Sukses

12 Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Mudah Dipelihara, Cocok Bagi Pemula

Liputan6.com, Jakarta Jenis ikan hias air tawar ada beragam yang perlu Anda ketahui sebelum memilihara ikan cantik ini. Banyak orang yang menjadikan ikan hias sebagai hewan peliharaan yang bisa mempercantik dan membuat suasana rumah lebih nyaman.

Memelihata ikan hias bisa jadi alternatif dalam mengisi waktu luang yang tepat. Bagi pemula, bisa mencoba mulia jenis ikan hias air tawar baik yang berukuran besar maupun berukuran kecil. Dengan media airnya yang mudah didapat sehingga memberi kemudahan ketika menguras dan mengisi ulang akuarium.

Selain memiliki beragam jenis, bentuk, corak, dan warna. Ikan hiasa iar tawar cukup mudah perawatnnya dan tak perlu cukup biaya yang ekstra. Dengan memilihara ikan hias dapat membuat suasana rumah menjadi lebih segar dan bisa membantu Anda untuk merefresh pikiran.

Untuk Anda yang masih pemula dan ingin memelihara ikan hias air tawar, berikut ini jenis ikan hias air tawar yang bisa Anda pelihara di rumah yang dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (30/5/2021).

2 dari 5 halaman

Jenis Ikan Hias Air Tawar

1. Ikan Guppy

Ikan Guppy adalah salah satu jenis ikan hias paling populer di Indonesia. Ikan ini berasal dari Amerika Selatan. Ikan Guppy memiliki bentuk tubuh seperti wanita yang mengenakan rok. Bentuknya juga menarik karena ikan ini memiliki ukuran yaitu kurang dari 2,5 cm jika diukur dari kepala ke ekor. Ikan Guppy adalah ikan yang mudah beradaptasi di berbagai lingkungan. Hal inilah yang membuat ikan Guppy bisa tersebar luas hingga ke seluruh dunia.

2. Ikan Cupang

Ikan Cupang adalah salah satu ikan hias yang paling populer di Indonesia. Ikan ini mudah sekali untuk ditemukan karena banyak penjual ikan yang menjual ikan cupang. Bahkan, banyak penjual ikan cupang keliling yang kadang bisa Anda temukan di pinggir jalan atau di depan sekolah-sekolah.

Ikan Cupang adalah ikan yang berasal dari jenis ikan berukuran kecil dengan ukuran sekitar 2,5 cm dan dapat tumbuh hingga 12,5 cm. Ikan ini sangat unik karena dapat menghirup udara yang tidak berada di dalam air yaitu dengan menggunakan organ tubuhnya yang disebut dengan labirin. Perawatan dan cara budidaya ikan cupang yang cukup mudah membuat banyak orang yang membudidayakannya.

3. Ikan Molly

Ikan Molly sering juga disebut dengan ikan balon karena kebanyakan ikan molly memiliki perut yang buncit dan tubuh yang bundar. Jenis ikan hias ini sangat cocok untuk dijadikan ikan hias akuarium karena sifatnya yang adaptif dan 'cinta damai' membuat ikan molly aman jika dicampur dengan ikan jenis lainnya. Selain itu, harga ikan molly juga sangat ramah di kantong, yaitu tidak sampai Rp5.000 per ekornya.

3 dari 5 halaman

Jenis Ikan Hias Air Tawar

4. Ikan Platy

Ikan Platy memiliki bentuk tubuh yang mungil dan memiliki banyak sekali jenisnya. Ukurannya yang kecil dan sifatnya yang 'cinta damai', membuat banyak orang memilih ikan ini menjadi pilihan untuk dipelihara di akuarium.

Selain itu jenis ikan hias ini sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya dan juga cukup kebal dari serangan penyakit. Harga ikan platy juga sangat murah, yaitu sekitar Rp1.000 sampai 2.000-an saja.

5. Ikan Mas Koki

Ikan Mas Koki merupakan salah satu jenis ikan hias yang populer dikalangan pecinta ikan hias. Ikan ini memiliki karakteristik perut buncit dan warna yang cerah dan cantik yang membuat banyak orang menyukainya.

Meskipun ikan mas koki menjadi ikan hias yang cukup populer, namun ikan ini masih memiliki harga yang cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp10.000 hingga puluhan ribu per ekornya. Meski begitu, ada juga jenis ikan mas koki yang mencapai harga ratusan ribu, tergantung jenis dan usianya.

6. Ikan Koi

Salah satu jenis ikan hias yang populer dari waktu ke waktu adalah ikan koi. Ikan koi pertama kali diperkenalkan di Jepang pada tahun 1920-an. Ikan koi termasuk hasil persilangan dari beberapa jenis ikan mas dengan warna putih dan merah.

Jenis ikan hias ini sangat populer di kalangan pecinta ikan hias akuarium. Namun, biasanya orang memelihara ikan koi ini di dalam kolam. Ikan koi bisa tumbuh mencapai ukuran yang besar dan biasanya memiliki warna-warna yang sangat cantik yang bisa membuatnya menjadi sangat mahal jika diperjual belikan.

4 dari 5 halaman

Jenis Ikan Hias Air Tawar

7. Ikan Komet

Ikan komet hampir mirip dengan ikan mas dan ikan mas koki. Jenis ikan hias ini kerap disebut ikan slayer karena bentuk sirip dan ekor ikan ini seperti slayer. Ikan komet juga memiliki warna yang sangat cantik.

Ikan komet yang memiliki nama latin Carrassius Auratus. Memiliki tubuh yang ramping dengan warna perak mengkilap putih dan merah cerah serta ekor panjang yang melambai saat berenang membuat para pecinta ikan hias memburu ikan ini. Untuk harganya, ikan komet biasanya dijual dengan harga Rp 5.000 hingga Rp 60.000 per ekor.

8. Ikan Neon Tetra

Ikan Neon Tetra berasal dari Amerika Latin, tepatnya di Sungai Amazon. Ikan ini memiliki variasi warna biru terang dan putih perak yang menghiasi tubuhnya yang kecil. Ikan ini lebih menarik dipelihara dalam jumlah yang banyak karena sifatnya yang berkoloni atau membentuk gerombolan. Ikan neon tetra merupakan ikan yang bersifat omnivora. Selain itu, jenis ikan ini memiliki beberapa keluarga termasuk neon tetra albino, black neon, neon blue eyes dan fire neon.

9. Ikan Manfish

Ikan Manfish adalah jenis ikan hias yang termasuk dalam keluarga Chiclidae. Ikan ini memiliki warna yang cantik namun elegan. Ikan ini biasanya makan makanan seperti larva nyamuk, cacing tubifeks atau chironomous.

5 dari 5 halaman

Jenis Ikan Hias Air Tawar

10. Ikan Lemon

Ikan Lemon diberi nama demikian karena memiliki warna kuning terang seperti buah lemon. Ikan ini terlihat sangat cantik dengan warna kuning yang mencolok tersebut dipadu dengan warna hitam pada ujung sirip atas.

Jenis ikan hias ini banyak sekali diburu para pecinta ikan hias untuk dijadikan koleksi peliharaan di akuarium. Namun, perlu hati-hati jika mencampur ikan ini dengan jenis ikan lain, karena ikan lemon bersifat agresif.

11. Ikan Discus

Jenis ikan hias air tawar yang selanjutnya adalah ikan discus. Ikan ini identik dengan badan yang lebar dan bewarna atraktif. Untuk memelihara jenis ikan hias ini hanya perlu memperhatikan suhu akuarium di sekitar 28-31 celcius, supaya kondisinya agak hangat dan kadar oksigennya stabil.

12. Ikan Zebra

Danios Zebra atau yang biasa dikenal dengan nama ikan zebra ini merupakan jenis ikan yang unik. Memiliki warna yang menyerupai kulit zebra dan memiliki panjang maksimal 7 sentimeter.

Ikan ini hidup dengan habitat kawanan yang banyak. Apabila berkeinginan memelihara ikan ini disarankan membelinya paling sedikit 5 ekor. Hal ini untuk mengantisipasi stres pada ikan yang mengakibatkan ikan ini mati. Ikan ini juga cukup mahir melompat. Jadi pastikan memasang penutup untuk menghalau ikan zebra keluar dari akuariumnya.