Sukses

Cara Menulis Kutipan Tidak Langsung dan Langsung, Simak Contohnya

Pahami perbedaan cara menulis kutipan tidak langsung dan langsung, jangan asal menuliskannya kembali.

Liputan6.com, Jakarta Memahami cara menulis kutipan adalah modal awal untuk membuat karya ilmiah baik jurnal, skripsi, thesis, sampai artikel. Ada dua macam cara menulis kutipan, yakni kutipan tidak langsung dan langsung. Cara menulis kutipan ini boleh dipraktikkan dari sumber buku, jurnal, artikel berita, dan masih banyak lagi lainnya.

Cara menulis kutipan tidak langsung terbilang lebih sulit dari cara menulis kutipan langsung. Ciri khas yang dimiliki cara menulis kutipan tidak langsung adalah kalimat yang ditulis oleh penulis tidak sama persis dengan sumbernya. Maksudnya penulis yang mengutip harus menyampaikan ulang sesuai bahasanya sendiri dengan ide pokok gagasan sumbernya saja.

Berbeda dengan cara menulis kutipan langsung yang membutuhkan waktu lebih singkat. Ciri khas cara menulis kutipan langsung adalah apa adanya kalimat sumber dituliskan secara utuh tanpa ada perubahan sama sekali. Agar bisa lebih memahami cara menulis kutipan tidak langsung dan langsung, simak contohnya juga ya.

Berikut Liputan6.com ulas cara menulis kutipan tidak langsung dan langsung yang lengkap contohnya dari berbagai sumber, Rabu (9/6/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Cara Menulis Kutipan Tidak Langsung

Cara menulis kutipan tidak langsung adalah kegiatan mengutip dengan tidak sama persis seperti dalam tulisan aslinya. Cara menulis kutipan tidak langsung adalah mengambil pokok pikiran saja dari sumber aslinya. Ketika ingin menyelesaikan cara menulis kutipan tidak langsung, biasanya penulis harus menuliskan kembali pokok pikiran tersebut dengan bahasanya sendiri.

Cara menulis kutipan tidak langsung diintegrasikan dengan teks, jarak antar baris kutipan ialah spasi ganda, kutipan tidak diapit dengan tanda kutip/petik dua ("..."), kemudian ditulis sumber kutipan. Dalam proses menulis kutipan tidak langsung, penulis dituntut untuk memiliki pemahaman sebelum menuliskannya kembali. Bisa dikatakan cara menulis kutipan tidak langsung adalah cara penulis menyampaikan kembali ide gagasan dengan gaya bahasanya sendiri.

Bila dicontohkan dengan sederhana, cara menulis kutipan tidak langsung hanya menambahkan sedikit kata atau kalimat untuk mengubahnya seolah disampaikan oleh penulis sendiri. Dimisalkan “Michelle Doe (2016: 27) berpendapat bahwa kecerdasan buatan merupakan suatu sistem yang di dalamnya terdapat entitas ilmiah yang berfungsi untuk memproses data eksternal secara cepat dan akurat.”

Ciri paling khas dari cara menulis kutipan tidak langsung, teks yang ditulis tidak akan sama persis seperti sumber aslinya. Lalu penulis akan tetap mencantumkan sumber referensi pada setiap kutipan yang dituliskannya. Agar bisa lebih memahami cara menulis kutipan tidak langsung, simak baik-baik contohnya.

3 dari 7 halaman

Contoh Cara Menulis Kutipan Tidak Langsung

Contoh Cara Menulis Kutipan Tidak Langsung Pertama

Seorang mahasiswa hendaknya harus dapat menentukan metode penelitian yang akan dia gunakan saat hendak membuat skripsi, tesis, maupun disertasi. Adapun salah satu metode yang mesti mereka tentukan adalah kualitatif atau kuantitatif. Jika mahasiswa lebih menyenangi statistik, maka metode kuantitatif bisa dipilih dan digunakan untuk bahan penelitiannya. Sebaliknya, jika mahasiswa lebih senang menganalisa suatu peristiwa, maka metode kualitatif bisa dipilih dan digunakan dalam penelitian yang akan dilakukan.

Sumber: Hamid Patilima, Metode Penelitian Kualitatif, (Bandung: ALFABETA, 2013), hlm 4.

Contoh Cara Menulis Kutipan Tidak Langsung Kedua

Keraf (1983) berpendapat bahwa argumentasi merupakan pendapat yang disampaikan secara lisan ataupun tertulis untuk meyakinkan pendapat yang diutarakan dan dapat mempengaruhi keyakinan orang lain.

Contoh Cara Menulis Kutipan Tidak Langsung Ketiga

Menurut hasil penelitian beberapa pakar terhadap CEO (Chiep Executive Officer) yang telah berhasil di berbagai Negara, sumbangan IQ dalam keberhasilan hidup dan pengembangan karier seseorang hanya mencapai 20% sedangkan 80% justru dipengaruhi kecerdasan emosional (Emotional Quotience) seperti dikutip dari jurnal Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya.

Contoh Cara Menulis Kutipan Tidak Langsung Keempat

Dalam buku "Dasar-Dasar Organisasi Manajemen" yang terbit tahun 1993, Sarwoto menjelaskan supervisor adalah seseorang di dalam suatu organisasi yang bertanggung jawab terhadap kelompok kerjanya. 

4 dari 7 halaman

Cara Menulis Kutipan Langsung

Hal yang harus diperhatikan dari cara menulis kutipan langsung adalah gaya penulisan yang sama persis dengan sumber asli. Cara menulis kutipan langsung ini berkaitan dengan ejaan dan tata bahasa yang memiliki pernyataan atau tokoh yang memberikan penjelasan. Cara menulis kutipan langsung ada dua jenis.

Ada jenis kutipan langsung kurang dari 4 baris dan kutipan langsung lebih dari 4 baris. Untuk cara menulis kutipan langsung yang kurang dari 4 baris, rujukannya ditulis di antara tanda kurung. Cara menulis kutipan langsung ini di awali dengan nama akhir seperti yang dalam daftar pustaka, tanda koma, tahun terbitan, titik dua spasi, dan diakhiri dengan nomor halaman.

Untuk cara menulis kutipan langsung yang lebih dari 4 baris, penulisannya dipisahkan dengan jarak 3 spasi dari teks, jarak antar baris kutipan adalah 1 spasi, kutipan boleh diapit dengan tanda kutip atau petik dua ("..."), kemudian diberi keterangan sumber. Pahami baik-baik karena cara menulis kutipan langsung kurang dan lebih dari 4 baris memiliki perbedaan cukup kentara.

5 dari 7 halaman

Contoh Cara Menulis Kutipan Langsung

Contoh Cara Menulis Kutipan Langsung Pertama

Kutipan merupakan bagian dari pernyataan, pendapat, buah pikiran, definisi, rumusan atau penelitian dari penulis lain, atau penulis sendiri yang telah (menurut penulis kata telah harus dihilangkan) terdokumentasi, serta dikutip untuk dibahas dan ditelaah berkaitan dengan materi penulisan (Azahari, 2005: 38).

Contoh Cara Menulis Kutipan Langsung Kedua

Kompetensi adalah kemampuan teknikal yang membedakan perusahaan dengan pesaing. Sementara bagi individu, kompetensi adalah kombinasi pengetahuan, keahlian, dan kebisaan yang mempengaruhi kinerja kerjanya. Ia mengaku, definisi kompetensi adalah bisa sangat beragam dan berbeda dari satu orang ke orang lainnya. (Steven Moulton, SPHR)

Contoh Cara Menulis Kutipan Langsung Ketiga

"Hormon leptin yaitu hormon yang mengontrol nafsu makan akan berkurang sehingga membuat nafsu makan meningkat." (Haryono, 2003:78)

Contoh Cara Menulis Kutipan Langsung Keempat

Ruky (2003: 104) mengutip pendapat Spencer & Spencer. Kompetensi adalah “an underlying characteristic of an individual that is casually related to criterion – referenced effective and/or superior performance in a job or situation” (Kompetensi adalah karakteristik dasar seseorang yang mempengaruhi cara berpikir dan bertindak, membuat generalisasi terhadap segala situasi yang dihadapi, serta bertahan cukup lama dalam diri manusia).

6 dari 7 halaman

Gaya Cara Menulis Kutipan Tidak Langsung dan Langsung

- Gaya MLA

Moderen Language Association (MLA) merupakan gaya mengutip yang dirancang sederhana untuk mempermudah penulis dalam mengutip jurnal. Biasanya dalam penulisan gaya ini nama penulis ditulis lengkap dengan nama belakang ditulis di bagian depan. Adapun ciri-ciri lainnya dalam menulis kutipan dengan gaya MLA ialah sebagai berikut:

1. Meletakkan tahun terbit di akhir

2. Kutipan pada halaman cukup menuliskan kata akhir dan nomor halaman kutipan

3. Jika mengutip sumber online harus menampilkan tanggal, bulan, dan tahun diakses

- Gaya APA

American Psyhological Association (APA) merupakan salah satu bentuk kutipan yang dikeluarkan oleh organisasi APA khususnya untuk bidang psikologi dan sosial. Adapun beberapa ciri kutipan dengan gaya APA ialah sebagai berikut:

1. Daftar Pustaka diurutkan alfabetis berdasarkan nama belakang penulis atau judul jika tidak ada penulis

2. Nama depan penulis ditulis sebagai inisial

3. Jika ada penulis yang sama dalam daftar pustaka ditulis berurutan dari tahun paling lama

4. Bisa ditambahkan huruf a, b, c setelah tahun

- Gaya Chicago

Berbeda dengan gaya APA dan MLA, gaya chicago memiliki ciri khas yaitu penempatan nomor pada bagian akhir kutipan dan catatan kaki pada bagian bawah halaman yang memuat kutipan. Di mana setiap akhir bab akan ditempatkan seluruh daftar referensi dalam bab.

7 dari 7 halaman

Cara Menulis Kutipan Lainnya

Cara Menulis Kutipan dengan Dua Sumber Berbeda

Kaidah cara menulis kutipan dengan dua sumber berbeda bisa diterapkan juga. Akan ada saatnya dalam sebuah karya tulis memuat sebuah pembahasan yang berasal dari dua sumber, khususnya untuk yang berbeda.

Bukan data kutipan dari sumber yang berdiri sendiri-sendiri. Biasanya cara menulis kutipan dengan dua sumber berbeda akan saling melengkapi satu sama lain. Data primer yang dikutip bisa jadi sama.

Maka cara menulis kutipan dengan dua sumber berbeda bisa di mulai memperharikan penulisnya. Tuliskan dua nama penulis yang dipisahkan dengan tanda ampersand (&).

Cara Menulis Kutipan Tanpa Nama Penulis

Bila ingin cara menulis kutipan tanpa nama, perhatikan kaidahnya. Meski bisa dikutip tanpa nama, jangan asal-asalan mengutip, ya. Cara menulis kutipan tanpa nama biasanya murni berisi kutipan kalimat secara utuh.

Selain itu, cara menulis kutipan tanpa nama penulisnya, bisa menambahkan keterangan di dalam tanda kurung. Dalam tanda kurung cara menulis kutipan ini diberi penjelasan judul dan tahun publikasinya.

Cara Menulis Kutipan dengan Nama Penulis

Cara menulis kutipan yang diperuntukkan untuk pembahasan dengan nama penulis sedikit berbeda. Untuk cara menulis kutipan untuk pembahasan dengan memasukkan nama penulisnya, biasa diikuti tahun juga.

Kutipan yang diambil lebih direkomendasikan untuk diubah sedikit, meski begitu harus mempertahankan maknanya. Cara menulis kutipan dengan nama penulis ini bisa di mulai dengan kalimat kutipan yang diikuti dengan tanda kurung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini