Sukses

Cara Print Amplop Pakai Microsoft Word Cepat dan Tanpa Ribet

Liputan6.com, Jakarta Cara print amplop pakai Microsoft Word menjadi cara yang mudah untuk digunakan oleh banyak orang. Microsoft Word merupakan software pengolah kata yang sangat populer di dunia. Dengan Microsoft Word, segala macam bentuk olahan kata dapat tertulis rapi di sebuah dokumen bahkan dapat dicetak pada kertas.

Pada aplikasi Microsoft Word baik Word 2007, Word 2010, Word 2013 maupun Word 2016, untuk mencetak pada amplop sebenarnya bisa menggunakan fitur yang sudah disediakan secara khusus, namun banyak pengguna yang belum bisa memanfaatkan fitur tersebut karena ketidaktahuan dan kurangnya pengalaman.

Sebenarnya walaupun tanpa bantuan fitur tersebut, kita bisa saja membuat format lembar dokumen untuk cetak pada amplop secara manual, tapi tetap saja yang paling praktis adalah menggunakan fitur untuk mencetak amplop yang sudah disediakan oleh Word itu sendiri.

Untuk itu Anda tak perlu mengeluarkan kocek lebih untuk mencetak amplop-amplop dengan tulisan tertentu. Anda cukup memahami fitur percetak amplop baik yang ada tulisannya. Berikut cara print amplop dengan ada tulisaannya pakai Microsoft Word yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (4/6/2021).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Ukuran Amplop Standar di Word

Sebelum itu Anda mengetahui cara print amplop pada Microsoft Word, Anda harus mengetahui dulu jenis-jenis ukuran standart yang ada pada amplop. Berikut ukurannya :

1. Amplop C4 berukuran 229 × 324 mm (9 x 12.8 inci) atau sama dengan kertas A4.

2. Amplop C3 berukuran 324 × 458 mm (12.8 x 18 inci) atau sama dengan kertas A3.

3. Amplop C7 berukuran 81 x 114 mm (3.2 x 4.5 inci) atau sama dengan kertas A7 (kertas A6 yang dilipat dua sebanyak satu kali).

4. Amplop C7 atau C6 berukuran 81 x 162 mm (3.19 x 6.4 inci) atau sama dengan 1/3 kertas A5.

5. Amplop C6 berukuran 114 × 162 mm (4.5 x 6.4 inci) atau sama dengan kertas A6 (kertas A4 yang dilipat dua sebanyak dua kali).

6. Amplop C5 berukuran 162 × 229 mm (6.4 x 9 inci) atau sama dengan kertas A5 (kertas A4 yang dilipat dua kali sebanyak satu kali).

7. Amplop B6 berukuran 125 × 176 mm (4.9 x 6.9 inci) atau sama dengan kertas C6.

8. Amplop B4 berukuran 250 × 353 mm (9.8 x 13.9 inci) atau sama dengan kertas C4.

9. Amplop E4 berukuran 280 × 400 mm (11 x 15.75 inci) atau sama dengan kertas B4.

10. Amplop C6 atau C5 memiliki ukuran 114 x 229 mm (4.5 x 9 inchi) atau sama dengan kertas yang berukuran 1/3 A4.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Kop Amplop di Microsoft Word

Cara membuat kop surat di Microsoft Word. Berikut cara membuat kop surat pada Microsoft Word yang dapat Anda praktikkan, yaitu :

1. Masuk ke aplikasi Microsoft Word

2. Pada menu bar pilih Mailings

3. Pilih Empelove

4. Pada Delivery Adrress diisi dengan alamat tujuan surat, dan pada Return Address diisi dengan alamat balasan surat. Namun jika Anda hanya ingin membuat kop surat, maka dikosongin saja.

5. Langsung pilih Option, kemudian pilih ukuran amplop misalnya ukuran c4 (229 x 324 mm), klik Ok. Untuk ukuran amplop sendiri, jika belum paham ukurannya lebih baik mengukurnya terlebih dahulu menggunakan mistar tinggi dan lebar amplop yang akan anda print.

6. Kemudian pilih Add to Document.

Nantinya pada lembar dokumen Word akan tampil dua lembar dokumen, yang atas ukuran amplop, yang bawah ukuran kertas biasa. Nah pada dokumen yang ukuran amplop tersebut klik dua kali pada bagian header, kemudian paste-kan kop amplopnya.

4 dari 5 halaman

Cara Print Amplop di Microsoft Word

Cara print amplop ini juga banyak yang belum tahu caranya. Untuk yang belum paham cara print amplop yang ada tulisan kop apmlopnya pada Microsoft Word berikut caranya:

1. Sebelum memutuskan untuk menekan tombol Print, sebaiknya periksa kembali seting kop surat, apakah ukurannya sudah benar, nama dan alamat kop sudah benar, dan lain sebagainya.

2. Sebaiknya melihat preview-nya terlebih dahulu, sebelum menekan Print. Caranya adalah klik print, pilih print preview.

3. Nantinya akan muncul tampilan preview.

4. Kalau sudah tidak ada lagi perubahan, selanjutnya tinggal tekan Print saja.

5 dari 5 halaman

Mengatur Posisi Amplop Pada Printer

Setelah mengetahui cara print amplop, Anda perlu untui memahami cara mengatur posisi amplop pada printer yang benar agar hasilnya tepat dan sesuai keinginan. untuk mengetahui bagaimana penempatan posisi amplop langkahnya sebagai berikut:

1. Pilih menu Mailings > Envelopes

2. Kemudian pada dialog envelopes & labels tekan tombol Options...

Pada dialog Envelope Options yang muncul untuk Feed Method, silahkan pilih cara peletakan amplop yang tersedia. Tidak semua pilihan cocok, biasanya akan menyesuaikan dengan pengaturan printer yang digunakan untuk mencetak amplop.

Hal ini sangat membantu, namun apabila Anda belum pernah mencetak kop amplop sebaiknya Anda mencobanya terlebih dahulu, try and error. Pada pertama kali print mungkin salah posisi, tapi untuk selanjutnya Anda sudah mampu memperbaikinya, sehingga Anda bisa mencetak kop amplop dengan tepat sesuai posisi kertas yang anda letakan pada printer.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS