Sukses

7 Fakta Menarik yang Belum Pernah Ditemukan di Ensiklopedia, Bikin Takjub

Liputan6.com, Jakarta Ensiklopedia merupakan karya referensi atau ringkasan yang menyediakan rangkuman informasi dari semua cabang pengetahuan atau dari bidang tertentu. Artikel ensiklopedia lebih panjang dan lebih rinci daripada kamus yang paling banyak sekalipun.

Ensiklopedia telah ada selama sekitar 2.000 tahun yang lalu dan telah berevolusi sejak saat itu. Sehingga, kita ketahui ensiklopedia sebagai sumber informasi tepercaya yang dikumpulkan oleh para ahli, versi cetak banyak ditemukan di perpustakaan, sekolah dan institusi pendidikan lainnya.

Namun ternyata, ada beberapa fakta menakjubkan yang tidak akan ditemukan di ensiklopedia lho. Terkait fakta-fakta luar biasa tentang kehidupan dan dunia di sekitar kita.

Dilansir Liputan6.com dari Bright Side, berikut fakta menakjubkan yang tidak pernah ditemukan dalam ensiklopedia, Kamis (10/6/2021).

2 dari 8 halaman

1. Sebagian besar tulang ada di tangan kita.

Manusia memiliki total 206 tulang dan seperempatnya ada di tangan, yaitu 54 tulang. Sedangkan kaki hanya memiliki 2 tulang lebih sedikit daripada tangan yakni 52. Jadi kedua tangan dan kaki membentuk setengah dari kerangka manusia.

3 dari 8 halaman

2. Logo Adidas dulunya milik perusahaan lain.

Ternyata 3 garis Adidas yang terkenal dibeli seharga 1600 euro (hampir sekitar Rp 28 juta) dari perusahaan alas kaki Finlandia pada tahun 1952. Selama bertahun-tahun logo merek telah berubah beberapa kali tetapi selalu berisi 3 garis.

4 dari 8 halaman

3. Awan badai memiliki berat miliaran pound.

Awan yang menjulang di atas kita sangat berat karena semua tetesan air yang dikandungnya. Awan biasa memiliki berat 1,1 juta pon. Tapi awan badai jauh lebih besar dalam ukuran dan dalam hal air yang dikandungnya, dengan berat 2,4 miliar pon. Mengapa mereka tidak jatuh? Karena udara di bawah menahan mereka.

5 dari 8 halaman

4. Berang-berang punya kantong.

Berang-berang laut memiliki kulit longgar di bawah cakar depannya yang menciptakan apa yang disebut kantong tempat hewan itu dapat menyimpan makanan. Berang-berang juga sering menyembunyikan batu di sana. Mereka menggunakannya sebagai alat untuk memecahkan kerang.

6 dari 8 halaman

5. Hiu jutaan tahun lebih tua dari pohon.

Pohon, dalam bentuknya yang modern, muncul sekitar 360 juta tahun yang lalu. Temuan sisik hiu menunjukkan bahwa mereka telah ada selama sekitar 420 juta tahun. Artinya, perbedaan usia antara pohon dan hiu bisa mencapai 60 juta tahun.

7 dari 8 halaman

6. Ngengat ingat ketika mereka ulat

Para ilmuwan menemukan bahwa ngengat dapat menyimpan kenangan dan pengalaman yang mereka miliki saat menjadi ulat. Dan itu mempengaruhi kedewasaan mereka. Ini mungkin terjadi karena beberapa bagian otak tidak berubah selama transformasi dari ulat menjadi ngengat.

8 dari 8 halaman

7. Bermain Tetris dapat mencegah PTSD (Post-Traumatic Stress Disorder).

Penelitian telah menunjukkan bahwa Tetris dapat membantu mengurangi ingatan negatif. Orang-orang yang memainkan game setelah kecelakaan memiliki lebih sedikit kilas balik traumatis. Omong-omong, Tetris juga membantu mengembangkan kemampuan kognitif jika Anda memainkannya setiap hari selama setengah jam.