Sukses

14 Manfaat Kurma Bagi Kesehatan Tubuh, Cegah Penyakit Kronis dan Diabetes

Ada beberapa manfaat kurma bagi tubuh yang dapat Anda ketahui agar Anda semakin sehat dan sering mengonsumsinya.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat kurma bagi kesehatan tubuh dapat menjadi sumber energi, khususnya untuk orang yang sedang dalam proses penyembuhan. Selain itu, masih banyak manfaat kurma bagi kesehatan tubuh yang dapat Anda ketahui lebih detail. Kurma adalah buah yang berasal dari tanah Arab. Meski begitu, kurma banyak terdapat di Indonesia dan mudah untuk ditemukan.

Sebagian besar orang mengonsumsi kurma karena buah ini dipercaya memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh. Manfaat kurma dikenal bisa menjadi obat bagi banyak penyakit, mulai dari yang ringan hingga penyakit serius.

Kurma kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh. Kurma kering mengandung lebih banyak kalori yang berasal dari karbohidrat. Kurma juga mengandung sejumlah vitamin, mineral, dan serat. Kurma juga memiliki antioksidan yang dapat menangkal sejumlah penyakit.

Panasaran apa saja manfaat kurma bagi tubuh? Berikut penjelasannya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (30/5/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Mencegah Risiko Diabetes dan Kronis

1. Mencegah Risiko Diabetes

Manfaat kurma yang pertama adalah mencegah risiko diabetes. Meskipun kurma rasanya manis, tetapi mengonsumsi buah ini tidak akan menyebabkan Anda terkena diabetes. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa buah ini mempunyai indeks glikemik yang rendah. Memakan buah ini tidak serta merta langsung melonjakkan kadar gula darah setelah makan.

Justru, kandungan serat dalam buah ini akan membantu Anda mengurangi risiko diabetes. Serat tak larut dicerna lebih lambat di dalam perut sehingga membantu tubuh lebih baik mengontrol kadar gula darah.

2. Mencegah Penyakit Kronis

Manfaat makan kurma tiap hari adalah bisa terhindari dari berbagai macam penyakit kronis, seperti kanker, diabetes, hingga Alzheimer. Ini semua berkat tingginya kadar antioksidan yang dimiliki oleh kurma.

3 dari 8 halaman

Meningkatkan Kesehatan Jantung dan Tulang

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat kurma yang berikutnya adalah meningkatkan kesehatan jantung. Kandungan magnesium dan kalium dalam kurma ternyata berguna untuk meningkatkan kesehatan jantung Anda. Keduanya zat ini dapat membantu menurunkan tekanan darah ke tingkat yang lebih sehat. Ditambah lagi, kandungan serat dalam buah kurma juga bermanfaat untuk mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Selain itu, kurma mengandung antioksidan asam fenolik yang terkenal karena sifat antiradangnya. Asam fenolik dipercaya dapat membantu menurunkan risiko Anda terkena hipertensi, penyakit jantung, dan stroke. Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi kurma setidaknya dua kali seminggu untuk memelihara kesehatan jantung Anda.

4. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Manfaat kurma yang selanjutnya adalah meningkatkan kesehatan tulang. Kurma mengandung banyak mineral yang membuat buah ini baik dikonsumsi untuk kesehatan tulang. Buah ini mengandung selenium, mangan, tembaga, dan magnesium yang semua zat gizi ini memiliki potensi dalam mencegah osteoporosis. Kurma dapat memperkuat tulang dan melawan penyakit atau kondisi yang menyebabkan rapuh dan keroposnya tulang, seperti osteoporosis.

4 dari 8 halaman

Membantu Menurunkan Berat Badan dan Tekanan Darah

5. Menurunkan Berat Badan

Manfaat kurma yang lainnya adalah membantu menurunkan berat badan. Bagi Anda yang sedang dalam program diet, kurma adalah camilan yang pas untuk Anda. Kandungan karbohidrat dan serat dengan jenis yang tidak larut membuat Anda dapat merasakan kenyang lebih lama.

Namun, bukan berati Anda bisa mengonsumsinya secara berlebihan. Tetap saja harus menyeimbanginya dengan rutin berolahraga dan makan-makanan sehat lainnya agar usaha menurunkan berat badan Anda semakin sukses.

6. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat kurma yang berikutnya adalah membantu menurunkan tekanan darah. Kurma juga merupakan buah yang kaya dengan kandungan kalium dan magnesium. Kandungan dua hal itu bisa membantu menurunkan tekanan darah.

5 dari 8 halaman

Mencegah Anemia dan Menangkal Radikal Bebas

7. Mencegah Anemia

Anda akan mengalami anemia jika kekurangan zat besi di dalam tubuh Anda. Anemia ditandai dengan gejala utama mudah lelah dan kulit pucat. Kondisi ini bisa Anda cegah dengan mengonsumsi kurma secara rutin. Kurma mengandung kadar zat besi yang tinggi. Tingginya kadar zat besi akan membantu proses pembentukan sel darah merah, meningkatkan energi dan kekuatan, sekaligus mengurangi rasa lelah dan kelesuan.

8. Menangkal Radikal Bebas

Buah kurma tinggi akan antioksidan yang mampu mengurangi efek radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan sendiri memiliki manfaat dalam melindungi tubuh dari radikal bebas yang merusak sel bahkan menyebabkan kanker. Zat-zat fitokimia yang termasuk sebagai antioksidan pada kurma diantaranya polifenol, sterol, tanin, dan karoten.

Flavonoid, karotenoid, dan asam fenolik adalah beberapa jenis antioksidan yang dapat membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker. Karotenoid juga dapat mengurangi risiko gangguan pada mata terkait penuaan, seperti degenerasi makula.

6 dari 8 halaman

Baik untuk Daya Ingat dan Memenuhi Cairan Tubuh

9. Baik untuk Daya Ingat dan Kerja Otak

Manfaat kurma yang berikutnya adalah baik untuk daya ingat dan kerja otak. Kurma mengandung banyak kalium, dimana kalium berfungsi untuk mengendalikan oksigen dalam tubuh sampai ke otak hingga cairan dalam tubuh juga dapat lancar.

Kurma juga baik untuk mempertajam daya ingat dan kemampuan belajar serta penyimpanan memori yang lebih baik. Manfaat kurma untuk kesehatan otak ini berhubungan dengan kandungan antioksidan flavonoid yang ada pada kurma yang berfungsi untuk mengurangi peradangan di otak.

10. Memenuhi Cairan Tubuh

Buah kurma ternyata memiliki kandungan air yang bisa membantu mengembalikan cairan tubuh selepas berpuasa seharian, juga gula yang tinggi bisa bantu menaikkan gula darah Anda yang sempat turun akibat tujuh hingga delapan jam tidak mengonsumsi makanan.

Manfaat ini kebanyakan didapatkan dari mengonsumsi buah yang muda dan segar serta warnanya hijau atau kuning. Jika sudah tua, biasanya kandungan airnya sedikit.

7 dari 8 halaman

Menanggulangi Alergi dan Menjaga Kesehatan Pencernaan

11. Menanggulangi Alergi

Kandungan lain yang terdapat pada kurma yang jarang ditemukan pada buah lain adalah belerang. Belerang ini memiliki manfaat kesehatan yang banyak, termasuk mengurangi reaksi alergi dan alergi musiman.

12. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kurma merupakan sumber serat makanan yang baik. Kandungan kurma terdiri dari serat, terutama jenis yang tidak larut. Makanan yang kaya akan jenis serat tidak larut dapat membantu memadatkan feses dan melancarkan pencernaan.

Selain itu, kurma juga mengandung nikotin yang dianggap bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai jenis kelainan usus. Asupan kurma yang terus menerus membantu menghambat pertumbuhan organisme patologis dan dengan demikian, kurma dapat membantu merangsang pertumbuhan bakteri baik di dalam usus. Di sisi lain, kandungan fenolik tinggi dalam buah ini membantu membersihkan usus sehingga berpotensi menurunkan risiko Anda terkena kanker usus.

8 dari 8 halaman

Meningkatkan Elastisitas Kulit dan Melancarkan Persalinan

13. Meningkatkan Elastisitas Kulit

Kurma mengandung vitamin A dan vitamin P. Kedua vitamin ini memiliki manfaat penting untuk meningkatkan elastisitas kulit serta mencegah timbulnya garis halus atau kerutan di kulit Anda.

14. Melancarkan Persalinan

Manfaat buah kurma yang satu ini pasti sangat diminati oleh ibu hamil. Bila Anda makan kurma tiap hari selama beberapa minggu terakhir sebelum lahiran, itu bisa membantu melancarkan persalinan normal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.