Sukses

10 Manfaat Beras Kencur untuk Wanita, Mengatasi Kram Perut saat Menstruasi

Liputan6.com, Jakarta Beras kencur merupakan salah satu ramuan herbal yang khasiatnya tak perlu diragukan lagi, terutama bagi wanita. Manfaat beras kencur untuk wanita sangat baik untuk masa menstruasi, kesuburan rahim, dan masa kehamilannya. Tak cuma itu, Manfaat Beras Kencur untuk wanita juga baik untuk kecantikan loh.

Selain manfaat beras kencur untuk wanita bisa didapat dengan mengonsumsi jamunya, ternyata ampas beras kencur dari jamu bisa dijadikan sebagai masker wajah. Manfaat beras kencur untuk wanita ini sangat baik untuk mengatasi masalah jerawat, mencerahkan wajah, sekaligus mengencangkannya agar tampak lebih awet muda.

Tertarik untuk mulai mencoba memanfaatkan beras kencur? Benar, jangan sampai manfaat beras kencur untuk wanita ini dilewatkan begitu saja. Langsung saja berikut Liputan6.com ulas penjelasan manfaat beras kencur untuk wanita dari berbagai sumber, Kamis (10/6/2021).

2 dari 6 halaman

Manfaat Beras Kencur untuk Wanita

1. Manfaat Beras Kencur untuk Wanita adalah Menyembuhkan Kram Perut

Manfaat beras kencur untuk kesehatan mampu mengurangi rasa sakit perut. Saat mengalami sakit perut yang tak tertahankan, mengonsumsi jamu beras kencur ini dapat menjadi solusi utamanya. Jamu beras kencur juga dapat digunakan untuk mengatasi diare.

Hal ini karena kencur mengandung serat yang membantu masalah pencernaan. Jamu beras kencur juga dapat meredakan nyeri atau kram perut akibat maag. Sementara manfaat beras kencur untuk wanita dapat mengatasi masalah kram perut akibat menstruasinya.

Terutama bagi penderita endometriosis, konsumsi jamu beras kencur bisa meringankan kram perut tak tertahankan. Manfaat beras kencur untuk wanita ini jangan dilewatkan begitu saja, ya!

2. Manfaat Beras Kencur untuk Wanita adalah Menyehatkan Kulit

Manfaat beras kencur tidak hanya dirasakan untuk mengatasi masalah kesehatan wanita saja. Beras kencur memiliki manfaat untuk kecantikan yang tidak kalah menarik. Mengonsumsi beras kencur secara rutin, maka akan membantu mengatasi jerawat, mencerahkan dan mengencangkan kulit.

Selain dikonsumsi secara rutin sebagai jamu, ternyata manfaat beras kencur untuk wanita dapat dijadikan masker wajah untuk perawatan kulit. Jika kalian ingin mendapatkan hasil yang cepat, maka perawatan dengan manfaat beras kencur untuk wanita yang dilakukan dari luar dan dalam tubuh akan membantu mengatasi masalah kesehatan kulit kalian.

3 dari 6 halaman

Manfaat Beras Kencur untuk Wanita

3. Manfaat Beras Kencur untuk Wanita adalah Mengatasi Stres

Dalam penelitian Departemen farmasi Universitas Jahangirnagar Bangladesh menyatakan manfaat beras kencur untuk kesehatan ini berasal dari sifat antidepresan. Sifat antidepresan yang ada dalam beras kencur mampu memberikan efek sudatif atau menenangkan sistem saraf pusat.

Bagi wanita masalah stres biasanya dipengaruhi oleh hormon, terutama bagi penderita sindrom PCOS dan saat datang bulan akan segera tiba. Nah, manfaat beras kencur untuk wanita ini wajib banget dicoba untuk pencegahan. Jangan sampai stres dan Depresi mengganggu hari-hari produktifmu.

Mengonsumsi jamu beras kencur sefektif memberikan efek sudatif pada sistem saraf pusat. Manfaat beras kencur untuk kesehatan ini dianjurkan untuk dikonsumsi bagi yang sedang mengalami stres, cemas, gelisah, dan depresi.

4. Manfaat Beras Kencur untuk Wanita adalah Baik bagi Kesuburan

Manfaat beras kencur untuk wanita bisa membantu menyuburkan rahimnya. Jamu ini sangat baik terutama untuk yang pernah mengalami keguguran. Rasakan manfaat beras kencur untuk wanita dengan mencampur daun sirih dan bawang putih.

Ketiga bahan ini dihancurkan seperti biasa kemudian ditambahkan air dan peras airnya. Minum dengan madu saat pagi hari dan lebih baik saat sedang menstruasi.

Ramuan ini bisa memberikan manfaat beras kencur untuk wanita terutama menyuburkan rahim. Tentunya manfaat beras kencur untuk wanita satu ini sangat baik untuk diterapkan secara teratur. Jangan ragu untuk mengonsumsinya secara rutin agar hasilnya maksimal.

4 dari 6 halaman

Manfaat Beras Kencur untuk Wanita

5. Manfaat Beras Kencur untuk Wanita adalah Mengontrol Berat Badan

Bagi wanita, masalah berat badan berlebihan dan kurang bisa memengaruhi penampilan. Untung saja ada manfaat beras kencur untuk wanita yang bisa membantu mengontrol berat badan.

Ada banyak produk herbal yang mengklaim bisa membuat Anda menurunkan berat badan dalam sekejap. Namun, tidak dianjurkan untuk mengonsumsi produk-produk semacam ini, karena cenderung memiliki efek samping. 

Untuk menurunkan berat badan, sejatinya perlu waktu dan melakukan lebih banyak latihan. Cobalah konsumsi minuman tradisional sebagai salah satu cara paling aman untuk mendukung penurunan berat badan.

6. Manfaat Beras Kencur untuk Wanita adalah Mencegah Kanker

Wanita rentan diserang penyakit kanker. Inilah saatnya mengandalkan manfaat beras kencur untuk wanita  yang dapat mencegah kanker. Kencur mengandung etil p-metoksisinamat yang bersifat anti-kanker. Kandungan yang terdapat dalam jamu beras kencur ini dapat menghambat proliferasi sel karsinoma hati hepatoseluler.

Hambatan pada proliferasi sel karsinoma hati hepatoseluler bisa mencegah terjadinya penyakit kanker. Manfaat beras kencur untuk wanita ini jangan dianggap sepele. Agar bisa merasakan manfaat beras kencur untuk wanita dengan maksimal konsumsilah secara rutin hingga risiko kanker ovarium, serviks, payudara, dan yang rentan menyerang wanita tidak menghampiri.

5 dari 6 halaman

Manfaat Beras Kencur untuk Wanita

7. Manfaat Beras Kencur untuk Wanita adalah Menghilangkan Jerawat

Jerawat memang merupakan hal paling menyebalkan. Untuk memastikan jerawat pergi dari wajah, cara yang paling aman yaitu dengan menggunakan masker beras kencur sebagai manfaat beras kencur untuk wanita. Kamu bisa menerapkannya sendiri di rumah baik sebagai obat jerawat maupun sebagai pencegah timbulnya jerawat baru.

Melakukan perawatan dengan manfaat beras kencur untuk wanita ini secara rutin, otomatis jerawat akan kempis dengan sendirinya dalam waktu yang singkat. Jika kamu khawatir terganggu noda bekas jerawat, jangan beralih dari penggunaan masker beras kencur dimana jerawat dan noda bekas jerawat hilang dalam satu langkah.

8. Manfaat Beras Kencur untuk Wanita adalah Mengencangkan Kulit

Setiap orang mendambakan kulit wajah yang tidak hanya putih dan mulus, tetapi juga kencang. Ketiganya merupakan satu paket yang tak terpisahkan untuk wajah terlihat cantik dan menawan. Jika kamu mengalami masalah kulit kurang kencang, cobalah untuk membuat ramuan masker wajah dengan beras kencur agar manfaat beras kencur untuk wanita ini dapat dirasakan.

Caranya, dengan merendam beras semalaman, haluskan beras dengan cara menumbuknya hingga lembut, jemur di bawah sinar matahari hingga kering, lalu parut kencur hingga lembut, campurkan parutan kencur dengan bubuk beras yang telah kering tadi, balurkan masker ke seluruh wajah selama 30 menit, bersihkan masker dengan tisu, bilas dengan air hingga bekas masker tidak tersisa. Lakukan perawatan ini minimal seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang memuasakan.

6 dari 6 halaman

Manfaat Beras Kencur untuk Wanita

9. Manfaat Beras Kencur untuk Wanita adalah Memutihkan Wajah

Tidak semua orang memiliki wajah yang putih, tetapi kamu bisa membuat kulit wajah putih dengan bahan alami. Ternyata manfaat beras kencur untuk wanita merupakan pemutih yang kamu cari karena bahan-bahan tersebut sangat akrab dengan lingkungan kita. Pemutih wajah yang satu ini memiliki kombinasi kandungan yang dapat memutihkan wajah. Jadi, kamu tidak perlu repot-repot pergi membeli produk pemutih wajah sebagaimana banyak beredar di iklan. 

10. Manfaat Beras Kencur untuk Wanita adalah Menambah Nafsu Makan

Masalah nafsu makan rentan dialami oleh wanita, padahal tak nafsu makan bisa memengaruhi nutrisi yang didapat tubuhnya. Wanita yang mengandung dalam keadaan berat badan kurang dan berlebihan akan berdampak buruk bagi janin dalam kandungan.

Ada risiko anak stunting sampai obesitas juga. Di sinilah manfaat beras kencur untuk wanita dapat dijadikan pilihannya. Jamu beras kencur ini cocok untuk dikonsumsi anak-anak yang memiliki masalah dengan nafsu makan.

Bahkan konsumsi beras kencur secara rutin mampu meningkatkan nafsu makan anak dan stamina tubuh. Kencur berkhasiat untuk mempertebal dinding perut. Manfaat beras kencur untuk kesehatan ini cocok buat kamu yang memiliki masalah maag yang menyebabkan penipisan dinding perut.