Sukses

14 Manfaat Buah Pisang bagi Kesehatan Tubuh, Cegah Kanker Usus Besar dan Cocok untuk Diet

Liputan6.com, Jakarta Manfaat buah pisang yang beragampun bisa dengan mudah Anda dapatkan dengan mengonsumsinya secara rutin. Buah pisang adalah buah bernama latin Musa acuminata,  buah ini sering dikenal sebagai buah yang ‘merakyat’ karena begitu akrab dan populer bagi masyarakat di Indonesia maupun dunia.

Begitu banyak kebaikan yang terkandung di dalam sebuah pisang, nutrisi yang terkandung di dalam pisang antara lain karbohidrat, protein, mangan, vitamin A, vitamin B, vitamin C, serat, potasium (kalium), dan magnesium. Dengan berbagai kandungan nutrisi yang dimilikinya, maka banyak pula manfaat buah pisang yang bisa diperoleh tubuh. Kandungan nutrisi tersebut juga terdapat di berbagai jenis pisang, seperti pisang kepok.

Bukan hanya orang biasa, para atlet juga sering mengonsumsi buah pisang ini. Sebab Pisang berperan besar sebagai pendorong energi dan meningkatkan daya tahan para atlet. Tak hanya itu, dengan banyaknya kandungan nutrisi dalam buah pisang, buah ini dapat mencegah kanker Usus Besar yang disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat.

Masih ada banyak manfaat buah pisang yang perlu Anda ketahui, berikut penjelasannya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (10/6/2021).

2 dari 9 halaman

Menurunkan Tekanan Darah dan Risiko Stroke

1. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat buah pisang yang pertama adalah menurunkan tekanan darah. Kalium yang terkandung dalam buah pisang dapat membantu mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit sehingga tekanan darah tetap stabil. Sedangkan serat bahan pangan pada pisang mampu mengikat lemak dan pada akhirnya mencegah pembentukan plak. Plak bisa menyempitkan bahkan menyumbat pembuluh darah serta menyebabkan tekanan darah meningkat. 

2. Menurunkan Risiko Stroke

Manfaat buah pisang yang selanjutnya adalah menurunkan risiko stroke. kalium yang terkandung dalam buah ini juga dapat membantu menurunkan risiko stroke. Terutama untuk wanita usia lanjut yang telah melewati masa menopause. wanita pasca menopause yang rutin makan makanan tinggi kalium punya risiko lebih rendah untuk terkena stroke dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi makanan berkalium sama sekali.

3 dari 9 halaman

Baik Bagi Pencernaan dan Jantung

3. Baik Bagi Pencernaan

Manfaat buah pisang yang selanjutnya adalah baik bagi pencernaan. Pisang merupakan pilihan tepat untuk menenangkan masalah perut Anda. Tekstur lembutnya membuat buah ini dapat dengan mudah melewati saluran pencernaan. Kandungan kaliumnya juga membantu menggantikan elektrolit yang hilang dari tubuh Anda. Tak hanya itu, kandungan serat dalam buah ini juga membantu menambah kepadatan feses dan meredakan diare.

4. Baik bagi Kesehatan Jantung

Manfaat buah pisang yang selanjutnya adalah baik bagi kesehatan jantung. Pisang adalah sumber makanan yang baik, karena mengandung kalium dan magnesium yang penting untuk kesehatan jantung. 

4 dari 9 halaman

Meningkatkan Kekebalan Tubuh dan Melancarkan Aliran Oksigen ke Otak

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat buah pisang yang selanjutnya adalah meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan Vitamin A, C, dan B6 yang terdapat pada buah pisang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Sehingga tubuh akan terasa segar dan tidak cepat lemas.

6. Melancarkan Aliran Oksigen ke Otak

Manfaat buah pisang yang selanjutnya adalah melancarkan aliran oksigen ke otak. Pisang kaya akan potasium, mineral yang penting bagi penjagaan fungsi jantung dan sirkulasi darah. Oleh sebab itu sirkulasi oksigen ke otak bisa terjamin dan stroke akibat tekanan darah tinggi bisa dicegah.

5 dari 9 halaman

Mengatasi Anemia dan Menurunkan Berat Badan

7. Mengatasi Anemia

Manfaat buah pisang yang selanjutnya adalah mengatasi anemia. Salah satu hal penting lain yang dikandung pisang adalah zat besi. Sehingga buah ini baik bagi orang yang kekurangan darah merah. Tepatnya untuk mendukung pembentukan hemoglobin, atau protein yang mengandung zat besi.

8. Menurunkan Berat Badan

Manfaat buah pisang yang selanjutnya adalah menurunkan berat badan. Untuk orang yang melaksanakan diet, karbohidrat kompleks yang terkadung dalam pisang tidak menaikkan kadar glukosa secara drastis. Di samping itu pisang juga rendah lemak sehingga aman untuk peserta program penurunan berat badan. Anda mengonsumsi minimal satu dan maksimal empat pisang untuk sarapan. Hal itu, dapat mendorong metabolisme, sehingga orang tidak perlu berolahraga.

6 dari 9 halaman

Membantu Menyehatkan Tulang dan Menjadi Mood Food

9. Menyehatkan Tulang

Manfaat buah pisang yang selanjutnya adalah menyehatkan tulang. Mengkonsumsi buah pisang secara rutin dapat membantu menyehatkan tulang. Pisang adalah salah satu buah yang mengandung mangan cukup tinggi.

10. Pisang sebagai "Mood Food"

Manfaat buah pisang yang selanjutnya adalah pisang sebagai mood food. jika bahan makanan itu termasuk "mood food," yaitu bahan pangan yang mendorong pembentukan hormon serotonin di dalam otak. Hormon ini menyebabkan timbulnya perasaan senang.

7 dari 9 halaman

Membantu Merawat Kulit dan Menurunkan Risiko Kanker Usus Besar

11. Untuk Merawat Kulit

Manfaat buah pisang yang selanjutnya adalah untuk merawat kulit. Pisang yang dicampur madu berkhasiat atasi kulit yang terlalu kering. Ini juga baik untuk rawat kulit orang yang lanjut usia, yang cenderung semakin kering. Selain itu, pisang baik untuk mengatasi jerawat. Caranya adalah hancurkan daging buah pisang matang, kemudian oleskan pada kulit wajah yang berjerawat. Diamkan selama 15-30 menit, lalu bersihkan. Lakukan secara rutin hingga jerawat hilang.

12. Menurunkan Risiko Kanker Usus Besar

Manfaat buah pisang yang selanjutnya adalah menurunkan risiko kanker usus besar. Pola makan yang tinggi terhadap sayur dan buah, termasuk pisang, dapat mengurangi risiko kanker usus besar. Hal ini berkaitan dengan kandungan serat dan antioksidan pada pisang.

8 dari 9 halaman

Sumber Energi Dan Meredakan Nyeri Ulu Hati

13. Sumber energi

Manfaat buah pisang selanjutnya yakni sebagai sumber energi tubuh. Pisang mengandung tiga gula alami sukrosa, fruktosa dan glukosa. Jenis gula alami ini memberi tubuh sumber energi yang bebas lemak dan kolesterol. Oleh karena itu, pisang sangat ideal, terutama untuk anak-anak dan atlet. Yang bagi dikonsumsi ketika sarapan, sebagai camilan siang hari, atau sebelum dan sesudah olahraga.

14. Meredakan Nyeri Ulu Hati Dan Mencegah Tukak Lambung

Manfaat buah pisang selanjutnya yakni sebagai meredakan nyeri ulu hati dan mencegah tukak lambung. Orang yang punya maag bisa mendapatkan manfaat buah pisang untuk kesehatan pencernaan mereka jika buah ini rutin dijadikan camilan. Buah ini merupakan antasida alami dan berfungsi menetralkan asam lambung. Pisang juga mengandung antioksidan flavonoid bernama leucocyanidin, yang membantu meningkatkan membran mukus dalam lambung sehingga mencegah terjadinya tukak lambung.

9 dari 9 halaman

Cara Mengonsumsi Pisang dengan Sehat

Pisang yang sudah matang bisa langsung disantap atau diolah menjadi berbagai jenis makanan camilan. Menurut para ahli, pisang bisa menjadi camilan manis yang lebih sehat ketimbang biskuit. Anda bisa memilih banyak jenis pisang, misalnya pisang tanduk.

Tapi ingatlah untuk menghindari mengonsumsinya dengan cara digoreng, seperti menjadikannya pisang goreng atau pisang molen. Menggoreng bisa mengubah manfaat pisang menjadi merugikan, karena justru berisiko menghilangkan kandungan nutrisinya dan meningkatkan kadar lemak jenuh, yang bisa menyebabkan Anda terkena kolesterol tinggi, obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi.

Ada beberapa cara mengolah pisang agar kebaikan yang terkandung di dalamnya dapat bertahan, diantaranya :

1. Dijadikan sebagai jus atau smoothie. Anda bisa menambahkan susu rendah lemak, madu, dan buah-buahan lainnya.

2. Campur irisan pisang dengan oatmeal. Agar lebih bernutrisi, Anda bisa menambahkan buah-buahan lain atau kacang almond.

3. Pisang yang telah dihaluskan juga bisa dicampur ke adonan kue bolu. Selain bisa menambah cita rasa, kue bolu buatan Anda juga bisa menjadi lebih bernutrisi.

4. Mengoleskan selai kacang pada pisang juga bisa menjadi pilihan yang sehat.

Untuk mendapatkan deretan manfaat buah pisang yang telah disebutkan di atas, imbangi dengan pola hidup sehat dan mengonsumsi pisang dengan cara yang bijak.