Sukses

Router adalah Perangkat Keras yang Menghubungkan Jaringan, Ketahui Cara Kerjanya

Liputan6.com, Jakarta Istilah router adalah tidak asing bila disandingkan dengan internet. Bukan software, router adalah perangkat keras yang bertugas menghubungkan jaringan. Bila disederhanakan, fungsi router yang paling utama adalah mengarahkan atau membuat rute agar jaringan sampai pada tujuan.

Router adalah pihak yang mengatur lalu lintas jaringan, contoh populernya jaringan internet yang ada di rumah dengan WiFi. Jenis-jenis router adalah ada dua. Ada router nirkabel yang terhubung ke perangkat tanpa kabel dan ruter berkabel yang terhubung ke perangkat dengan koneksi kabel.

Tak hanya membuat rute, router adalah perangkat keras yang mampu mengirimkan sejumlah informasi dari suatu jaringan dan penghubung Digital Subsciber Line (DSL). Untuk saat ini teknologi router sudah lebih canggih, bukan hanya dengan kabel LAN tetapi sekaligus dengan Wireless.

Berikut Liputan6.com ulas lebih jauh tentang router dari berbagai sumber, Kamis (3/6/2021).

2 dari 6 halaman

Mengenal Router Adalah Perangkat Keras

Router adalah perangkat keras untuk menghubungkan beberapa jaringan, baik itu jaringan yang sama atau jaringan yang berbeda. Di mana routing adalah proses pengiriman paket data melalui jaringan dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Router adalah melakukan fungsi pengarahan lalu lintas dalam sebuah jaringan, termasuk internet.

Bisa diumpamakan router adalah sebagai pengontrol lalu lintas udara dan paket data saat pesawat menuju ke bandara (atau jaringan) yang berbeda. Sama seperti setiap pesawat memiliki tujuan unik dan mengikuti rute unik, setiap paket perlu dipandu ke tujuannya seefisien mungkin. Inilah fungsi router adalah mengarahkan atau memandu perjalanan.

Sebuah router adalah biasanya terhubung ke dua atau lebih jalur data dari jaringan IP yang berbeda. Ketika sebuah paket data masuk pada salah satu jalur, peran router adalah membaca informasi alamat jaringan di header paket untuk menentukan tujuan akhir. Jenis router IP yang paling dikenal adalah router rumahan dan kantor kecil yang meneruskan paket IP antara komputer rumah dan Internet.

Memaknai cara yang sama seperti pengontrol lalu lintas udara, router adalah memastikan bahwa pesawat mencapai tujuan tanpa tersesat atau mengalami gangguan besar di sepanjang jalan, router membantu mengarahkan paket data ke alamat IP tujuan mereka, seperti dilansir dari laman cloudflare.com.

Setiap router adalah memiliki beberapa fasilitas, yaitu fasilitas DHCP (Dynamic Host Configuration Procotol) dan NAT (Network Address Translator). Fasilitas DHCP merupakan layanan yang dapat mendistribusikan IP Address lain kepada perangkat komputer. Sementara NAT merupakan fasilitas yang memungkinkan suatu alamat IP atau koneksi internet dapat dibagikan kepada alamat IP lain.

3 dari 6 halaman

Fungsi Router adalah Mengarahkan atau Membuat Rute

1. Fungsi Router Adalah Menghubungkan Jaringan

Fungsi router adalah sebagai penghubung jaringan. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa router memiliki fungsi untuk menghubungkan beberapa jaringan sehingga si pemakai dapat mengirimkan paket data dari suatu jaringan ke jaringan lainnya.

Proses koneksi bekerja dengan cara mendistribusikan IP address kepada setiap komputer dalam jaringan, baik secara statis ataupun dengan DHCP (Dynamic Host Configuration Procotol).

2. Fungsi Router Adalah Mentransmisikan Informasi

Fungsi router adalah untuk mentransmisikan informasi. Fungsi lain router adalah untuk mentransmisikan informasi atau data dari suatu jaringan menuju jaringan yang lain dimana sistem kerjanya mirip seperti jembatan jaringan atau Bridge.

3. Fungsi Router Adalah Menghubungkan Jaringan ke DSL

Fungsi router adalah untuk menghubungkan suatu jaringan lokal dengan koneksi DSL (Digital subscriber line) atau yang lebih dikenal dengan DSL router. Teknologi router saat ini sudah lebih canggih, di mana penggunaannya tidak hanya menggunakan sambungan kabel LAN, tapi juga dengan menggunakan teknologi wireless.

4 dari 6 halaman

Jenis-Jenis Router

1. Router Nirkabel

Router nirkabel terhubung secara nirkabel ke perangkat yang mendukung standar nirkabel yang sama. Ini memungkinkannya untuk menerima informasi dari dan mengirimkan informasi ke internet. Router kemudian membuat komunikasi dengan jaringan WiFi rumah Anda menggunakan antena internal. Hasilnya, semua perangkat di jaringan rumah Anda pun memiliki akses internet.

2. Router Berkabel

Router kabel terhubung langsung ke komputer melalui koneksi kabel. Mereka biasanya memiliki port yang terhubung ke modem untuk berkomunikasi dengan internet. Port lain memungkinkan router berkabel untuk terhubung ke komputer dan perangkat lain untuk mendistribusikan informasi.

 

5 dari 6 halaman

Manfaat Router Terpenting

Ada begitu banyak manfaat dari sebuah router, beberapa di antaranya kami sampaikan berikut ini, yang dilansir dari javatpoint.com:

1. Keamanan: Router memberikan keamanan, karena LAN bekerja dalam mode broadcast. Informasi tersebut ditransmisikan melalui jaringan dan melintasi seluruh sistem kabel. Meskipun data tersedia untuk setiap stasiun, tetapi stasiun yang dituju secara khusus yang akan membaca data tersebut.

2. Peningkatan kinerja: Ini meningkatkan kinerja dalam jaringan individu. Misalnya, jika jaringan memiliki 14 workstation, dan semuanya menghasilkan volume lalu lintas yang kira-kira sama. Lalu lintas 14 workstation berjalan melalui kabel yang sama dalam satu jaringan. Tetapi jika jaringan dibagi menjadi dua sub-jaringan masing-masing dengan 7 workstation, maka beban lalu lintas dikurangi menjadi setengahnya. Karena setiap jaringan memiliki server dan hard disknya sendiri, maka lebih sedikit PC yang memerlukan sistem kabel jaringan.

3. Reliabilitas: Router memberikan reliabilitas. Jika satu jaringan turun ketika server berhenti, atau ada cacat pada kabel, maka layanan router, dan jaringan lain tidak akan terpengaruh. Router memisahkan jaringan yang terpengaruh, sedangkan jaringan yang tidak terpengaruh tetap terhubung, tanpa mengganggu pekerjaan dan kehilangan data apa pun.

4. Jangkauan jaringan: Dalam jaringan, kabel digunakan untuk menghubungkan perangkat, tetapi panjangnya tidak boleh melebihi 1000 meter. Router dapat mengatasi batasan ini dengan menjalankan fungsi repeater (meregenerasi sinyal). Jangkauan fisik dapat sesuai dengan kebutuhan instalasi tertentu, selama router dipasang sebelum jangkauan kabel melebihi maksimum.

6 dari 6 halaman

Cara Kerja Router

Rumah pada umumnya memiliki berbagai perangkat yang terhubung ke internet, seperti komputer pribadi, tablet, ponsel cerdas, printer, dan TV pintar. Dengan router, perangkat ini membentuk jaringan. Router mengarahkan lalu lintas internet masuk dan keluar di jaringan itu dengan cara paling cepat dan paling efisien.

Informasi yang berjalan di jaringan rumah Anda dapat berupa email, film, atau umpan langsung dari kamera, yang masing-masing memerlukan jumlah bandwidth yang berbeda-beda. Di saat Anda menambahkan lebih banyak perangkat, berarti Anda meminta router untuk melakukan lebih banyak pekerjaan.

Sederhananya, router akan menghubungkan berbagai perangkat yang berada di dalam jaringan dengan meneruskan paket data di antara mereka. Data ini dapat dikirim dari perangkat satu ke perangkat lain, atau dari perangkat ke internet.

Router dapat melakukan hal tersebut dengan menetapkan alamat IP lokal untuk masing-masing perangkat yang berada di dalam jaringan. Ini berfungsi untuk memastikan bahwa paket data berakhir di tempat yang tepat, dan tidak tersesat di dalam jaringan.