Sukses

18 Manfaat Beras Kencur untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Manfaat beras kencur untuk kesehatan bisa dirasakan dengan mengonsumsi ramuan herbalnya secara rutin.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat beras kencur untuk kesehatan baik untuk menyembuhkan berbagai masalah serius seperti diabetes, asam lambung, kolesterol, sampai kanker. Selain itu, manfaat beras kencur untuk kesehatan juga bisa menyembuhkan sariawan, mencegah karies gigi, batuk, pilek, dan menjaga kesehatan kulit.

Untuk bisa merasakan manfaat beras kencur untuk kesehatan, biasanya beras kencur dibuat menjadi ramuan herbal seperti jamu. Menurut beberapa penelitian yang diungkap oleh ahli, mengonsumsi beras kencur secara rutin dapat memberikan dampak baik seperti manfaat beras kencur untuk kesehatan yang sudah disebutkan.

Tak hanya masalah kesehatan biasa, manfaat beras kencur bisa memberikan efek baik untuk kesuburan baik pria maupun wanita. Bagi pria, jamu beras kencur sangat bermanfaat untuk menjaga staminanya. Sementara bagi wanita, beras kencur baik untuk menjaga kesehatan rahim dan organ reproduksinya.

Berikut Liputan6.com ulas manfaat beras kencur untuk kesehatan lebih jauh dari berbagai sumber, Senin (7/6/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Manfaat Beras Kencur untuk Kesehatan

Menyembuhkan Sariawan

Manfaat beras kencur untuk kesehatan baik untuk menyembuhkan sariawan. Kencur sebagai bahan utama dari beras kencur ini mampu menyembuhkan masalah sariawan. Rasa hangat dan sifat anti-bakterinya dapat meringankan sariawan.

Manfaat beras kencur untuk kesehatan lainnya bisa didapatkan dari kandungan minyak atsiri (borneol, kamfer, sineol, etilalkohol) sehingga dapat dimanfaatkan sebagai peluruh dahak atau pembersih tenggorokan dan masalah tenggorokan lainnya.

Menyembuhkan Diare

Manfaat beras kencur untuk kesehatan bisa menyembuhkan diare. Kencur mengandung zat-zat sitotoksik dan antibakteri yang mampu meringankan diare. Sebagian besar kasus diare disebabkan oleh infeksi pada saluran pencernaan. Mikroba yang bertanggung jawan untuk infeksi ini termasuk bakteri, virus atau parasit.

Sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri dari kencur dapat membunuh bakteri dan menyembuhkan diare dengan cepat. Manfaat beras kencur untuk kesehatan ini bisa didapat dengan mengonsumsi jamunya. Jamu beras kencur mampu menghindari tubuh dari dehidrasi akibat kekurangan cairan saat diare.

Mencegah Kanker

Manfaat beras kencur untuk kesehatan bisa mencegah masalah kanker. Kencur mengandung etil p-metoksisinamat yang bersifat anti-kanker. Kandungan yang terdapat dalam jamu beras kencur ini dapat menghambat proliferasi sel karsinoma hati hepatoseluler. Hambatan pada proliferasi sel karsinoma hati hepatoseluler bisa mencegah terjadinya penyakit kanker. Manfaat beras kencur untuk kesehatan ini jangan dianggap sepele.

Mengobati Infeksi

Manfaat beras kencur untuk kesehatan dapat mengobati infeksi pada tubuh kita.  Terdapat penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Untuk meringankan kondisi penyakitnya, kamu bisa mengonsumsi jamu beras kencur. Manfaat beras kencur untuk kesehatan ini didapatkan dari kandungan zat-zat di dalamnya yang bersifat antibakteri. Zat antibakteri ini bisa melawan infeksi atau berbagai penyakit akibat bakteri.

3 dari 6 halaman

Manfaat Beras Kencur untuk Kesehatan

Menambah Nafsu Makan

Manfaat beras kencur untuk kesehatan yang sangat terkenal adalah bisa menambah nafsu makan. Jamu beras kencur ini cocok untuk dikonsumsi anak-anak yang memiliki masalah dengan nafsu makan.

Konsumsi beras kencur secara rutin mampu meningkatkan nafsu makan anak dan stamina tubuh. Kencur juga berkhasiat untuk mempertebal dinding perut. Manfaat beras kencur untuk kesehatan ini cocok buat kamu yang memiliki masalah maag yang menyebabkan penipisan dinding perut.

Diabetes

Manfaat beras kencur untuk kesehatan bisa mengatasi masalah diabetes. Jamu beras kencur dibuat dari beras dan rimpang kencur yang diduga memiliki aktivitas antioksidan yang tinggi. Oleh sebab itu jamu beras kencur dipercaya memiliki banyak khasiat untuk menjaga kesehatan tubuh, di antaranya yaitu untuk mengontrol berat badan dan sebagai anti diabetes.

Penelitian yang dilakukan oleh Program Studi Farmasi, Universitas Tanjung Pura menunjukkan bahwa manfaat beras kencur memiliki efek terhadap tikus ditandai dengan penurunan kadar glukosa darah, pengontrolan berat badan serta mampu mengurangi kerusakan pada pulau Langerhans pankreas.

Menjaga Stamina

Manfaat jamu beras kencur untuk kesuburan berkaitan dengan peningkatan stamina. Apabila kamu mempunyai masalah di ranjang dengan pasangan karena tidak mendapatkan hasil yang diinginkan, manfaat beras kencur untuk kesehatan merupakan alternatif yang patut dicoba. Untuk efek maksimal, kamu dapat meminumnya sebelum tidur.

Bagi pria, manfaat jamu beras kencur untuk kesuburan dengan mengonsumsinya secara rutin dapat digunakan sebagai penambah vitalitas dan stamina. Sebaiknya minuman beras kencur juga ditambah dengan madu agar mendapatkan hasil optimal.

Manfaat beras kencur untuk kesehatan ini juga berlaku bagi kamu yang bekerja dengan aktivitas menumpuk. Konsumsi jamu beras kencur dapat membantu menghilangkan lelah dan lesu. Konsumsi jamu beras kencur secara rutin dapat membuat badan menjadi lebih segar dan bugar.

Kencur mengandung berbagai nutrisi sehingga dapat membantu dalam meningkatkan energi dan kesadaran, serta dapat mengatasi kelelahan. Itulah beberapa manfaat jamu beras kencur untuk kesuburan yang bisa kamu dapatkan.

4 dari 6 halaman

Manfaat Beras Kencur untuk Kesehatan

Mengontrol Berat Badan

Manfaat beras kencur untuk kesehatan dapat menurunkan berat badan. Ada banyak produk herbal yang mengklaim bisa membuat Anda menurunkan berat badan dalam sekejap. 

Namun, tidak dianjurkan untuk mengonsumsi produk-produk semacam ini, karena cenderung memiliki efek samping. Untuk menurunkan berat badan, Anda perlu waktu dan melakukan lebih banyak latihan. 

Juga, mengkonsumsi minuman tradisional adalah salah satu cara paling aman untuk mendukung penurunan berat badan Anda. Manfaat beras kencur untuk kesehatan membantu menurunkan berat badan dengan cara yang paling alami dan sehat.

Kesuburan

Manfaat beras kencur untuk kesehatan bagi wanita bisa membantu menyuburkan rahim. Jamu ini sangat baik terutama untuk kamu yang pernah mengalami keguguran. Kamu bisa menggunakan jamu beras kencur dicampur dengan daun sirih dan bawang putih.

Ketiga bahan ini dihancurkan seperti biasa kemudian ditambahkan air dan peras airnya. Minum dengan madu saat pagi hari dan lebih baik saat sedang menstruasi. Ramuan ini bisa membantu kamu menyuburkan rahim. Tentunya manfaat jamu beras kencur untuk kesuburan satu ini sangat baik untuk diterapkan secara teratur.

Mengontrol Kolesterol

Manfaat beras kencur untuk kesehatan dapat mengontrol masalah kolesterol. Mengonsumsi beras kencur secara rutin dapat memperlancar aliran empedu sehingga membantu penyerapan makanan yang masuk dalam tubuh.

Aliran yang lancar tersebut membantu menyingkirkan kolesterol jahat. Selain itu, manfaat beras kencur untuk kesehatan memiliki sintase asam lemak dengan bantuan kandungan flavonoidnya, seperti kaempferol, quercetin, dan galanin sehingga kolesterol dapat keluar dari tubuh.

Menjaga Lambung

Salah satu manfaat beras kencur untuk kesehatan jika dikonsumsi sehari-hari, yaitu dapat membantu menebalkan dinding lambung, yang terdiri dari mukosa luar dan dalam, muscularis externa, dan serosa. 

Jadi, jamu beras kencur bermanfaat untuk pasien gastritis yang menderita kerusakan dinding lambung. Menurut berbagai sumber, obat gastritis dapat menyebabkan dinding perut manusia menjadi lebih rentan. 

5 dari 6 halaman

Manfaat Beras Kencur untuk Kesehatan

Mengatasi Stres

Dalam penelitian Departemen farmasi Universitas Jahangirnagar Bangladesh menyatakan manfaat beras kencur untuk kesehatan ini berasal dari sifat antidepresan. Sifat antidepresan yang ada dalam beras kencur mampu memberikan efek sudatif atau menenangkan sistem saraf pusat.

Mengonsumsi beras kencur sefektif memberikan efek sudatif pada sistem saraf pusat. Manfaat beras kencur untuk kesehatan dianjurkan untuk dikonsumsi bagi Anda yang sedang mengalami stres, cemas, gelisah, dan depresi.

Mencegah Karies Gigi

Manfaat beras kencur untuk kesehatan baik untuk mencegah masalah karies gigi. Beras kencur memiliki sifat antimikroba yang ada di dalamnya. Sifat antimikroba mampu membantu menghambat perkembangan bakteri Lactobacillus acidophilus di dalam tubuh. Jika masalah karies gigi dibiarkan, perkembangan bakteri di dalam area mulut akan merusak gigi. Penyakit ini akan menimbulkan lubang, infeksi, dan sakit gigi.

Mengatasi Flu

Manfaat beras kencur untuk kesehatan dapat mengatasi flu. Manfaat ini dirasakan karena adanya efek hangat yang dihasilkan kencur. Efek hangat dari kencur bisa menghilangkan rasa mual yang disebabkan oleh flu.

Batuk juga bisa disembuhkan dengan mengonsumsi beras kencur. Sensasi hangat dari kencur bisa menetralkan batuk dan rasa pegal. Sakit kepala karena flu juga bisa diringankan dengan mengonsumsi jamu beras kencur ini. Bahan utama kencur digunakan sebagai obat untuk sakit kepala traumatis pada mereka yang menderita migran.

6 dari 6 halaman

Manfaat Beras Kencur untuk Kesehatan

Mengatasi Kencing Batu

Jika kalian mempunyai penyakit kencing batu, mengonsumsi rutin manfaat beras kencur untuk kesehatan akan membantu menyembuhkan kencing batu. Hal ini lantaran beras kencur bisa menghancurkan endapan zat-zat di dalam saluran kemih atau disebut juga batu ginjal.

Kalian bisa meracik ramuan beras kencur dengan mengambil dua rimpang kencur. Setelah itu, parutlah kencur tersebut. Langkah selanjutnya yaitu haluskan beras. Lalu campur parutan kencur dan beras halus dengan segelas air hangat. Anda bisa tambahkan gula aren untuk kemudian di seduh.

Menyembuhkan Kram Perut

Manfaat beras kencur untuk kesehatan mampu mengurangi rasa sakit perut. Saat mengalami sakit perut yang tak tertahankan, mengonsumsi jamu beras kencur ini dapat menjadi solusi utamanya.

Selain itu, jamu beras kencur juga dapat digunakan untuk mengatasi diare. Hal ini karena kencur mengandung serat yang membantu masalah pencernaan. Jamu beras kencur juga dapat meredakan nyeri atau kram perut akibat maag.

Menyehatkan Kulit

Manfaat beras kencur tidak hanya dirasakan untuk mengatasi masalah kesehatan saja. Akan tetapi, beras kencur juga memiliki manfaat untuk kecantikan yang tidak kalah menariknya. Mengonsumsi beras kencur secara rutin, maka akan membantu mengatasi jerawat, mencerahkan dan mengencangkan kulit.

Selain dikonsumsi secara rutin sebagai jamu, ternyata beras kencur juga dapat dijadikan masker wajah untuk perawatan kulit. Jika kalian ingin mendapatkan hasil yang cepat, maka perawatan yang dilakukan dari luar dan dalam tubuh ini akan membantu mengatasi masalah kesehatan kulit kalian.

Menyembuhkan Batuk

Beras kencur satu di antara ramuan tradisional yang mampu mengatasi batuk berdahak. Ramuan ini bisa membuat pernapasan lebih lega dan membantu meredakan batuk berdahak lebih cepat.

Inilah mengapa Manfaat beras kencur untuk kesehatan bisa menyembuhkan batuk. Beras kencur dikenal juga sebagai minuman herbal yang dikonsumsi, khususnya para penyanyi, sebelum tampil untuk menjaga kondisi pita suara. Mengonsumsi beras kencur membuat tenggorokan terasa lebih lega.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini