivitas kita kerap lalai menyentuh atau memegang benda yang bisa jadi sarang kuman. Agar lebih waspada, berikut 3 benda yang sering digunakan dan menyimpan banyak kuman.

Sepatu

Memang kalau sepatu sendiri jarang digunakan oleh orang lain. tetapi beda cerita jika sepatu tidak rutin dibersihkan. Tentu kuman dan bakteri akan menempel dan menyebabkan bau tak sedap.

Penyebab kuman pada sepatu bisa terjadi bisa dikarenakan sepatu terkena cipratan air hujan, atau terkena debu jalanan. Maka dari itu, alangkah baiknya rutin mencuci sepatu dengan sabun khusus dan selalu menggunakan hand sanitizer sesudah memegang sepatu.

Uang tunai

Mungkin sudah banyak orang mengetahui bahwa kuman dan bakteri selalu ada di uang tunai. Namun, banyak yang acuh dan menganggap hal itu sepele. Padahal, bisa dibilang kuman dan bakteri lebih cepat pindah dari uang tunai ke tangan. Untuk mencegahnya, kamu bisa beralih ke uang digital. Lebih mudah dan aman. 

Pulpen

Menggunakan pulpen di tempat umum bisa membuat tangan menyimpan kuman. Soalnya, banyak orang yang menyentuh dan memegang barang tersebut. Pulpen merupakan barang kecil yang kerap kita gunakan untuk melakukan aktivitas. Untuk itu biasakan untuk membawa pulpen sendiri. Dan jika diperlukan, kamu tidak usah menggunakan pulpen orang lain. 

Selain itu, kamu bisa menyiapkan hand sanitizer dengan kandungan untuk membunuh kuman dan bakteri yang ada di tangan. Jangan lupa untuk selalu rajin mencuci tangan dengan sabun serta air yang mengalir ya.

 

(*) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini