Sukses

15 Destinasi Wisata Bali yang Terpopuler, Cuilan Surga Dunia di Pulau Dewata

Liputan6.com, Jakarta Destinasi wisata Bali memang tak ada habisnya memberikan kejutan bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Pulau Bali memang terkenal dengan pesona alam dan budayanya yang mempesona.

Bali menawarkan berbagai tempat dan kegiatan menarik untuk segala jenis wisatawan, dari hamparan pantai berpasir putih hingga hiburan malam yang seru. Tak heran, Bali telah menjadi salah satu destinasi pantai terpopuler di dunia selama puluhan tahun.

Pura Tanah Lot yang terletak di tepi laut, undakan sawah hijau di Ubud, dan pesona bahari di Marine Walk hanyalah beberapa dari pemandangan indah yang dapat ditemukan di sana. Masih ada banyak wisata alam, budaya, hingga sejarah yang memukau yang bisa Anda kunjungi saat datang ke Pulau Dewata ini.

Panorama yang disajikan Bali memang tak tertandingi, tempat-tempat wisata di sana begitu menarik hati baik untuk wisata alam ataupun buatan yang tergolong kekinian dan populer di kalangan wisatawan. Penasaran apa saja destinasi wisata Bali? Berikut ini telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (31/5/2021).

2 dari 6 halaman

Destinasi Wisata Bali yang Populer

1. Pantai Kuta

Destinasi Wisata Bali yang populer pertama adalah Pantai Kuta. Sejak kurang lebih 70 tahun lalu wisata pantai Kuta di Bali selalu menjadi pilihan utama wisatawan lokal ataupun wisatawan asal luar negeri seperti Australia dan berbagai negara lainnya. Pantai ini populer di semua kalangan, selalu berada di list nomor satu tempat wisata liburan keluarga yang utama.

Di pantai yang terkenal ini terdapat salah satu habitat penyu hijau yang keberadaannya hampir punah. Namun kini penyu-penyu itu sudah dipindahkan ke Pantai Tanjung Benoa Bali. Pantai paling terkenal di Bali ini memiliki garis pantai yang sangat panjang, sangat indah untuk tempat menanti matahari terbenam paling keren. Berselancar juga salah satu kegiatan pengunjung di Pantai Bali ini.

2. Air Terjun Aling-aling

Destinasi wisata Bali yang populer selanjutnya adalah air Terjun Aling-aling. Namanya adalah air terjun aling-aling yang bisa menjadi pilihan tepat untuk berlibur ketika di Bali. Air terjun memiliki ketinggian sekitar 35 m yang terbilang unik karena dari puncaknya air jatuh ini terpecah menjadi dua terjunan yang bentuknya berdampingan, sementara air terjun yang sebelah kanan ini memiliki debit air yang lebih besar dibandingkan di sebelah kirinya.

Air terjun aling-aling berada di Jalan Raya Desa Sambangan, Sukasada Kabupaten Buleleng Bali. Ada tebing yang tinggi dan pepohonan yang membuat suasana makin dingin dan asri. Ada juga kolam yang bisa digunakan untuk berendam serta berenang.

3. Pantai Pandawa

Destinasi wisata Bali yang populer selanjutnya adalah Pantai Pandawa. Di Pantai Pandawa ini Anda bisa melakukan pijat refleksi dengan tarif yang ramah. Di pantai ini Anda juga bisa hunting foto di beberapa lokasi sekitar Pantai Pandawa yaitu seperti Patung Panca Pandawa merupakan salah satu tempat berfoto yang bagus. Ada spot foto berupa ukiran nama Pantai Pandawa di tengah tebing yang tinggi. Tempat ini selalu menjadi tempat foto terfavorit.

3 dari 6 halaman

Destinasi Wisata Bali yang Wajib Dikunjungi

4. Pura Tanah Lot

Destinasi wisata Bali yang populer selanjutnya adalah Pura Tanah Lot. Destinasi wisata ini terkenal karena Pura dibangun di atas tebing tengah pantai yang hanya bisa dilalui dalam keadaan air laut surut.

Tanah Lot memiliki arti daratan di tengah laut. Sesuai dengan namanya, pura yang berada di tengah laut ini selalu mengagumkan dan ramai pengunjung. Yang membuat tempat ini istimewa adalah dari kejauhan terlihat Pura Tanah Lot ini seperti mengapung di tengah laut.

Di sebelah pura ini terdapat spot foto yang bagus, di lokasi ini terdapat sebuah mata air di tengah laut namun uniknya air ini tawar atau tidak asin sama sekali. Sumber mata air tawar di bawah bangunan pura yang berada di tengah laut ini dipercaya merupakan air suci oleh masyarakat sekitar.

5. Pantai Nusa Dua

Destinasi wisata Bali yang populer selanjutnya adalah Pantai Nusa Dua. Tempat wisata ini terkenal dengan kemewahannya. Karena beberapa acara-acara besar kenegaraan Internasional biasanya mendatangkan tamu ke tempat wisata indah ini. Selain itu di pantai ini juga disediakan dengan hotel mewah, lapangan golf, ada pusat perbelanjaan yaitu Bali Collection Nusa Dua, dan juga ada Rumah Sakit Internasional Nusa Dua. Pantai Nusa Dua Bali atau lebih dikenal dengan sebutan ITDC Nusa Dua. Pantai Nusa Indah ini diberikan nama pantai terbersih di Bali. Area pantai terjaga dan dirawat sangat baik.

6. Candi Lempuyangan

Sebab mayoritas beragama Hindu, pura jadi tempat ibadah yang tentu saja banyak Anda temui di Bali. Tapi salah satu yang paling indah dan bikin orang jatuh hati adalah Pura Lempuyangan di Bunutan, Abang, Kabupaten Karangasem. Gagahnya Gunung Agung akan menjadi latar foto Anda, ditambah cahaya matahari saat golden hour menjelang senja dan subuh.

4 dari 6 halaman

Destinasi Wisata Bali yang Kekinian

7. Hidden Canyon, Beji Guwang

Destinasi wisata Bali yang populer selanjutnya adalah Hidden Canyon. Destinasi wisata ini termasuk tempat wisata yang baru di Bali. Menjadi tempat wisata yang anti mainstream karena ada pemandangan yang indah dan memicu adrenalin. Wisatawan harus menyiapkan peralatan yang memadai jika ingin mendaki tempat ini. Berupa tebing tinggi yang curam dan menjadi daya tarik tersendiri.

Lokasi Hidden Canyon ini berada di area sungai Beji yang dekat dengan Pura Dalem Guwang Sukawati Gianyar. Tebing ini yang membuat banyak pengunjung takjub karena ada sungai yang mengalir dan berwarna kebiruan. 

8. Pura Ulun Danu Beratan

Dari sekian banyak Pura yang ada di Bali, Pura Ulun Danu Beratan bisa dikatakan sebagai tempat yang seringkali dikunjungi wisatawan dari berbagai penjuru dunia. Sebab kawasan wisata ini tak hanya menyajikan nuansa religius yang kental terasa, melainkan kecantikan panorama alamnya yang tidak bisa diduakan. Selama berada disana, pengunjung dapat merasakan kesejukan udaranya sekaligus mencari spot terbaik untuk mengabadikan momen liburan.

9. Pantai Suluban Uluwata

Pantai yang menyediakan keindahan alam, kearifan lokal, seni dan budayanya adalah Pantai Suluban Uluwata. Terdapat Pura Hindu di area Pantai Suluban Uluwata ini. Pantai ini juga memberikan keindahan air laut berwarna biru yang indah. Sehingga oleh beberapa wisatawan luar negeri Pantai Suluban Uluwata ini diberikan nama Blue Point Beach Uluwata.

Di pantai ini ada spot foto yang unik berupa bekas perahu karam di pantai ini, selain itu pantai ini berada tersembunyi ditutupi tebing yang tinggi. Arti dari nama pantai Suluban ini yaitu Mesulub bahasa Bali yang berarti berjalan, dimana untuk sampai ke pantai ini Anda harus berjalan dan melewati beberapa batu karang.

5 dari 6 halaman

Destinasi Wisata Bali Sayang untuk Dilewatkan

10. Desa Penglipuran

Ketika menapaki kaki di desa Panglipuran, kemungkinan besar Anda sudah tidak lagi asing dengan pemandangan yang dilihat. Pasalnya, desa ini memang kerap dijadikan sebagai lokasi syuting beberapa adegan sinetron pada salah satu stasiun televisi tanah air. Selain pernah menjadi lokasi syuting, hal yang membuat desa ini begitu istimewa yaitu kesejukan udaranya lantaran memang berada di ketinggian sekitar 700 mdpl.

Selama berada disana, wisatawan akan disuguhkan dengan nuansa adat khas Bali yang terasa begitu kental. Nuansa kental tersebut didapatkan dari tampilan beberapa rumah penduduk yang tampak serupa satu sama lain. Tingkat kemiripannya pun cukup mengagumkan seperti bagian atap, dinding, hingga pintu rumah sekalipun. Dengan semua keunikan yang ditawarkan, wajar jika banyak yang mengunjunginya ketika berlibur ke Bali.

11. Pura Besakih

Destinasi wisata Bali yang populer selanjutnya adalah Pura Besakih. Dikenal sebagai tempat beribadah umat Hindu terbesar, Pura bekasih ternyata menyimpan pesona alam yang indah dengan latar belakang Gunung Agung. Pasalnya Pura satu ini memang terletak tepat di kaki Gunung tertinggi di Pulau Bali. Lebih uniknya lagi, Pura yang berstatus sebagai salah satu warisan dunia ini telah dibangun sejak tahun 1007 Masehi. Hingga saat ini, Pura ini kerap dijadikan sebagai pusat kegiatan dari keseluruhan Pura yang ada di pulau Bali.

Bukan hanya 1 Pura saja, sebeb di kompleks Pura Bekasih masih ada sekitar 17 Pura lainnya yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Termasuk area suci, maka wisatawan diwajibkan mengenakan pakaian Sopan ketika hendak memasuki kawasannya. Sedangkan untuk wanita yang sedang haid, adanya larangan untuk tidak memasuki kawasan Pura. Sebagai tamu, sebaiknya hindari larangan yang diberikan sebagai bukti penghormatan terhadap adat yang masyarakat percayai.

12. Dream Island Bali

Destinasi wisata Bali yang populer selanjutnya adalah Dream Island Bali. Dream Island Bali merupakan salah satu dari sekian kecantikan yang ditawarkan oleh pulau Bali. Sebab, disini pengunjung dapat melihat unta dari dekat atau bahkan menungganginya secara langsung untuk mengelilingi kawasan wisata. Bahkan di tempat ini pula, Anda bisa menikmati aneka kuliner lezat yang siap menggoyang lidah.

 

6 dari 6 halaman

Destinasi Wisata Bali yang Tak Terlupakan

 

13. Pantai Melasti

Bali terkenal akan pesona wisata baharinya, dimana Pantai Melasti  menjadi salah satu dari sekian banyak yang terdaftar. Yang membuat pantai cantik satu ini tampak istimewa, berasal dari tebing kapur yang tampak kokoh dan menjulang tinggi ke angkasa.

Dengan kecantikan alamnya, tak jarang kawasan pantainya dijadikan sebagai lokasi foto pre wedding. Bahkan ombaknya pun tidak terlalu besar, sehingga sangat cocok untuk berenang maupun olahraga air lainnya.

14. Marine Walk

Terumbu karang yang ada di Bali patut untuk dieksplor. Aktivitas yang dilakukan di Bali dan begitu disukai adalah snorkeling di Marine Walk. Cukup dengan menggunakan sebuah helm khusus yang dihubungkan langsung dengan selang oksigen, wisatawan bisa menyelam dan berjalan di dasar laut dengan melihat bagaimana keindahan tempat ini.

Biaya untuk bermain Sea Walk ini adalah Rp. 600.000 per orang. Wisatawan bisa merasakan bagaimana sensasi berada di bawah laut. Lokasinya berada di Nusa Lembongan, Sanur dan Tanjung Benoa.

15. Bali Underwater Scooter

Bali Underwater Scooter merupakan destinasi wisata tak biasa untuk menikmati keindahan bawah laut Bali. Pasalnya pengunjung diajak untuk mengendarai skuter di dalam air laut, untuk menikmati pemandangan bawah airnya yang luar biasa indah. Uniknya, kamu bisa bernafas dengan normal lantaran dilengkapi dengan helm dan berbagai pelindung.