Sukses

7 Cara Membuat Sertifikat pada Word, Cepat dan Mudah untuk Dipraktikkan

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat sertifikat atau piagam penghargaan dapat dilakukan dengan cepat dan mudah hanya dengan menggunakan Microsoft Word. Sertifikat dan piagam adalah dokumen pernyataan, namun secara khusus pengertian sertifikat adalah pernyataan bukti kepemilikan atau keikutsertaan. Sementara secara khusus piagam lebih ke pernyataan pemberian penghargaan, pemberian hak, ikrar atau pemberian gelar.

Tidak semua orang bisa menggunakan software foto editing seperti Photoshop atau CorelDraw, dan lain sebagainya dalam membuat sertifikat ini. Untuk itu, untuk Anda yang tidak dapat menggunakan software tersebut, masih ada cara lain yaitu menggunakan Microsoft Word.

Dengan membuat sertifikat pada Word, ini lebih cepat dan mudah. Hal ini disebabkan ketika Anda membuat file ini bisa secara otomatis di-copy sampai beberapa puluh lembar namun dengan masing-masing nama yang berbeda. Jadi tidak perlu lagi rename satu persatu lembar untuk memasukkan data diri seseorang untuk dimasukkan ke dalam piagam atau sertifikat tersebut.

Berikut ini penjelasan mengenai cara membuat sertifikat atau piagam yang dapat Anda praktikkan yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (31/5/2021).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Sertifikat di Microsoft Word

Jika Anda bingung memilih desain template dari sertifikat yang akan dibuat, Microsoft Word sebenarnya sudah menyediakan template gratis tanpa perlu repot mendesain dari awal. Ada beberapa cara membuat sertifikat yang cepat dan mudah yang dapat Anda praktikkan, berikut cara membuat sertifikatnya :

1. Buka Microsoft Word, sebelum itu Anda pilih template yang tersedia disana dengan menekan menu File.

2. Tekan tombol New kemudian ketik “certificate”.

3. Disana akan tersedia banyak template gratis dan Anda bebas pilih salah satu sesuai dengan selera.

4. Selanjutnya tekan “Create” dan tunggu beberapa saat sampai sistem selesai men-download.

5. Tinggal Anda atur template tersebut sesuai dengan format yang sudah disediakan, seperti nama, judul sertifikat, tanda tangan dan lain-lain.

6. Jika dirasa semua sudah, tinggal print dan cetak sertifikat.

7. Itu adalah cara bagaimana membuat suatu sertifikat, tetapi bagimana kalau sertifikat yang ingin kita buat jumlahnya banyak dengan nama yang berbeda-beda.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Banyak Sertifikat dengan Beda Nama

Untuk membuat serfitikat atau piagam dengan banyak nama, Anda wajib menggunakan fitur mail merge milik Microsoft Word. Ada beberapa cara membuat sertifikat dengan beda nama yang cepat dan mudah yang dapat Anda praktikkan, berikut cara membuat sertifikatnya :

1. Buka sertifikat yang sudah Anda edit tadi.

2. Buka menu Mailings dan pilih “Start Mail Merge” -> “Letters“.

3. Setelah itu tekan “Select Recipient” untuk memasukan data.

4. Ada dua pilihan, Anda bisa pilih “Type a New List” untuk memasukan data atau “Use an Existing List” untuk memasukan data yang sudah terdaftar seperti bisa dari Excel.

5. Di sini kita akan menggunakan “Type a New List” dan setelah Anda klik akan muncul dialog.

6. Tambahkan data yang ingin Anda masukan, jika ingin menambah kolom tinggal masuk ke “Customize Colums”.

7. Jika sudah tekan “OK” dan simpan list tersebut dalam folder.

8. Pilih tool “Insert Merge Field” dan sesuaikan letak serta nama pada template.

9. Kemudian masukkan kolom field pada bagian sertifikat. Di sini Anda harus memasukkan data untuk kolom field name dan last name.

10. Tekan “Preview Result” untuk lihat hasil dan geser panah untuk melihat data berikutnya.

11. Anda juga dapat mengedit satu per satu sertifikat dengan menekan “Finish & Merge” –> “Edit Individual Documents”.

12. Terakhir tinggal print.

13. Selesai.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Data di Excel

Sebelum memasuki cara membuat sertifikat atau piagam dengan berbeda nama, Anda terlebih dahulu harus menyiapkan data diri peserta yang akan mendapatkan sertifikat atau piagam tersebut. Untuk mempermudah membuat data diri, bisa menggunakan software Microsoft Wxcel. Ada beberapa cara mudah untuk membuat data di Excel, berikut caranya yang dapat Anda praktikkan diantaranya :

1.  Buka excel dan pilih menu Insert.

2. Jika muncul jendela baru, silahkan klik tombol Ok yang ada di bawahnya. Silahkan centang “My table has headers” pada jendela baru tersebut jika Anda memiliki sel pada bagian atas, kemudian klik Ok.

3. Untuk mengubah desain tabel, silahkan masuk ke tab Desain di bagian atas jendela Excel. Kemudian silahkan pilih salah satu desain yang berbentuk kotak berwarna. Letaknya ada pada bagian “Table Styles” di toolbar.

4. Masukkan data diri yang ingin Anda masukkan ke dalam sertifikat atau piagam. Data diri tersebut mulai dari nama, instansi, keperluan, dan tanda tangan.

5. Lalu simpan semua data tersebut di Drive c:/sertifikat. Hal ini untuk memudahkan dalam memindahkan data dari Excel ke Word.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS