Sukses

Heboh Bar Berdinding Uang Tunai 2 Juta Dollar, Jadi Sorotan

Liputan6.com, Jakarta Biasanya sebuah dinding kafe ataupun bar akan dihiasi dengan berbagai ornamen yang sesusi dengan tema tempat tersebut. Mulai dari tema pantai bahkan koboi.

Namun rupanya, ada pula yang memilih menghias dinding dengan menggunakan uang tunai hingga langit-langitnya. Tempat tersebut ialah McGuire's Pub atau sebuah bar yang terkenal di Pensacola, Florida. Bar ini menjadi begitu terkenal karena diperkirakan menggunakan uang sebanyak dua juta dollar atau sekitar Rp 28,4 miliar sebagai hiasan dinding. 

Dilansir Liputan6.com dari Odditycentral, Kamis (10/6/2021) dekorasi unik di bar ini sendiri diketahui dimulai pada 1977. Di mana Martin McGuire dan sang istri, Molly mulai menjalankan bisnis tersebut.

Pada saat itu Molly mendapatkan uang tip sebesar 1 dollar memilih untuk merayakannya dengan menuliskan tanggal dan menempelkannya ke bar bagian belakang. Hal ini dilakukannya sebagai bentuk keberuntungan.

Menurut Molly pula hal tersebut merupakan salah satu tradisi lama yang masih dihormati oleh pelanggan bar. Namun, karena hal ini pula pada keesokan harinya orang-orang mulai menempelkan selembar satu dollar di dinding bar.

2 dari 3 halaman

Dekorasi uang hampir 2 juta dollar

Tradisi untuk menempelkan uang tip ini pun masih berlanjut. Bahkan, menurut McGuire yang dilansir Liputan6.com dari Odditycentral, Kamis (10/6/2021) saat ini uang yang menempel pada dinding dan langit-langit bar mencapai hampir 2 juta dollar atau sekitar Rp 28,4 miliar.

Namun, tentu saja dengan adanya uang yang dijadikan sebagai dekorasi unik dalam sebuah bar memancing berbagai insiden. Salah satunya dan cukup sering terjadi ialah perampokan. Hal ini juga sempat dilakukan oleh salah seorang karyawan magang. Pasalnya, karyawan magang tersebut diduga telah menarik sekitar 5.000 dollar atau sekitar Rp 71 juta dari dinding.

3 dari 3 halaman

Uang dari dinding bar sulit digunakan kembali

Kejadian adanya penarikan uang dari dinding bar ini pun pertama kali diketahui dari teller bank. Dimana saat itu pencuri berencana menukarkan uangnya. Pasalnya, setiap uang yang menempel pada dinding bar tersebut terdapat tanda tangan McGuire dengan spidol hitam serta adanya lubang staples.

Namun rupanya bar McGuire ini bukanlah yang pertama memiliki dinding berhias uang. Pasalnya, ia juga memiliki bar lainnya dengan konsep sama yang berada di Destin, Florida. Bahkan, menurut laporan pada 2017 bar ini memiliki uang tunai sebanyak 1,7 juta dollar atau sekitar Rp 24,2 miliar yang menghiasi dinding dan langit-langit.