Sukses

Artikel Adalah Karya Tulis Lengkap, Simak Cara Membuatnya

Artikel merupakan karangan yang bersifat non-fiksi dan bebas.

Liputan6.com, Jakarta Artikel adalah karya tulis yang ditulis secara lengkap. Artikel adalah dibuat berdasarkan data, fakta, dan selalu aktual. Artikel merupakan karangan yang bersifat non-fiksi dan bebas.

Selain berisi pemaparan masalah, dalam artikel adalah biasanya memuat solusi. Ensikologipedia Pers Indonesia mengartikan artikel adalah suatu karangan prosa di dalam media massa dengan pembahasan pokok masalah yang dibahas secara lugas.

Bila sudah paham arti artikel sesungguhnya, pahami cara membuat artikel yang benar. Artikel adalah karya tulis yang ditulis dengan singkat, padat, jelas, lugas, dan tuntas.

Berikut Liputan6.com ulas penjelasan tentang artikel lebih jauh dari berbagai sumber, Rabu (9/6/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengertian Artikel Menurut Para Ahli

1. Sumandiria

Artikel adalah suatu karya tulis lepas berisikan sebuah opini seseorang yang sudah mengetahui secara jauh tentang masalah atau objek yang bersifat aktual, dengan tujuan untuk memberitahukan, menghibur, memengaruhi, dan meyakinkan pembaca.

2. Al-Aqli

Artikel adalah suatu tulisan yang telah ditulis oleh masing-masing disiplin ilmu. Setiap artikel akan membahas suatu masalah hingga selesai dengan cara tuntas, lugas serta jelas sehingga para pembaca bisa mengambil intisari dari suatu karangan yang telah ditulis oleh sang penulis.

3. Ensikologipedia Pers Indonesia

Artikel adalah suatu karangan prosa di dalam media massa dengan pembahasan pokok masalah yang dibahas secara lugas.

4. Rillan E. Wolseley

Artikel adalah suatu karangan tertulis dengan panjang yang tidak ditentukan dengan tujuan untuk menyampaikan gagasan serta fakta dengan maksud mendidik, menghibur, dan meyakinkan.

5. Andi Baso Mappatato

Artikel adalah karya tulis yang lengkap, tulisan nonfiksi, serta karangan tertulis yang memiliki panjang tidak menentu.

6. Cambridge Dictionary

Artikel adalah setiap tulisan yang membahas subjek tertentu dan dipublish di berbagai media, seperti; koran, majalah, atau di internet.

7. Webster’s New World Dictionary

Artikel adalah segala tulisan nonfiksi, biasanya singkat dan lengkap seperti berita karangan khas dalam surat kabar, majalah.

8. Ensiklopedia Pers Indonesia

Artikel adalah serangkaian karangan prosa dalam media massa yang membahas pokok masalah secara lugas.

9. The America Heritage Desk Dictionary

Artikel adalah semua bagian tulisan non-fiksi yang berbentuk bebas, bagian dari penerbitan seperti laporan esai.

10. Longman Pitman Office Dictionary

Artikel adalah salah satu tulisan prosa nonfiksi, berbentuk biasa, dan bagian bebas dari sebuah majalah, koran, dan lain sebagainya.

3 dari 5 halaman

Mengenal Artikel Lebih Jauh

Pengertian artikel adalah karya tulis atau karangan yang membahas topik tertentu. Artikel adalah bersifat non-fiksi dan bebas. Artikel adalah karya tulis yang fungsinya untuk menyampaikan opini, fakta, berita, dan informasi tertentu.

Tujuan pembuatan artikel adalah mendidik, memengaruhi, menginformasikan, meyakinkan, sampai mengibur pembacanya. Berikut ini tujuan artikel dan penjelasannya:

1. Tujuan Kreatif

Artikel yang dibuat digunakan untuk menyalurkan sebuah ide dan gagasan.

2. Tujuan Eksistensi

Artikel yang ditulis dijadikan sebagai wadah penegasan diri atau guna menyatakan eksistensi diri penulis itu sendiri terhadap para pembaca.

3. Tujuan Pemecahan masalah

Artikel yang dibuat mempunyai tujuan sebagai alat bantu bagi para pembaca untuk memecahkan suatu permasalahan yang sedang dihadapi.

4. Tujuan Penugasan

Contohnya seorang siswa sekolah/mahasiswa perguruan tinggi yang diberi tujuan untuk menulis suatu artikel.

5. Tujuan Entertainment

Artikel yang dibuat berisikan cerita yang menghibur untuk para pembaca.

6. Tujuan Informasi

Artikel yang dibuat semata-mata hanya untuk memberikan informasi terhadap para pembaca tentang suatu hal.

7. Tujuan Persuasi (membujuk)

Artikel satu ini bertujuan untuk mengulas sesuatu yang di dalamnya mengandung kalimat bujukan untuk pembaca agar mau melakukan suatu hal atau membeli suatu barang.

Cambridge Dictionary menjelaskan bahwa artikel adalah setiap tulisan yang membahas subjek tertentu dan dipublish di berbagai media, seperti; koran, majalah, atau di internet. Sementara menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia mengartikan artikel adalah karya tulis yang ditulis secara lengkap.

Artikel adalah karya tulis singkat yang memiliki ciri-ciri khusus. Selain singkat, artikel adalah ditulis dengan isian yang padat, jelas, dan tuntas. Artikel adalah ditulis dari kumpulan fakta dan selalu aktual.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Artikel

1. Menentukan Tema

Cara membuat artikel adalah harus dimulai dengan menentukan tema. Pastikan sudah menentukan tema yang sesuai keinginan. Selain itu, usahakan untuk mencari tema yang mudah dipahami oleh kalangan masyarakat luas.

Agar mudah menentukan tema, lakukan observasi atau penelitian terlebih dahulu. Hal ini menjadi salah satu cara efektif supaya artikel yang ingin ditulis memiliki dasar atau landasan kuat, sekaligus dapat menarik minat banyak orang.

Memilih tema sesuai keinginan akan memudahkan cara membuat artikel. Terutama bagi pemula yang jarang membuat artikel dan jarang menulis. Tema yang diinginkan akan menjadikan penulis lebih bersemangat menggali ide lebih menarik.

Perlu diketahui juga bahwa tema yang sudah dikuasai, membuat penulis lebih percaya diri menuliskannya kembali. Entah itu tema yang berdasar secara literatur atau berdasar pada hasil observasi lapangan.

Namun untuk bisa mengembangkan kemampuan menulis artikel, pilihlah tema yang belum pernah diketahui sebelumnya atau tidak disuka. Lakukan pemilihan dengan maksud membuat kemampuan menulis lebih berkembang.

2. Menentukan Angle

Setelah menemukan tema dan mencetuskan ide, cara membuat artikel selanjutnya menentukan angel. Pilihlah satu aspek dari ide yang paling menarik dan paling penting untuk dibahas. Angle adalah membidik suatu persoalan hanya dari satu sudut pandang.

Memilih angel adalah kunci cara membuat artikel yang memudahkan penentuan judul. Buat judul sesuai dengan topik yang diinginkan. Meski judul bisa dibuat di akhir penulisan, sebenarnya pembuatan judul di awal dapat mengarahkan penulis untuk tidak melenceng dari artikelnya.

Syarat angle harus jelas, jernih, dan tajam. Rumus yang bisa digunakan angle adalah unsur 5W (What, When, Who, Where, Why) + 1H (How).

Jika perlu, pahami juga kompleksitas persoalan, dan menguraikannya secara sistematis supaya bisa merumuskan angle dengan tepat. Hal ini mungkin membutuhkan data yang kuat dan lengkap.

3. Mengumpulkan Bahan

Cara membuat artikel selanjutnya mengumpulkan bahan yang dibutuhkan. Penulis biasa menggunakan tiga hal untuk mengumpulkan bahan, yakni riset, observasi, dan wawancara. Bisa memilih salah satu dan memadukan ketiganya.

Apabila bahan sudah dirasa cukup dan matang, cara membuat artikel bisa dilanjutkan dengan menyusun kerangka tulisan. Langkah ini perlu dilakukan agar tulisan bisa tersusun secara sistematis. Kerangka tulisan dibuat sebagai perencanaan garis besar dan poin penting yang ingin diinformasikan.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membuat kerangka tulisan ialah analisis masalah, teori, dan hasil penelitian. Selain itu, untuk menempatkan isi dari artikel tersebut ke dalam beberapa sub judul.

Menggunakan teknik sub judul akan memudahkan penulis menjabarkan suatu informasi ketika mempraktikkan cara membuat artikel. Begitu juga memudahkan pembaca untuk memahami informasi yang disampaikan dan hendak dimengerti.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Artikel

4. Perhatikan Isi

Saat pembuatan kerangka tulisan sudah diselesaikan, cara membuat artikel selanjutnya fokus pada isi. Usahakan untuk menulis isi secara sistematis. Semakin sistematis tulisan yang dibuat, maka artikel tersebut akan menarik dan mudah dipahami oleh pembaca. Hindari penggunaan kata yang bersifat ambigu atau susah dimengerti oleh pembaca umum.

Ketika menulis bagian isi, lengkapi dengan analisis masalah, teori, fakta, dan hasil penelitian yang telah dilakukan. Artikel ilmiah bersifat objektif dan harus didasari dengan pemikiran ilmiah pula. Maka dari itu penulis harus menuliskannya secara logis dan empiris.

5. Menulis

Cara membuat artikel yang terakhir adalah mulailah menulis. Mulai buat saat semua bahan sudah terkumpul, berdasarkan ide, dan angle yang tajam.

Tuliskan dengan bantuan kerangka yang telah dibuat agar tulisan tidak berantakan. Perhatikan betul bagian isinya agar mudah dimengerti oleh pembaca dan tidak melelahkan saat dikerjakan.

Kupas dengan pernyataan yang dapat menguatkan penemuan serta sampaikan dengan bahasa yang lugas dan mudah dimengerti. Hemat kata seefektif mungkin agar pembaca tidak pusing saat membacanya.

6. Perbaikan

Apabila sudah selesai menulis, jangan langsung dipublikasikan. , Cara membuat artikel setelah menulis adalah editing. Tujuannya untuk memperkuat isi artikel dengan gaya bahasa tertentu, namun artikel tetap menarik.

Syarat editing adalah sebuah artikel harus memenuhi persyaratan media, artikel enak dibaca, dan serasa perlu dibaca. Setelah itu, cek aspek kebahasaannya dan kesalahan penulisan (typo).

Salah satu aspek terpenting dalam membuat artikel ialah menutup artikel dengan paragraf yang kuat dan meyakinkan. Misalnya bisa menuliskan rangkuman singkat dari keseluruhan isi artikel tersebut serta meminta saran kepada pembaca jika menemukan kekurangan pada artikel ilmiah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini