Sukses

32 Tempat Wisata di Lombok Paling Hits, Wajib Banget Dikunjungi dan Dijelajahi

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Lombok paling hits menyuguhkan banyak panorama alam indah, eksotis, dan menakjubkan. Ada penampang alam berupa gunung, pantai, lautan, tebing-tebing, hutan, sampai perbukitan yang selalu bikin pengunjung ketagihan datang. Konon pulau-pulau tempat wisata di Lombok paling hits ini masih banyak yang belum terjamah wisatawan, alias masih perawan.  

Tempat wisata di Lombok, Nusa Tenggara Barat ini merupakan rekomendasi liburan bareng keluarga, teman-teman, dan pasangan yang wajib dijadikan pilihan. Meski tempat wisata di Lombok paling hits selalu ramai dikunjungi wisatawan, tetapi keasriannya masih sangat terjaga. Aneka macam biota laut tempat wisata di Lombok paling hits masih sangat cantik dan menawan.

Istimewanya lagi, tempat wisata di Lombok paling hits penampang pantainya ada yang berpasir pink. Menarik sekali untuk dikunjungi bukan? Langsung saja berikut Liputan6.com ulas tempat wisata di Lombok paling hits dan wajib banget dikunjungi dari berbagai sumber, Senin (31/5/2021).

2 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Lombok Paling Hits

Gunung Rinjani

Gunung Rinjani merupakan tempat wisata di Lombok paling hits yang menjadi ikon wisata Lombok paling diincar para wisatawan yang berkunjung ke sana. Rinjani memiliki ketinggian 3.726 mdpl dan memiliki anak yang bernama gunung Baru Jari (Baru Jadi) yang dikelilingi oleh Danau Segara Anak.

Menurut sejarawan, awalnya tempat wisata di Lombok paling hits seperti Rinjani memiliki ketinggian lebih dari 5000 m. Namun karena letusan tempat wisata di Lombok paling hits seperti Rinjani pun seperti terpotong dan menghasilkan danau di tengahnya.

Danau Segara Anak

Danau Segara Anak adalah tempat wisata di Lombok paling hits. Bila gunung Semeru bangga memiliki Ranu Kumbolo, maka gunung Rinjani pun tak akan kalah karena gunung ini juga memiliki danau vulkanik yang sama, yaitu danau Segara Anak. Bagi pecinta pendakian gunung, nama danau ini tentu sudah tidak asing lagi. Sama halnya dengan danau Ranu Kumbolo, danau Segara Anak juga merupakan spot favorit bagi para pendaki untuk bermalam sambil mendirikan tenda. 

Air tempat wisata di Lombok paling hits ini berwarna biru laut, yang sangat indah dan memanjakan mata. Danau Segara Anak ini sendiri terletak di atas ketinggian 2.000 mdpl. Ini adalah sebuah danau kawah dalam kaldera yang terbentuk saat letusan gunung berapi eksplosif Gunung Samalas pada tahun 1257. Kaldera tersebut berada di sebelah Gunung Rinjani di Pulau Lombok, Indonesia. "Segara Anak" berarti "anak laut" dan mengacu pada kemiripan danau yang biru ini dengan laut.

Tanjung Bloam

Tanjung Bloam merupakan daerah konservasi penyu yang berhabitat di sekitar tebing-tebing dan sepanjang garis pantai yang membentang dari ujung selatan dan utara. Tempat wisata di Lombok paling hits ini memiliki bentuk daratan yang menjorok ke laut dengan batu berlumut menjulang seperti atap rumah. Bagi penduduk sekitar, pemandangan di sini seperti lukisan tiga dimensi yang menakjubkan.

Sembalun

Sembalun merupakan tempat wisata di Lombok paling hits yang ada di sebuah desa yang terkenal dengan pemandangan alam luar biasa. Sembalun dikenal menjadi salah satu gerbang menuju puncak Gunung Rinjani dan danau Segara Anak.

Selain itu, tempat wisata di Lombok paling hits mempunyai banyak kebudayaan salah satunya adalah Bale Baleq yang merupakan kebudayaan dari masa lampau yang masih terus dilestarikan sampi sekarang dan beberapa sejarah tentang kebudayaan islam serta kerajaan Majapahit.

Gili Sulat dan Gili Lawang

Gili Sulat adalah sebuah pulau kecil yang terletak 1,5 km di sebelah timur laut Pulau Lombok. Sejauh 500 meter di sebelah barat laut ini terdapat Pulau Gili Lawang. Gili Sulat dan Gili Lawang merupakan pulau kecil (gili) yang sangat potensial untuk dimanfaatkan sebagai tujuan wisata alam (eco tourism).

Kedua tempat wisata di Lombok paling hits ini memiliki potensi berupa hutan bakau dan taman bawah laut yang sangat indah. Namun sebenarnya ada juga sebagian kecil yang merupakan pasir putih, dan pada musim tertentu kawanan lumba-lumba akan menampakkan diri di daerah ini.

3 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Lombok Paling Hits

Desa Sade

Wisatawan tak boleh melewatkan liburan di Desa Wisata Sade, sebuah dusun yang terletak di desa Rembitan, kecamatan Pujut. Perkampungan suku Sasak ini terletak di pinggir jalan raya yang menghubungkan kota Mataram dengan kawasan selatan Lombok.

Tempat wisata di Lombok paling hits ini dihuni oleh Suku Sasak yang masih mempertahankan tradisi nenek moyang. Yang menarik dari perkampungan ini adalah rumah tradisional suku Sasak yang dipel menggunakan kotoran sapi akan terlihat kinclong. Wisatawan dapat membeli banyak suvenir dan juga kain songket hasil karya masyarakat Suku Sasak.

Desa Sukarara

Selain menikmati keindahan alamnya, tempat wisata di Lombok paling hits juga menawarkan wisata budaya. Salah satunya wisata budaya Desa Sukarara. Sebuah desa kecil yang menjadi salah satu pusat kerajinan tenun tradisional alias songket di Lombok.

Pantai Kuta Lombok

Sesuai dengan namanya, pantai Kuta Lombok terletak di desa Kuta, Lombok Tengah. Nama tempat wisata di Lombok paling hits ini hampir sama dengan pantai Kuta di Bali namun pantai ini memiliki luas yang lebih kecil dibanding pantai Kuta di Bali.

Pantai Batu Payung

Pantai hits yang satu ini pernah digunakan sebagai lokasi syuting iklan sebuah produk, namanya Pantai Batu Payung. Tempat wisata di Lombok paling hits ini berupa lempengan karang yang menyembul di tengah laut dengan batu karang tinggi yang menyerupai sebuah payung. Pantai Batu Payung dikenal sebagai spot cantik untuk menangkap keindahan matahari terbenam.

Air Terjun Benang Kelambu

Dinamakan air terjun benang kelambu karena jatuh dari ketinggian 40 meter, menyerupai kelambu putih yang memanjang. Terjunan tempat wisata di Lombok paling hits ini sangat halus sehingga pengunjung tidak akan kesakitan saat bermain di bawahnya langsung. Air terjun ini membentuk 2-3 tingkatan dengan dinding tebing yang subur ditumbuhi oleh tanaman hijau.

4 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Lombok Paling Hits

Pantai Senggigi

Pantai Senggigi merupakan tempat wisata di Lombok paling hits dan paling tua. Pantai ini memiliki ciri khas pasir putih dengan garis pantai yang panjang. Pantai ini menawarkan panorama alam perbukitan yang mengelilingi lokasi obyek wisata yang indah. Di tempat wisata di Lombok paling hits ini sering digunakan sebagai tempat melaksanakan acara-acara budaya seperti Festival Senggigi.

Bukit Malimbu

Bukit Malimbu adalah tempat wisata di Lombok paling hits di dataran tinggi yang dijadikan sebagai terusan dari Pantai Senggigi. Di tempat wisata di Lombok paling hits ini terdapat pasir putih disepanjang bukit. Wisatawan yang berkunjung akan dimanjakan dengan pemandangan bukit yang indah dan mempesona, serta menyaksikan matahari terbenam pada sore hari yang akan terlihat jelas dari puncak atas.

Hutan Wisata Pusuk

Hutan Wisata Pusuk merupakan tempat wisata di Lombok paling hits yang terletak di sebelah utara, berbatasan langsung dengan kabupaten Lombok Utara. Di tempat wisata di Lombok paling hits ini wisatawan dapat menikmati iklim pegunungan dan menjumpai kelompok kera yang memang bertempat tinggal di Hutan Pusuk. Karena lokasi ini merupakan daerah perbukitan.

Taman Narmada

Taman Narmada merupakan salah satu tempat wisata di Lombok paling hits di Lombok Barat yang menarik untuk dikunjungi hal ini dikarenakan lokasi wisatanya yang unik dan antik. Letak lokasi tempat wisata di Lombok paling hits ini sekitar 10 km dari arah timur ibukota Nusa Tenggara Barat, Mataram.

Sesaot

Hutan wisata yang masih alami, asri dan indah. Biasanya dipakai untuk kegiatan outbond untuk mengisi masa liburan. Di tempat wisata di Lombok paling hits ini terdapat sebuah sungai yang disebut Aiq Nyet. Sungai tersebut tidak pernah kering walaupun di musim kemarau. Keaslian alamnya memiliki daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang datang ke hutan wisata Sesaot.

5 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Lombok Paling Hits

Masjid Kuno Bayan

Masjid Kuno Bayan merupakan masjid tertua bagi masyarakat Bayan, Kabupaten Lombok Utara. Masyarakat Bayan sendiri adalah pemeluk Islam dengan campuran adat Watu Telu yang hanya bisa ditemukan di Lombok saja. Masyarakat Bayan suka mengadakan upacara-upacara tradisional yang kerap mengundang minat para wisatawan.

Desa Gumantar

Desa Gumantar merupakan tempat wisata di Lombok paling hits dengan penampang sebuah desa yang menjadi bagian dari Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara. Desa ini masih tetap mempertahankan tradisi dan adat istiadatnya dari peninggalan leluhur. Dusun Dasan Beleq adalah pusat kegiatan kemasyarakatan yang kental, penduduk asli Dusun Dasan Beleq menganut agama Islam, nuansa islami di dusun ini sangat begitu kental.

Gili Trawangan

Gili Trawangan merupakan tempat wisata di Lombok paling hits yang diibaratkan sebagai primadona bagi wisata Lombok Utara. Gili Trawangan bahkan telah mendunia. Banyak turis mancanegara yang terus berdatangan ke Gili Trawangan ini karena keindahan alam bahari serta pulau-pulau kecilnya yang begitu mempesona.

Air Terjun Sendang Gile

Air Terjun Sendang Gile merupakan tempat wisata di Lombok paling hits dan bagian dari kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Air Terjun Sendang Gile ini menjadi destinasi wisata yang paling populer, karena pemandangan alamnya yang sangat indah di sekitar Air Terjun Sendang Gile ini.

Pantai Sire

Pantai Sire ini berpasir putih bersih dan di pinggir pantainya dipenuhi dengan barisan pepohonan. Kejernihan air tempat wisata di Lombok paling hits ini membuat para wisatawan tertarik untuk berenang, diving, dan juga snorkeling di pantai ini, dan berbagai hamparan terumbu karang tumbuh subur di lautan dalam Pantai Sire ini.

6 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Lombok Paling Hits

Pantai Tangsi

Pantai Tangsi kerap disebut sebagai Pantai Pink. Terletak di desa Sekaroh, kecamatan Jerowaru, kabupaten Lombok Timur pantai ini memiliki keunikan tersendiri. Pantai Tangsi memiliki pasir pantai berwarna pink. Tempat wisata di Lombok paling hits ini merupakan salah satu dari tujuh pantai di dunia yang memiliki pasir pantai berwarna pink.

Tempat wisata di Lombok paling hits ini merupakan satu dari dua pantai di Indonesia yang berwarna pink. Warna pink pada pasirnya terbentuk karena butir-butir asli warna putih pasir bercampur dengan serpihan karang merah muda. Bias sinar matahari dan terpaan air laut menambah semakin jelas terlihat warna pink pantai tersebut.

Pantai Kaliantan

Pantai Kaliantan merupakan tempat wisata di Lombok paling hits dan dikenal dengan kegiatan seremonialnya yaitu upacara Bau Nyale oleh suku Sasak. Bau Nyale merupakan sebuah acara perburuan cacing laut. Acara ini diselenggarakan sekitar bulan Februari dan Maret. Pusat dari upacara ini berada di Pantai Kuta Lombok dan Pantai Kaliantan.

Tanjung Ringgit

Tanjung Ringgit merupakan tempat wisata di Lombok paling hits yang memiliki pantai pasir putih dan tebing karst putih. Di tempat wisata di Lombok paling hits terdapat sebuah gua yang sempat digunakan tentara Jepang di Perang Dunia II. Kawasan di sekitar tempat wisata di Lombok paling hits ini merupakan hutan lindung milik Kementerian Kehutanan Indonesia. Tanjung Ringgit berlokasi di Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur.

Mandalika

Mandalika merupakan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang berfokus pada sektor pariwisata. Spot andalah di tempat wisata di Lombok paling hits ini di antaranya adalah Pantai Kuta, Pantai Seger, Pantai Serenting, Bukit Merese, Pantai Tanjung Aan, Batu Payung, dan Pantai Gerupuk

Gili Meno

Gili Meno merupakan tempat wisata di Lombok paling hits. Gili Meno adalah pulau yang berada di tengah ketiga Kepulauan Gili. Tempat wisata di Lombok paling hits ini memiliki populasi sekitar 300 jiwa, yang terutama terkonsentrasi di tengah pulau, melansir dari wikipedia.com.

Pendapatan utama penduduk di pulau ini berasal dari objek pariwisata, perkebunan kelapa, dan perikanan. Di sisi barat pulau terdapat telaga kecil dangkal yang menghasilkan garam di musim kemarau. Sampai beberapa tahun yang lalu, masih terdapat produksi kecil rumput laut di terumbu karang di ujung utara pulau.

Gili Meno memiliki pantai yang cocok untuk berenang di sekitar pulau, serta suaka burung yang mengesankan. Anda bisa mencapai pulau ini dari Bali dengan menggunakan speedboat, atau menggunakan kapal umum dari Senggigi, Lombok. Tempat wisata di Lombok paling hits ini sering dipilih sebagai destinasi honeymoon karena suasananya yang lebih tenang dan sepi daripada Gili Trawangan.

7 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Lombok Paling Hits

Air Terjun Mangkusakti

Air Terjun Mangku Sakti terletak di Desa Sajang, Sembalun, Lombok Timur. Aliran air terjun tempat wisata di Lombok paling hits ini berasal dari Danau Segara Anak di atas Gunung Rinjani. Air Terjun Mangku Sakti dikelilingi oleh berbagai jenis batuan yang unik dan khas. Tak jauh dari lokasi tempat wisata di Lombok paling hits, pengunjung dapat menemukan dua air terjun kecil yang tak kalah indah yaitu Air Terjun Mangku Kodek dan Air Terjun Kuda Sembrani.

Gili Air

Gili Air adalah tempat wisata di Lombok paling hits dengan pulau yang paling dekat dengan Lombok. Popularitas Gili Trawangan menjadi terkenal sebagai pulau pesta dan Gili Meno sebagai tempat para pasangan yang ingin memiliki privasi, Gili Air lantas memiliki ciri khasnya sendiri sebagai pulau yang lebih santai, yang menarik para backpacker untuk bertemu dengan sesama pelancong atau sekadar ingin bersantai sendirian engan sederhana.

Cukup banyak partygoers yang setelah lelah menjalani malam-malam penuh pesta di Trawangan, pindah ke tempat wisata di Lombok paling hits ini untuk sekadar kursus menyelam dengan tenang. Pulau ini masih memiliki suasana pedesaan yang lebih kental daripada dua pulau Gili lainnya, dan tidak mengherankan jika banyak penduduk setempat tampaknya lebih suka tinggal di Gili Air, yang memiliki populasi permanen tertinggi sekitar 1.800 jiwa.

Air Terjun Benang Kelambu

Air terjun yang tak kalah indah di Lombok adalah Benang Kelambu. Tempat wisata di Lombok paling hits ini terbagi atas beberapa aliran yang bersebelahan dan jatuh di antara hutan belantara. Air yang mengalir di antara tebing hijau ini tipis dan kecil bak benang kelambu yang menjuntai.

Tempat wisata di Lombok paling hits ini memiliki 3 tingkat. Tingkat yang paling atas berasal langsung dari mata air, dan memiliki ketinggian sekitar 30 Meter. Tingkat yang kedua merupakan lanjutan dari tingkat pertama, dengan ketinggian sekitar 10 Meter. Tingkat yang ketiga memiliki ketinggian hanya 5 Meter.

Pantai Tebing

Tempat wisata di Lombok paling hits dan wajib dikunjungi berikutnya adalah Pantai Tebing. Sesuai namanya, pantai ini dikelilingi tebing-tebing yang menjulang tinggi dan terlihat sangat eksotis.

Suasananya tampak seperti objek wisata Grand Canyon di Arizona. Sebenarnya, tebing yang dihiasi lekukan-lekukan dan tampak seperti dipahat ini berasal dari erupsi Gunung Rinjani Tua pada 1257 silam.

Bagi kamu yang ingin menyaksikan kemegahan tempat wisata di Lombok paling hits, datanglah ke Dusun Luk, Desa Sambiq Bangkol, Kecamatan Gangga, Lombok Utara.

Nest Sculpture

Nest bisa dikatakan merupakan tempat wisata di Lombok paling hits. Lokasi tempat wisata di Lombok paling hits ini tepat di sisi barat Gili Meno. Ini merupakan sebuah proyek ramah lingkungan yang dirancang Jason de Cairos Taylor.

Nest terdiri atas koleksi 48 patung berbentuk manusia dengan posisi berbaring, berdiri, dan berpelukan. Menariknya, tempat wisata di Lombok paling hits ini terletak di bawah permukaan air. Jadi, kamu baru bisa mencapainya dengan melakukan diving. Mengusung tema untuk menjaga kelestarian dan kehidupan laut, keberadaan tempat ini sangat penting.

Gunung Tunak

Di Lombok kamu juga bisa berkunjung ke Taman Wisata Alam Gunung Tunak untuk menikmati keindahan lautan luas. Tempat wisata di Lombok paling hits ini terletak di Desa Merta, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah ini menyediakan sebuah menara pandang yang tampak seperti tower listrik.

Dari atas menara yang cukup tinggi di tempat wisata di Lombok paling hits ini, area Pantai Tunak terlihat secara jelas. Saat berkunjung ke tempat ini, pastikan kamu tidak takut ketinggian sehingga dapat menikmati keindahan pemandangan dengan sempurna.