Sukses

12 Manfaat Bawang Putih Tunggal Bagi Tubuh, Mengobati Asma dan Meningkatkan Kesuburan

Liputan6.com, Jakarta Bawang putih tunggal sedang ramai dibicarakan karena dianggap rasanya enak jika dikombinasikan dengan saus sriracha dan cabai. Selain rasanya yang enak, manfaat bawang putih tunggal bagi kesehatan tubuh tak boleh dilewatkan. Pasalnya bawang putih memiliki segudang manfaat bagi tubuh, salah satunya dapat mengobati penyakit asma dan meningkatkan kesuburan.

Bawang putih tunggal adalah bawang putih bulat berukuran kecil hanya 2-5 sentimeter saja yang memiliki rasa dan aroma yang kuat. Kulitnya berwarna putih keunguan. Bawang tunggal hanya terdiri dari satu siung saja. Jumlah panen bawang putih tunggal tidak terlalu banyak, untuk itu membuatnya sering diawetkan dengan cara diacar. Tak heran, banyak yang menjual bawang putih tunggal sebagai acar daripada dijual segar.

Tak sedikit juga orang yang tidak mengetahui mengenai bawang putih tunggal, mungkin beberapa dari kita pernah melihat dan menilai bahwa bawang tersebut seperti bawang putih pada umumnya, padahal bawang putih tunggal merupakan obat yang memiliki banyak khasiat bagi kesehatan.

Untuk lebih detailnya, berikut ini penjelasan mengenai manfaat bawang putih tunggal yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (30/5/2021).

2 dari 7 halaman

Meningkatkan Stamina dan Daya Tahan Tubuh

1.   Meningkatkan Stamina

Bawang putih tunggal mampu menjadikan otot dan jantung bekerja lebih efektif, sehingga olahraga akan lebih maksimal. Selain itu, bawang putih tunggal juga dapat menjadikan kita lebih produktif dan tidak mudah lelah.

2.   Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Bawang putih tunggal mengandung enzim alliinase dan alliin yang bisa menangkal virus. Sehingga jika kita rutin mengonsumsinya dapat memperkuat daya tahan tubuh.

3 dari 7 halaman

Mengobati Sakit Gigi dan Diabetes

3. Mengobati Sakit Gigi

Bawang putih tunggal juga dapat menyembuhkan sakit gigi. Sifat antiseptik dalam bawang putih tunggal dapat membunuh kuman penyebab sakit gigi, sehingga nyeri dapat teratasi. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengunyah bawang putih tunggal saat sakit gigi. Senyawa allicin dalam bawang putih tunggallah yang bisa membunuh kuman penyebab sakit gigi.

4. Mengobati Diabetes

Bawang putih lanang memiliki sifat hipoglikemik yaitu bisa menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Cara mengobati diabetes dengan bawang putih lanang adalah dengan menggepreknya terlebih dahulu, lalu dikunyah. Selain itu, kita juga bisa mencampurnya dengan madu sebagai penambah rasa namun pastikan agar madu tersebut adalah madu asli rendah gula.

4 dari 7 halaman

Membantu Mengobati Asma dan Flu

5. Mengobati Asma

Memiliki sifat antiperadangan, bawang putih tunggal juga mampu mengobati penyakit asma. Asma sendiri termasuk dalam jenis penyakit radang. Cara menggunakannya adalah dengan menghaluskan bawang putih tunggal kemudian campur dengan madu lalu minum.

6. Membantu Mengobati Flu

Manfaat bawang putih tunggal lainnya adalah untuk mengobati flu. Bumbu dapur ini kaya akan kandungan yang dapat memperbaiki sistem imun. Kandungan tersebut adalah vitamin C, selenium dan sulfut. Senyawa tersebut sangat berkhasiat untuk mengatasi penyakit flu. Anda bisa mencincang bawang putih sampai halus kemudian masukkan dalam satu gelas air, aduk merata lalu minum untuk mengobati penyakit flu Anda.

5 dari 7 halaman

Menurunkan Kadar Kolesterol dan Berat Badan

7. Menurunkan Kadar Kolesterol

Bawang putih dikenal efektif untuk menurunkan tingkat kolesterol dari 500-100 miligram kolesterol. Sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa bawang putih mampu meningkatkan kadar kolesterol yang baik pada tubuh. Cara mengonsumsinya adalah dengan merebus bawang putih dengan air atau dihaluskan.

8. Membantu Menurunkan Berat Badan

Zat yang terdapat dalam bawang putih membuat tubuh yang sedang aktif berolahraga memakai lemak cadangan yang tersimpan di otot lebih banyak dari biasanya. Sehingga gabungan antara aktivitas fisik dan kandungan bawang putih mampu menurunkan berat badan lebih maksimal. Selain itu, bawang ini juga bisa memperkecil munculnya lemak baru.

6 dari 7 halaman

Baik untuk Kesehatan Jantung dan Mengatasi Ambeien

9. Baik untuk Kesehatan Jantung

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa bawang putih tunggal memiliki kandungan yang bermanfaat bagi jantung. Bawang ini mampu mengontol tekanan darah dan kolesterol. Selain itu, dapat mengurangi risiko aterosklerosis yaitu gangguan yang terjadi pada jantung.

10. Mengatasi Ambeien

Kandungan allicin yang tinggi dalam bawang putih tunggal berfungsi sebagai antioksidan dan antibakteri. Cara menggunakan bawang putih tunggal sebagai obat ambeien adalah dengan menghaluskannya terlebih dahulu kemudian dioleskan pada sekitar anus atau daerah yang sakit. Selain dioleskan, bawang putih tunggal juga bisa dikonsumsi dengan cara dijadikan jus sayuran.

7 dari 7 halaman

Mencegah Kanker dan Meningkatkan Kadar Estrogen pada Wanita

11. Mencegah Kanker

Bawang putih tunggal mampu mengurangi risiko penyakit kanker terutama penyakit kanker usus besar dan kanker perut. Bawang lanang mengandung Organosulfida yang dapat membantu kinerja hati untuk mengeluarkan berbagai macam racun dalam tubuh, termasuk racun penyebab kanker perut dan kanker besar.

Banyak penelitian menyebutkan bahwa orang-orang yang mengonsumsi lebih banyak bawang putih tunggal lebih aman dari serangan kanker usus besar dan perut dibanding dengan orang-orang yang tidak mengonsumsi bawang putih tunggal.

12. Meningkatkan Kadar Estrogen pada Wanita

Bawang putih tunggal juga dapat membuat wanita lebih subur. Karena bawang putih tunggal mampu meningkatkan kadar estrogen dalam tubuh wanita. Selain itu, mengonsumsi satu siung bawang putih mentah setiap hari sebelum masa subur akan meningkatkan kemungkinan hamil pada wanita.