Sukses

Ini 5 Penyebab Rambut Bisa Rontok

Liputan6.com, Jakarta Rambut menjadi elemen untuk meningkatkan penampilan seseorang. Agar tampil menawan, rambut perlu dirawat dengan baik. Salah satu permasalahan rambut yang kerap dialami oleh seseorang adalah kerontokan. Hal itu disebabkan banyak hal. Dilansir dari merdeka, berikut penyebab rambut bisa rontok.

Kulit kepala

Penyebab pertama rambut rontok adalah masalah kulit kepala yang mengalami peradangan. Hal itu menyulitkan rambut untuk tumbuh. Hasilnya, rambut bisa rontok.

Faktor keturunan

Penyebab lain dari kerontokan rambut adalah karena faktor keturunan. Penyebab paling umum ini bisa diturunkan melalui gen orangtua maupun keluarga lainnya. Akan lebih berisiko jika kedua orangtua mengalami masalah kerontokan rambut yang sama.

Kelebihan vitamin A

Merujuk pada American Academy of Dermatology, terlalu banyak mengonsumsi suplemen vitamin A atau obat-obatan tertentu ternyata dapat memicu kerontokan rambut.

Lebih baiknya, sebelum mengonsumsi suplemen vitamin dan mineral, sebaiknya selalu perhatikan kandungannya. Jangan memilih suplemen yang mengandung vitamin A 5000 IU atau 1500 mikrogram, karena suplemen itu melebihi kecukupan vitamin A harian yang dapat menyebabkan kerontokan pada rambut anda.

Kurangnya protein

Salah satu masalah yang menyebabkan rambut rontok dikarenakan kebiasaan diet rendah protein. Padahal protein adalah zat pembangun utama tubuh, termasuk sel rambut.

Salah memilih sampo

Memilih sampo yang kurang tepat menjadi salah satu penyebab rambut rontok. Maka dari itu pilihlah sampo yang memiliki formula yang tepat. Dengan nutrisi yang tepat, kulit kepala akan sehat dan membantu memperkuat rambut dan mencegah kerontokan.

 

(*)