Sukses

15 Cara Menghilangkan Bau Sepatu dalam Semalam, Mudah dan Efektif Banget

Kumpulan cara menghilangkan bau sepatu yang busuk dalam waktu semalam saja, wajib dicoba!

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan bau sepatu dalam semalam bukan hal yang mustahil dilakukan. Sepatu yang masih basah, terkena kaki berkeringat, dan terlalu sering dikenakan memang rentan memiliki bau yang tidak sedap. Tenang, cara menghilangkan bau sepatu dalam semalam hanya pakai bahan yang mudah ditemukan di rumah.

Beberapa cara menghilangkan bau sepatu yang busuk bisa diselesaikan lebih cepat, tak sampai semalam. Bahan yang dipakai cara menghilangkan bau sepatu adalah bisa pilih kopi, teh, jeruk nipis, lemon, minyak esenssial, baking soda, sampai bedak bayi. Bila bahan tersebut tak juga ditemukan, cara menghilangkan bau sepatu paling efektif adalah menjemur dan menganginkannya.

Perlu diketahui juga cara menghilangkan bau sepatu bisa banget memanfaatkan freezer kulkas, loh. Cara menghilangkan bau sepatu ini efektif dalam waktu satu malam. Agar bisa langsung praktik, berikut Liputan6.com ulas cara menghilangkan bau sepatu dalam semalam dari berbagai sumber, Selasa (1/6/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Bau Sepatu dalam Semalam

Kopi

Cara menghilangkan bau sepatu dalam semalam bisa memanfaatkan kopi. Kopi memang biasa dikonsumsi sebagai minuman penghilang kantuk. Akan tetapi tidak hanya itu saja, kopi dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bau sepatu yang efektif.

Cara menghilangkan bau sepatu pertama, pastikan sepatu dalam keadaan bersih dan kering. Masukkan bubuk kopi ke dalam sepatu yang telah dibungkus tisu.

Selain menggunakan tisu, cara menghilangkan bau sepatu bisa membungkus kopi menggunakan kaos kaki yang sudah tidak terpakai. Diamkan bubuk kopi semalaman agar memberi hasil yang maksimal pada sepatu kamu.

Baking Soda

Cara menghilangkan bau sepatu dalam semalam bisa memanfaatkan baking soda. Selain digunakan untuk bahan campuran pembuatan kue, baking soda dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bau sepatu.

Hal ini dikarenakan baking soda memiliki kemampuan untuk menyerap bau yang tidak sedap. Cara menghilangkan bau sepatu dengan baking soda cukup mudah.

Taburkan baking soda ke dalam sepatu, kemudian diamkan semalaman. Lalu keesokan harinya, bersihkan baking soda di dalam sepatu kamu dengan menggunakan sikat.

Minyak Atsiri

Cara menghilangkan bau sepatu dalam semalam bisa memanfaatkan minyak esensial. Minyak atsiri adalah minyak esensial yang bisa ditemukan dengan mudah di pasar.

Cara menghilangkan bau sepatu dengan minyak ini adalah dengan memberi tetesan minyak atsiri secukupnya ke dalam sepatu. Tambahkan beberapa lembar kertas ke dalam sepatu untuk mengunci bau minyak atsiri.

Cara menghilangkan bau sepatu dalam semalam ini dikenal sangat efektif dan efisien. Bila sudah didiamkan semalaman. Lalu, keluarkan kertas pada pagi harinya.

3 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Bau Sepatu dalam Semalam

Cuka

Cara menghilangkan bau sepatu dalam semalam bisa memanfaatkan cuka. Cuka dengan kadar asam yang tinggi juga efektif untuk membunuh kuman penyebab bau pada kaki.

Cara menghilangkan bau sepatu adalah dengan mencampur satu gelas cuka dengan 1 baskom air lalu rendam kaki selama 15 menit. Agar mendapatkan hasil yang sempurna, lakukan cara ini rutin sekali seminggu.

Namun, pastikan tidak ada luka terbuka di area kaki sebelum berendam.

Kantung Teh

Cara menghilangkan bau sepatu dalam semalam bisa memanfaatkan kantung teh. Selain untuk diminum, kantung teh dapat digunakan untuk membersihkan kaki. Pilih teh dengan aroma yang tajam. Misalnya teh melati.

Cukup gunakan dua kantung the untuk cara menghilangkan bau sepatu, lalu rebus dengan satu liter air selama 15 menit. Setelah itu cara menghilangkan bau sepatu, tambahkan 2 liter air dingin dan tuangkan dalam bak atau mangkuk besar.

Rendam kaki selama 30 menit dan lakukan cara menghilangkan bau sepatu ini setiap satu kali seminggu. Asam yang dihasilkan dari kantung teh berguna untuk menutup pori-pori pada kaki sehingga bantu mengurangi jumlah keringat pada kaki.

Garam

Cara menghilangkan bau sepatu dalam semalam bisa memanfaatkan garam dapur. Selain sebagai bumbu dapur yang ajaib, garam ternyata punya banyak manfaat untuk kehidupan sehari-hari. Misalnya yaitu sebagai alternatif cara menghilangkan bau sepatu.

Garam bisa mengurangi kelembapan pada kaki dan membasmi bakteri penyebab bau kaki. Cara menghilangkan bau sepatu ini sangat mudah. Campurkan garam dengan 1 baskom air hangat lalu rendam kaki selama 20 menit. Lakukan cara menghilangkan bau sepatu ini setiap hari untuk hasil yang lebih awet.

4 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Bau Sepatu dalam Semalam

Spiritus

Cara menghilangkan bau sepatu dalam semalam bisa memanfaatkan spiritus. Spiritus dapat kamu temukan di toko khusus yang menjual bahan kimia. Cara menghilangkan bau sepatu dengan spirtus, campurkan spiritus dengan air, lalu semprotkan ke bagian dalam sepatu. Dengan cairan yang dikandung spiritus, bakteri penyebab bau akan mati.

Koran Bekas

Cara menghilangkan bau sepatu dalam semalam bisa memanfaatkan koran bekas. Koran bekas bisa menjadi media yang dapat menyerap bau tidak sedap pada sepatu. Cara menghilangkan bau sepatu, pastikan sepatu dalam keadaan kering.

Ambil koran bekas secukupnya, kira-kira cukup untuk membungkus sepatu. Bungkus seluruh permukaan sepatu dengan rapat dan rapi.

Terakhir, cara menghilangkan bau sepatu adalah simpan sepatu yang sudah dibungkus tadi di tempat yang agak dingin selama semalam atau lebih hingga bau pada sepatu terserap dengan sempurna oleh koran pembungkusnya.

Masukkan Kulkas

Cara menghilangkan bau sepatu dalam semalam ini mungkin terdengar aneh dan konyol. Akan tetapi, sepatu yang dimasukkan ke dalam kulkas atau lemari es bagian frezer akan efektif menghilangkan bau yang tidak sedap. Pastikan orang-orang rumah mengizinkanmu melakukan cara ini. Kamu juga bisa membungkus sepatumu dengan kantong plastik sebelum dimasukkan.

5 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Bau Sepatu dalam Semalam

Kulit Jeruk Nipis atau Lemon

Cara menghilangkan bau sepatu dalam semalam bisa memanfaatkan jeruk nipis atau lemon. Kandungan minyak esensial pada kulit jeruk nipis dan lemon dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bau sepatu.

Cara menghilangkan bau sepatu dengan jeruk nipis sangat mudah, kamu cukup meninggalkan beberapa kulit jeruk nipis atau lemon semalaman pada sepatu yang akan dipakai keesokan harinya. Hal ini akan membuat bau sepatu hilang dan beraroma segar sepanjang hari.

Kenakan Kaus Kaki

Cara menghilangkan bau sepatu paling mudah adalah pakai kaus kaki. Kaus kaki bisa menyerap keringat yang dihasilkan telapak kakimu. Namun, sering-seringlah mengganti kaos kaki. Jika kamu jarang mengganti kaos kaki, sepatumu akan tetap mengeluarkan bau tidak sedap karena kaos kaki telah menampung banyak bakteri kaki.

Alkohol

Cara menghilangkan bau sepatu dalam semalam bisa memanfaatkan alkohol. Kamu tinggal mencampurkan alkohol dengan air sebagai cara menghilangkan bau sepatu, tepat sebelum digunakan untuk menyemprot sepatu. Bahan ini dapat membunuh bakteri dan menghilangkan bau sepatu. Namun, jangan sampai membuat sepatu terlalu lembap saat menyemprotkannya.

6 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Bau Sepatu dalam Semalam

Bedak Bayi

Cara menghilangkan bau sepatu dalam semalam bisa memanfaatkan bedak bayi. Bedak bayi dikenal memiliki aroma wangi yang khas dan memiliki manfaat mencegah biang keringat pada bayi.

Tak hanya dapat dipakai oleh bayi, bedak bayi dapat digunakan untuk mengurangi bau tak sedap pada sepatu. Cara menghilangkan bau sepatu yaitu dengan menaburkan bedak bayi ke kaki.

Cara menghilangkan bau sepatu ini dilakukan sebelum kaki masuk ke dalam sepatu atau menaburkan bedak bayi secukupnya ke dalam sepatu yang akan Anda pakai. Maka, bau tak sedap dalam sepatu dapat lebih berkurang.

Dijemur dan Dianginkan

Cara menghilangkan bau sepatu bisa dengan menjemur dan menganginkannya. Mungkin inilah cara yang paling mudah dilakukan, apalagi kalau bau sepatumu belum sangat parah. Lepas tali sepatu dan keluarkan alasnya. Setelah itu jemur di tempat yang kering dan terkena angin.

Teh Hitam

Cara menghilangkan bau sepatu dalam semalam bisa memanfaatkan teh hitam. Tak hanya sebagai penghangat tubuh, teh hitam memiliki banyak manfaat lainnya. Salah satunya membantu menghilangkan bau sepatu.

Teh hitam dipercaya dapat membunuh bakteri penyebab bau tak sedap pada sepatu. Anda dapat memanfaatkan teh hitam untuk menghilangkan bau sepatu. Cara menghilangkan bau sepatu dengan memasukkan kantong teh hitam ke dalam air panas selama beberapa menit.

Setelah itu, letakkan kantung teh yang sudah tidak panas dalam sepatu selama satu jam. Kemudian cara menghilangkan bau sepatu, bersihkan ambil kembali kantung teh hitam dan bersihkan sisa-sisa teh dalam sepatu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini