Sukses

Detik-Detik Pilot Helikopter Selamatkan Diri Usai Jatuh di Danau Buperta Cibubur

Video dua awak yang berenang menyelamatkan diri saat helikopter jatuh ke danau viral di media sosial.

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini media sosial dihebohkan dengan adanya sebuah video yang memperlihatkan sebuah pesawat helikopter latih jatuh di sebuah danau. Video tersebut beredar luas di media sosial pada Jumat (28/5/2021).

Dari video yang beredar, helikopter latih tersebut diketahui terjatuh di Situ Rawa Jemblung, Buperta Cibubur, Cimanggis, Depok. Terjatuhnya helikopter tersebut ke sebuah danau diduga saat pesawat hendak mencari pendaratan.

Helikopter latih berjenis Tobindon Robinson 44 ini pun telah dievakuasi pada Sabtu (29/5/2021). Sebelum terjatuh, helikopter tersebut dilaporkan sempat berputar tiga kali di atas Rawa Jemblung. Namun, saat putaran keempat, helikopter yang diawaki oleh dua orang tersebut langsung hilang kendali dan terjatuh.

Dalam video yang dibagikan oleh netizen, terlihat pula dua orang yang diperkirakan seorang pelatih dan siswanya yang tengah menyelamatkan diri. Momen saat helikopter jatuh ke danau serta pelatih dan siswa yang menyelamatkan diri itu pun langsung viral di media sosial.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dua awak helikopter latih berhasil berenang menyelamatkan diri

Dikutip Liputan6.com dari Merdeka.com, Senin (31/5/2021) seorang saksi bernama Alex menyebut jika saat helikopter tersebut tercebur masih terdengar suara mesin pesawat. Namun, selang satu menit suara pesawat tersebut tak lagi terdengar.

Tak hanya itu saja, dalam video yang beredar juga memperlihatkan dua orang yang tengah berusaha menyelamatkan diri dari peristiwa tersebut. Bahkan, Alex juga membenarkan kedua awak helikopter tersebut langsung keluar dan berenang ke tepian.

"Ada dua orang kayaknya di dalam heli, dua-duanya langsung keluar dan berenang ke tepian, Alhamdulillah selamat," ujar Alex seperti yang dikutip Liputan6.com dari Merdeka.com, Senin (31/5/2021).

3 dari 4 halaman

Dibenarkan oleh Humas Polres Metro Depok

Peristiwa jatuhnya helikopter latih berjenis Tobindon Robinson 44 juga dibenarkan langsung oleh Kepala Humas Polres Metro Depok, Komisaris Polisi Supriyadi. Ia juga menegaskan jika dua awak yang berada di helikopter selamat dan telah dilarikan ke rumah sakit terdekat.

 

4 dari 4 halaman

Videonya viral

Video jatuhnya helikopter latih ini pun langsung menjadi sorotan netizen. Bahkan, momen saat pilot dan satu awak lainnya menyelamatkan diri juga tak lepas dari perhatian publik. Peristiwa yang terjadi pada Jumat (28/5/2021), pukul 09.45 WIB ini pun sempat menghebohkan warga setempat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.