Sukses

Keren, Pria Ini Buat Kemasan Bumbu Mi Instan yang Bisa Diseduh

Liputan6.com, Jakarta Mi instan memang menjadi makanan favorit orang hampir di seluruh dunia. Tak terkecuali Indonesia. Jika sedang tak punya uang, mi instan akan menjadi pemadam kelaparan. Selain penyajiannya yang cepat, rasanya yang tersedia dalam berbagai varian juga lezat.

Tanpa disadari, kemasan mi instan yang terbuat dari plastik menimbulkan masalah baru. Banyaknya masyarakat yang mengonsumsi mi instan membuat sampah plastik kian menggunung.

Adanya fenomena tersebut, seorang pemuda mencoba melakukan eksperimen dengan membuat kemasan bumbu mie instan yang ramah lingkungan. Inovasi ini diunggah di laman TikTok @ilmumakanan yang kemudian menjadi sorotan warganet.

"Mie instan di masa depan!?," tulis pengunggah dalam videonya, dikutip Liputan6.com dari akun TikTok @ilmumakanan pada Rabu (2/6/2021).

Eksperimen dari pemuda itu dinilai sebagai kemasan mie instan masa depan yang bisa mengurangi masalah sampah plastik di dunia.

2 dari 4 halaman

Kemasan Bumbu Pakai Edible Film

Percobaan yang dilakukan pemuda itu bertujuan untuk menggantikan bungkus bumbu mie instan kemasan dengan menggunakan edible film yang terbuat dari gelatin.

Hasilnya, selain menghemat tenaga tanpa perlu membuka kemasan bumbu penemuan ini juga bisa mengurangi penggunaan plastik. Di mana bungkus tersebut bisa langsung diseduh dengan air panas dan dimakan.

"Plastik bumbu indomi diganti ini asik kali ya, ramah lingkungan dan gausah ada gunting bau bumbu indomi," komentar salah satu warganet yang kemudian dibalas dengan membuat video ini oleh @ilmumakanan.

Dalam video, pemuda tersebut langsung mencoba mengemas bumbu dengan edible film yang dibuatnya. Ia berharap, kelak di Indonesia bisa mengikuti inovasinya.

"Sekarang kalian bayangin kalau ini mi instan dari masa depan, siap?" kata pemuda dalam @ilmumakanan.

 

3 dari 4 halaman

Pengertian Edible Film

Perlu diketahui, edible film adalah lapisan pelindung makanan yang aman untuk dikonsumsi. Edible film sendiri memiliki sifat-sifat yang sama dengan plastik.

Dalam video itu, eksperimen mengganti bungkus bumbu mie instan dengan edible film atau lembaran plastik tipis yang bisa dimakan tampaknya akan menjadi potensi yang baik untuk mengurangi sampah.

Edible film bisa dibuat dengan bahan-bahan seperti gelatin, selulosa, beberapa macam protein dan pati-patian. Edible film sangat cocok untuk digunakan sebagai ganti kemasan plastik pada makanan kemasan sehingga penggunaan plastik akan lebih berkurang.

Pada akun TikTok @ilmumakanan, edible film merupakan sebuah penelitian yang sebelumnya pernah dibuat oleh teman-temannya. Ia juga mengungkapkan bahwa penggunaan edible film untuk makanan akan sangat mudah jika edible film bisa didapatkan secara mudah dan dijual bebas di Indonesia.

4 dari 4 halaman

Tonton video eksperimennya berikut:

@ilmumakanan

Reply to @jasonrvnt_ Kira-kira dipake apa lagi yaaa edible filmnya hehehehehe 🤤 #foodtech #indomie #kreasimie #samasamabelajar #merdekabelajar

♬ Infomercial music - OTRadventure