Sukses

30 Wisata Kota Malang untuk Rekreasi, Tak Jauh dari Pusat Kota

Malang menawarkan wisata kota yang cukup beragam.

Liputan6.com, Jakarta Wisata kota Malang bisa jadi pilihan menarik untuk berlibur. Sebagai kota wisata, Malang menawarkan wisata kota Malang yang cukup beragam. Wisata kota Malang ini sangat cocok dikunjugi bersama keluarga atau sahabat.

Wisata kota Malang berada di pusat kota dan bisa dijangkau dengan transportasi umum. Jika kamu berada di kota Malang dan mencari destinasi yang dekat dengan pusat kota, wisata kota Malang ini bisa jadi pertimbangan.

Wisata kota Malang ini punya keunikan tersendiri. Berikut wisata kota Malang, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin(31/5/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Wisata kota Malang: ruang terbuka

Taman Trunojoyo

Taman Trunojoyo merupakan wisata kota Malang andalan arek Malang. Di sini kamu akan disuguhkan nuansa alam yang rindang dan masih asri. Taman ini bisa menjadi destinasi rekreasi gratis bersama keluarga. Taman Trunojoyo memiliki pepohonan rindang dan sejuk. Taman ini juga menyuguhkan fasilitas bermain untuk anak seperti jungkat-jungkit dan ayunan.

Alun-Alun Kota Malang

Alun-Alun Kota Malang merupakan tempat wisata di Malang yang juga tak boleh terlewat. Tempat ini merupakan lokasi rekreasi warga Malang yang sangat populer. Di sini terdapat air mancur, taman bermain, ruang terbuka hijau, dan aneka kuliner.

Alun-Alun Tugu Malang

Alun-Alun Tugu Malang berada tepat di depan Balai Kota Malang. Alun-Alun ini memiliki sebuah tugu yang dikelilingi oleh kolam teratai. dibangun oleh Thomas Karsten asal Belanda pada 1920 silam. Alun-Alun yang juga berada tak jauh dari stasiun Malang ini menjadi destinasi menarik untuk bersantai dan menikmati indahnya suasana Malang.

3 dari 8 halaman

Wisata kota Malang: kampung wisata

Kampung Heritage Kayutangan

Kampung Heritage Kayutangan menawarkan suasana sejarah masa lampau di Malang. Kampung Kayutangan udah tercatat dalam sejarah masa klasik sampai modern. Kampung ini memiliki ciri khas deretan rumah berarsitektur kolonial Belanda.

Kampung Tridi

Kampung Tridi (3D) atau yang juga dikenal dengan Kampung Kesatrian berada bersebelahan dengan kampung Jodipan, dipisahkan oleh Sungai Brantas. Jika Kampung Jodipan hanya bercat warna-warni, Kampung 3D dilukis dengan gambar-gambar 3D yang unik dan instagramable.

Kampung Warna Warni Jodipan

Kampung Warna Warni Jodipan termasuk wisata kota Malang yang sangat populer. Kampung ini bahkan sampai dijuluki Rio De Janeiro-nya Malang. Kampung Jodipan merupakan kawasan perkampungan padat di pinggir Sungai Brantas. Tembok perkampungan ini dicat dengan warna-warni cerah yang menjadi daya tarik wisatawan.

Kampung Putih

Selain kampung warna-warni, di Malang juga ada kampung serba putih. ampung Putih berada di Jalan Jaksa Agung Suprapto, Klojen, Kota Malang. Kampung yang buka mulai pukul 6 pagi hingga 11 pagi ini terdiri dari rumah-rumah bercat tembok putih dan atap hitam.

Kampung Biru Arema

Selain Kampung Putih, ada juga Kampung Biru yang tak kalah tematik. Kampung ini dikenal dengan Kampung Biru Arema. Arema merupakan klub sepak bola kebanggaan warga Malang. Warna biru mendominasi dinding dan atap rumah warga di kampung ini. Kampung Biru Arema di sisi barat Jembatan Brantas nantinya bisa terhubung dengan Kampung Warna Warni dan Kampung Tridi di sisi timur.

Wisata Kampung Topeng

Wisata Kampung Topeng berada di Tlogowaru, Kedungkandang, Kota Malang. Wisata kota Malang satu ini juga dikenal sebagai Kampung Desaku Menanti. Di kampung ini terdapat ratusan Topeng Malangan beragam warna berhias rapi di kawasan ini.

Kampung ini merupakan tempat rehabilitasi sosial, menjadi tempat gelandangan dan pengemis, sebagian kecil pedagang keliling yang dilatih mengembangkan desa wisata ini.

4 dari 8 halaman

Wisata kota Malang: tempat rekreasi

Malang Night Paradise

Malang Night Paradise merupakan tempat rekreasi malam di kota Malang. Malang Night Paradise adalah tempat hiburan keluarga di Malang dengan tema gemerlapnya malam. Di sini terdapat banyak instalasi lampu yang indah. Terdapat juga replika dinosaurus dan wahana-wahana menarik untuk berekreasi.

Hawai Waterpark

Hawai Waterpark merupakan rekreasi air yang cocok dikunjungi bersama keluarga. Wisata kota Malang ini dibangun di lahan seluas 28.000 meter persegi dan terletak di Perumahan Graha Kencana Jl. Balearjosari Malang. Hawai Waterpark memiliki berbagai macam wahana air dan wahana kering dengan sistem keamaan tinggi dan lifeguard bersertifikat Internasional.

Beberapa wahana yang dikenal luas di masyarakat antara lain Kolam Ombak Tsunami dengan ombak tertinggi di Indonesia, Jet Coaster Water Slide dengan tower tertinggi di Indonesia, serta kolam arus dengan 8 tema yang berbeda.

Sengkaling Water Park

Terletak di Jl. Raya Mulyoagung No.188, Kec. Dau, Malang, tempat ini selalu jadi destinasi rekreasi keluarga di kawasan Malang Raya. Sengkaling Water Park termasuk objek wisata dengan fasilitas lengkap mulai dari telaga, kolam renang, wahana bermain anak, hingga koleksi binatang.

Taman Wisata Wendit

Taman Wisata Wendit, terletak di Desa Mangliawan, Kec. Pakis, Kabupaten Malang. Berlokasi di ± 8 Km dari pusat Kota Malang menjadikan taman wisata ini tujuan berlibur warga Malang dan sekitarnya. Taman Wisata Wendit memiliki beragam wahana menarik seperti Perahu Dayung, Water Technology berupa Kolam Gelombang dan Kolam Arus, Waterboom, Bom-bom Car; Worm Coaster, Carousel dan Sepeda Air, Restoran, Restoran Apung, Food Centre atau Kantin, Pentas Musik, Outbond, Spa, Cottage serta berderet toko yang menjajakan cenderamata khas Wendit.

Taman Rekreasi Tlogomas

Taman Rekreasi Tlogomas berada di Jalan Baiduri Pandan 17 Dinoyo, Kota Malang. Taman rekreasi tersebut didirikan pada tahun 1989 dan menjadi wisata kota Malang yang cukup legendaris. Taman ini memiliki taman bermain, kolam renang, dan berbagai spot foto yang unik-unik.

5 dari 8 halaman

Wisata kota Malang: candi

Candi Badut

Candi Badut berlokasi di kawasan Tidar, bagian barat kota Malang. Candi Badut diduga diperkirakan dibangun jauh sebelum masa pemerintahan Airlangga, yaitu masa dimulainya pembangunan candi-candi lain di Jawa Timur. Candi ini termasuk candi tertua di Jawa Timur.

Candi Singosari

Candi Singosari termasuk wisata kota Malang yang tak jauh dari pusat kota. Candi Singosari berlokasi di Desa Candi Renggo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Candi ini juga dikenal dengan nama Candi Cungkup atau Candi Menara, karena pada masanya candi Singosari adalah candi yang tertinggi. Beberapa candi di Jawa Timur, terutama yang terletak di sekitar kota Malang, mempunyai kaitan sejarah yang erat dengan Kerajaan Singosari.

Petirtaan Watugede

Petirtaan Watugede merupakan pemandian peninggalan kerajaan Singhasari. Pemandian ini diyakini merupakan pemandian yang digunakan oleh para putri raja zaman pemerintahan Ken Arok. Petirtaan Watugede berjarak sekitar 2 km dari candi Singosari. Kini pertitraan ini menjadi tempat wisata Malang yang cukup populer. Tak hanya sarat dengan nilai sejarah, pemandian ini memiliki suasana yang tenang dan teduh.

Candi Sumberawan

Candi Sumberawan berada di di Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Candi ini berjarak sekitar 6 km dari Candi Singosari yang juga merupakan peninggalan Kerajaan Singosari. Candi Sumberawan hanya berbentuk sebuah stupa. Pemandangan di sekitar candi ini sangat indah karena terletak di dekat sebuah telaga yang sangat bening airnya.

 

6 dari 8 halaman

Wisata kota Malang: tempat bersejarah

Gereja Ijen

Gereja Ijen atau juga dikenal sebagai Gereja Katedral Malang merupakan salah satu gereja tertua di Jawa Timur. Gereja Ijen berada di Jl. Buring No.60, Oro-oro Dowo, Kec. Klojen, Kota Malang. Gereja Ijen dibangun dengan gaya arsitektur neo-gothik oleh arsitek L. Estourgie dan menjadi warisan arsitektural kolonial Belanda yang masih berdiri kokoh hingga saat ini.

Klenteng En Ang Kiong

Klenteng En Ang Kiong termasuk bangunan bersejarah yang berumur hampir dua abad. Klenteng En Ang Kiong termasuk klenteng Tri Dharma di mana klenteng ini digunakan sebagai tempat ibadah tiga agama yaitu Konghucu, Tao, dan Buddha. Klenteng En Ang Kiong termasuk bangunan yang ditetapkan sebagai cagar budaya di Malang.

Monumen Juang 45

Monumen Juang 45 berlokasi di Jl. Kertanegara, Klojen, Kec. Klojen, Kota Malang. Monumen ini dibangun sebagai sumber penghormatan bagi para pahlawan dan masyarakat Malang melawan penjajah. Monumen ini berada tepat di depan stasiun Malang Kota Baru.

7 dari 8 halaman

Wisata kota Malang: museum

Museum Singhasari

Museum Singhasari berlokasi di Krajan, Klampok, Singosari, Malang. Museum ini menampilkan diorama dan replika arca–arca yang menceritakan berdirinya kerajaan Singhasari. Ada juga peninggalan asli berupa patung berbahan kuningan seperti patung Dewi Sri dan Bathara Guru yang dipinjamkan pemilik aslinya ke museum.

Museum Zoologi Frater Vianney

Museum Zoologi Frater Vianney berlokasi di Jl.Raya Karang Widoro 7, Karang Besuki, Tidar, Dau, Malang. Museum ini menawarkan edukasi tentang satwa, terutama biota laut dan reptilia. Di sini terdapat ratusan koleksi kerang-kerangan, ular, dan biota laut yang telah diawetkan. Sebagian besar koleksi museum ini merupakan kepunyaan Frater Vianney, seorang guru berkebangsaan Belanda yang datang ke Indonesia pada 1960-an.

Museum Mpu Purwa

Wisata kota Malang selanjutnya adalah Museum Mpu Purwa. Museum Mpu Purwa menyajikan koleksi-koleksi bersejarah kerajaan yang ada di Malang. Museum ini berlokasi di Jalan Soekarno Hatta, Kelurahan Mojolangu, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang. Koleksi yang ada di museum ini berupa peninggalan masa pra sejarah hingga masa sejarah Hindu-Buddha.

Museum Malang Tempo Doeloe

Museum Malang Tempo Doeloe erletak di Jalan Gajah Mada nomor 2 persis di belakang Balai Kota Malang. Museum ini menyajikan sejarah Malang dari masa ke masa. Di museum ini ada sekitar 20 ruang yang menceritakan sejarah Malang. Misalnya, ruang yang menceritakan masa Kerajaan Kanjuruhan, Mataram kuno, Kerajaan Singasari, pertapaan Ken Arok, Kerajaan Majapahit.

8 dari 8 halaman

Wisata kota Malang: belanja

Pasar Besar

Pasar Besar menjadi pusat grosir kebutuhan primer di Kota Malang. Dulunya pasar besar disebut pasar pecinan karena lokasinya berada dekat dengan kawasan pecinan. Pasar ini ditata dalam kombinasi antara pasar tradisional dan modern.

Di lanai 1 dan dua pasar diisi sebagai pasar tradisional yang menjual sayur mayur, buah, dan kebutuhan pokok. Terdapat pula penjual baju, tas, elektronik, dan perabot rumah. Di lantai 3 dan 4 terdapat departement store, tempat bermain anak, dan tempat makan.

Pasar Bunulrejo

Pasar Bunulrejo berada di Jl. Hamid Rusdi, Bunulrejo, Blimbing, Kota Malang. Pasar ini dikembangkan dengan konsep pasar wisata. Pasar ini baru saja direnovasi dan direvitalisasi. Beragam barang dapat ditemukan di pasar ini seperti sembako, sayur, buah, dan pastinya oleh-oleh khas Malang. Terdapat pula pernak pernik souvenir khas Malang yang bisa ditemui di Pasar ini.

Pasar Oro-Oro Dowo

Pasar Oro-Oro Dowo atau Pasar Rakyat Oro-Oro Dowo merupakan salah satu pasar tertua yang ada di Kota Malang. Pasar ini dibangun pada zaman kolonial Belanda tahun 1932. Pasar Oro-Oro Dowo juga mempertahankan bangunan tua peninggalan Belanda yang menghadap ke utara. Pasar ini menawarkan sembako, sayuran, buah, perabotan rumah tangga, oleh-oleh, dan beragam produk dengan harga terjangkau.

Kampung Sanan

Kampung Sanan merupakan pusat produksi olahan tempe di Malang. Sentra Industri Tempe di kampung Sanan, Malang Jawa Timur ini menjadi sebagai salah satu pusat oleh –oleh khas Malang. Kawasan ini memproduksi tempe yang juga nantinya diolah menjadi olahan seperti keripik.

Kampung Wisata Keramik Dinoyo

Kampung Dinoyo terkenal dengan industri keramiknya. Di Sentra Keramik Dinoyo kamu bisa menemukan berbagai kerajinan keramik dengan ragam bentuk. Di sepanjang jalan di kampung ini, terdapat deretan toko yang menjajakan berbagai jenis keramik lucu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini