Sukses

3 Fakta Unik di Balik Karakter Disney Memakai Sarung Tangan Putih

Ternyata ada fakta unik di balik beberapa tokoh Disney menggunakan sarung tangan berwarna putih.

Liputan6.com, Jakarta Kartun merupakan salah satu tontonan yang hampir disukai oleh seluruh masyarakat. Tak hanya anak-anak, orang dewasa pun suka menonton film kartun. Selain menghibur, tokoh-tokoh kartun dengan tingkah yang lucu pun sukses membuat penonton gemas.

Ada banyak fakta unik yang belum diketahui banyak orang di balik karakternya yang lucu dan menggemaskan, salah satunya adalah fakta beberapa tokoh kartun Disney yang menggunakan sarung tangan berwarna putih.

Tanpa disadari, ada beberapa ada beberapa tokoh kartun Disney yang selalu menggunakan sarung tangan. Rupanya penciptaan tokoh kartun Disney menggunakan sarung tangan ini bukan tanpa alasan, melainkan ada beberapa fakta di baliknya.

Mickey Mouse adalah salah satu karakter Disney dan karakter pertama yang menggunakan sarung tangan. Dalam kartun Mickey pertama berjudul Plane Crazy pada tahun 1928, tangannya berwarna hitam, kemudian tahun 1929 Mickey Mouse sudah terlihat menggunakan sarung tangan.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang fakta unik di balik karakter Disney menggunakan sarung tangan, Senin (31/5/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Menghemat Waktu

Fakta unik pertama tentang alasan mengapa karakter Disney menggunakan sarung tangan adalah menghemat waktu. Menggambar kaki karakter dalam setiap pengambilan gambar sangat memakan waktu dan tenaga. Oleh karena itu, untuk mempercepat prosesnya, animator mulai menggambar karakter tanpa terlalu banyak detail seperti kepala dan mata besar, lengan kurus dan panjang dengan empat jari.

Alasan satu ini tentunya merupakan alasan yang tak pernah terpikirkan sebelumnya. Pasalnya saat menikmati film kartun jarang terbersit dalam pikiran seseorang tentang setiap detail karakter kartun tersebut beserta lingkungan sekitarnya.

3 dari 4 halaman

2. Kontras

Fakta unik selanjutnya di balik karakter Disney yang menggunakan sarung tangan adalah mengenai kontras. Saat mengambil gambar, mengedit, sampai dapat dinikmati oleh banyak orang setiap karakter Disney tentunya telah melewati banyak proses. Bahkan dari segi warna dan kontras pun sangat berpengaruh.

Film Disney pada awalnya diproduksi dengan tampilan hitam putih. Lantaran film hitam putih yang terlihat kabur dan kurang jelas membuat bagian-bagian pada karakter Disney tidak terlihat. Hal tersebut dikarenakan tangan hitam dan tubuh dari karakter tersebut juga berwarna hitam. Sarung tangan putih membantu menonjolkan cakar karakter dan gerak tubuh mereka.

Bisa dikatakan sarung tangan tersebut bertujuan untuk membedakan tangan dan tubuh karakter di era film hitam putih. Seiring dengan perkembangan teknologi perfilman, tokoh kartun Disney salah satunya Mickey Mouse tetap menggunakan sarung tangan sampai puluhan tahun kemudian karena sudah sangat melekat dengan karakter kartun tersebut.

4 dari 4 halaman

3. Humanisasi atau Memanusiakan Karakter

Fakta unik selajutnya tentang karakter Disney yang menggunakan sarung tangan adalah humanisasi atau memanusiakan karakter. Menurut KBBI humanisasi sendiri merupakan penumbuhan rasa kemanusiaan.

Alasan ketiga penggunaan sarung tangan pada karakter Disney yakni humanisasi ini dijelaskan oleh Walt Disney kepada penulis biografinya, Bob Thomas pada tahun 1957. Tujuannya adalah menjadikan karakter Mickey Mouse dan kawan-kawan tampak lebih manusiasi, sehingga lebih dekat dengan para penonton.

"Kami tidak ingin dia [Mickey] memiliki tangan tikus, karena seharusnya dia tampak lebih manusiawi," tutur Disney seperti dilansir The New York Times. "Jadi kami memberinya sarung tangan. Lima jari terlihat kebanyakan untuk sosok sekecil itu, jadi kami juga mengambil satu jarinya."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini