Sukses

12 Cara Mengusir Cicak dari Rumah Secara Alami, Ampuh dan Efektif

Cara mengusir cicak bisa dilakukan secara alami.

Liputan6.com, Jakarta Cara mengusir cicak sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah. Walaupun bukan binatang yang begitu membahayakan, melihat cicak di rumah tentu membuat kamu kurang nyaman. Apalagi bila cicak telah mendekati makanan dan mencicipi makanan tersebut, kamu bisa sakit perut karenanya. 

Cara mengusir cicak perlu kamu kenali, karena kotoran, kulit dan air liur cicak mengandung bakteri yang dapat mengundang bahaya bagi tubuh. Kamu bisa melakukannya dengan menggunakan obat pembasmi cicak maupun dengan bahan alami.

Cara mengusir cicak bisa dilakukan secara alami. Berbagai bahan alami seperti cangkang telur, tembakau, hingga bawang putih dan bawang merah sudah cukup dikenal untuk mengusir cicak.

Kamu bisa menerapkan cara alami ini dalam mengusir cicak di rumah. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (8/6/2021) tentang cara mengusir cicak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Mengusir Cicak Secara Alami

Tembakau

Cara mengsusir cicak secara alami yang pertama adalah dengan menggunakan tembakau. Bau tembakau yang tajam dan menyengat sangat tidak disukai cicak. Masukan tembakau ke dalam plastik dan diikat, serta diberi beberapa lubang agar aromanya keluar. Letakkan tembakau tersebut di tempat-tempat strategis di mana biasanya cicak lewat.

Selain itu, campuran tembakau dan kopi juga bisa kamu gunakan untuk mengusir cicak. Letakkan di lemari atau tempat mana pun yang biasanya cicak lewati. Namun, campuran ini mematikan untuk cicak sehingga kamuperlu menyingkirkan tubuhnya yang sudah mati.

Cangkang Telur

Cicak tidak menyukai bau dari cangkang telur. Maka letakkan beberapa cangkang telur di sekitar pintu rumah atau jendela yang membuat cicak enggan masuk ke dalam rumah.

Cara mengusir cicak dengan cangkang telur ini juga bisa dilakukan dengan menumbuk cangkang telur menjadi serpihan-serpihan kecil. Kemudian masukkan serpihan tadi ke dalam kantong plastik yang dilubangi atau dengan kain perca. Terakhir, gantung di dekat jendela atau ventilasi tempat cicak sering masuk.

Bawang Putih

Cara mengusir cicak selanjutnya bisa dilakukan dengan menggunakan bawang putih. Bau bawang putih pun mampu mengusir cicak. Oleh karena itu, kamu bisa menggantung beberapa siung bawang putih di beberapa titik di rumah untuk membuat cicak keluar dari sana.

Bawang Merah

Selain bawang putih, kamu juga bisa menggunakan bawang merah sebagai cara mengusir cicak yang ampuh. Bahan alami ini juga tidak disukai cicak. Kamu bisa menghancurkannya dan menyemprotkannya di tempat-tempat di rumah yang biasanya dilewati oleh cicak.

3 dari 4 halaman

Cara Mengusir Cicak dari Rumah

Memelihara Kucing

Cara mengusir cicak selanjutnya yaitu dengan memelihara kucing. Hal ini sangat sederhana, karena kamu tidak perlu capek melakukannya sendiri lagi. Seperti yang diketahui, kucing senang dengan sesuatu yang bergerak, termasuk hewan kecil seperti cicak dan kecoa. Dengan cicak merupakan salah satu mangsa yang disukai oleh kucing, maka dengan begitu populasi cicak di rumah akan sedikit berkurang.

Tutup Jalan Masuk Buat Cicak

Kadang banyak juga cicak yang masuk dari luar rumah, padahal di dalam rumah saja sudah ada banyak cicak. Supaya tidak menambah jumlah cicak yang ada di dalam rumah, maka kamu harus menutup jalan masuk cicak.

Caranya bisa dilakukan dengan memasang kawat nyamuk di ventilasi rumah. Untuk celah-celah kecil di antara pintu, kamu dapat memasangi double tape khusus untuk menjebak binatang kecil. Nantinya cicak yang terperangkap bisa kamu buang tanpa perlu membunuhnya.

Mengusir Nyamuk dan Serangga

Semua orang juga tahu bahwa cicak merupakan binatang yang memakan nyamuk dan serangga. Biasanya cicak akan berada dekat lampu di malam hari, hal tersebut karena di situ banyak serangga yang beterbangan. Bila kamu bisa mengusir nyamuk dan serangga dari dalam rumah, maka otomatis cicak juga akan ikut pergi karena tidak bisa mendapatkan makanannya lagi.

Menutup Makanan

Cara mengusir cicak selanjutnya adalah dengan menutup makanan. Cicak juga sangat menyukai makanan yang kamu makan. Oleh karena itu, kamu harus sangat berhati-hati dalam menyimpan makanan. Bila makanan terletak di meja makan, tutuplah makanan tersebut dengan tudung saji agar tidak terkontaminasi air liur cicak.

Menaruh makanan di dalam kulkas juga merupakan solusi yang sangat baik. Selain makanan yang masih utuh, sisa makanan atau remah-remah makanan juga dapat memicu cicak untuk bersarang di rumah. Maka dari itu bersihkanlah meja makan, lantai, hingga dapur dari sisa-sisa makanan yang berceceran.

4 dari 4 halaman

Cara Mengusir Cicak yang Ampuh

Bersihkan Kolong Meja

Tidak hanya di langit-langit, kolong meja maupun celah kecil di dalam rumah yang turut menjadi tempat favorit cicak untuk bersembunyi. Tempat sempit dan tidak terjangkau biasanya kotor dan banyak nyamuk, oleh karena itu cicak senang di tempat seperti itu.

Cara mengusir cicak dari rumah adalah dengan membersihkan kolong meja dan celah sempit lainnya dari sarang laba-laba dan nyamuk yang bersembunyi di dalamnya. Dengan begitu cicak akan pergi dari rumah.

Memasang AC

Memasang AC adalah cara mengusir cicak yang selanjutnya. Cicak sangat tidak suka dengan udara dingin karena meraka adalah binatang yang berdarah panas. Tentunya memasang AC ini bukanlah solusi buat semua orang, karena harganya yang cukup mahal. Tidak hanya itu, tentu saja pemasangan AC harus disesuaikan juga dengan desain rumah.

Memasang Bulu Burung Merak

Cara mengusir cicak satu ini memang termasuk salah satu cara yang agak jarang dilakukan. Hal ini tentu saja karena menemukan bulu burung merak yang sangat sulit. Namun, sebenarnya cara ini cukup ampuh dalam cara mengusir cicak.

Pasanglah bulu burung merak tersebut di tempat yang banyak cicaknya. Corak bulu burung merak yang menyerupai mata akan menakut-nakuti cicak karena ia menganggapnya seperti burung yaitu predator yang siap memangsanya. Hal ini seperti prinsip yang dilakukan di sawah dengan memasang orang-orangan sawah untuk menakuti burung.

Tangkap, Lalu Buang

Jika cara mengusir cicak yang telah dijabarkan di atas belum ampuh, maka kamu harus melakukannya secara manual, yaitu dengan menangkap dan membuangnya. Cicak merupakan binatang malam dan keluar pada malam hari, maka sebaiknya kamu melakukan penangkapan saat malam tiba. Dalam melakukannya jangan bersuara, karena cicak bisa mengetahui rencana kamu bila mengeluarkan suara.

Bila cicak sulit dijangkau di langit-langit rumah, gunakanlah karet gelang untuk menembak dan menjatuhkannya. Selain itu, kamu juga dapat menjebak cicak di gelas kaca yang telah diisi air, cicak biasanya akan sangat sulit untuk merayap di permukaan kaca.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.