Sukses

Viral Video Ribuan Ayam di Peternakan Mati Mendadak, Penyebabnya Masih Misteri

Liputan6.com, Jakarta Sebuah video menggemparkan media sosial. Video tersebut menampilkan ribuan ayam yang mati. Belum diketahui penyebab dari kematian ribuan ayam tersebut. Video itu pun viral dan menjadi perbincangan warganet.

Video tersebut diunggah oleh laman TikTok @adad349 pada Jumat (29/5/2021). Ditampilkan ribuan ayam yang mati tersebut merupakan ayam peternak yang berada di sebuah peternakan. 

Ribuan ayam berjenis boiler ini terkapar di kandang peternakan. Ada warganet yang menduga kalau kematian ribuan ayam tersebut disebabkan karena lampu yang dipasang di kandang tersebut berwarna putih.

"Ngenes lek ngene iki..masich tadi pagi," tulis si pengunggah pada keterangan video tersebut, dikutip Liputan6.com dari laman TikTok @adad349 pada Sabtu (29/5/2021).

2 dari 3 halaman

Belum Diketahui Penyebabnya

Video ribuan ayam boiler yang mati di sebuah peternakan ayam ini belum diketahui penyebabnya. Ada beberapa warganet yang memberikan dugaan tentang penyebab misterius kematian ribuan ayam itu.

Seperti yang diutarakan oleh akun lemonillaaaaaaa, ia menduga bahwa ayam berjenis boiler itu tingkat stresnya tinggi dan kagetan. Ia pun kemudian memberikan sarannya.

"Disarankan kandangnya jangan lampu putih, tapi pakai lampu yang 5 watt yang orange kak, terus disiapin lilin atau penerang lain yang mirip obor gitu kak, yang pakai minyak tanah," jelas salah satu warganet dalam kolom komentar.

Lebih lanjut, ia juga menjelaskan bahwa perlunya memakai lampu ber-watt kecil agar saat mati lampu, cahaya tidak berubah terlalu banyak sehingga bisa mengurangi tingkat kematian dari si ayam.

3 dari 3 halaman

Respons Warganet

@adad349

ngenes lek ngene iki..masich tadi pagi#fybシ #RambutMaksimal

♬ Berakhir Sudah Impian Cinta - ✨D'NAGAS✨ARYO NADA

Video yang telah ditonton sebanyak 2,3 juta kali ini menuai beragam komentar netizen. Tak sedikit yang memberi dugaan-dugaan tentang kematian ribuan ayam tersebut. Ada pula yang turut memberi dukungan dan doa agar peternak ayam itu bisa bangkit kembali.

"Bantu jawab yang nanya kenapa ayamnya mati? Tadi masnya lagi live katanya mati listrik, jadi kipas angin buat ayamnya mati, jadi ayamnya mati semua," dugaan warganet dengan akun Haliza Nathania.

"Semoga panen yang kedepannya berhasil," tulis akun muhammadsaid3525.

"Dijual buat makanan hewan semacam buaya, masih laku," tulis akun Raja.