Sukses

Mengenal Fungsi Router yang Paling Utama pada Komputer Beserta Cara Kerjanya

Fungsi router yang paling utama pada komputer adalah sebagai mendistribusikan atau membagi IP Address baik secara DHCP maupun static ke semua komputer yang telah terhubung ke router tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Fungsi router yang paling utama pada komputer adalah sebagai mendistribusikan atau membagi IP Address baik secara DHCP maupun static ke semua komputer yang telah terhubung ke router tersebut.

Router adalah perangkat keras yang dipakai untuk menghubungkan beberapa jaringan, baik itu jaringan yang sama atau juga jaringan yang berbeda. Routing adalah proses pengiriman paket data dengan melalui jaringan dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Proses routing itu sendiri terjadi pada lapisan 3 dari stack protokol tujuh-lapis OSI. 

Setiap router memiliki fasilitas berupa DHCP (Dynamic Host Configuration Procotol) dan NAT (Network Address Translator). DHCP ini adalah layanan yang berguna untuk mendistribusikan IP Address lain kepada perangkat komputer. NAT merupakan fasilitas yang memungkinkan suatu alamat IP atau koneksi internet dapat dibagikan kepada alamat IP lain. Dengan mendapatkan alamat IP lain, suatu perangkat dapat terhubung ke perangkat lainnya.

Bagi Anda yang ingin menggunakan layanan internet, harus tau mengenai fungsi router dan cara kerjanya. Berikutr penjelasannya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (10/6/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fungsi Router

Ada beberapa fungsi router yang paling utama pada komputer yang harus Anda ketahui, diantaranya adalah :

1. Fungsi router yaitu dapat mentranmisikan sebuah informasi dari suatu jaringan ke jaringan lainnya yang sistem dari kerjanya sama seperti pada Bridge.

2. Fungsi router yang lainnya adalah dapat menghubungkan beberapa dari jaringan yang berguna untuk menyampaikan data dari satu jaringan ke jaringan yang lainnya. Tetapi router tersebut berbeda hal dengan penggunaan Switch. Sebab pada Switch hanya akan digunakan untuk menghubungkan beberapa dari komputer lalu membentuk sebuah LAN atau Local Area Network. Sedangkan pada sebuah router yaitu untuk dapat menghubungkan antar saru LAN dengan LAN lainnya.

3. Fungsi router selanjutnya yaitu dapat membaca sebuah alamat logika atau IP Address and destination untuk bisa menentukan proses routing pada satu LAN ke LAN lain.

4. Fungsi router yang lainnya yaitu dapat berupa BOX atau sebuah Operating System yang bisa menjalankan sebuah daemon routing.

5. Fungsi router berikutnya yaitu untuk menghubungkan sebuah jaringan lokal pada sebuah koneksi DDL yang biasa disebut dengan DSL router. Router tersebut juga memiliki sebuah fungsi firewall agar bisa melakukan penapisan paket berdasarkan sumber  dan alamat tujuan dari paket tersebut. Router yang juga memiliki fitur firewall ini bisa juga dikatakan sebagai Packet- Filtering Router, yang mana router ini dapat berfungsi untuk memblokir lalu lintas dari data yang akan dihasilkan secara broadcast, dan akhirnya akan dapat mencegah terjadinya broadcast storm yang kemudian dapat menyebabkan konerja jaringan yang akan melambat.

6. Fungsi router yang terakhir untuk menyimpan tabel routing yang akan digunakan untuk menentukan rute paling baik diantara jaringan LAN ke WAN.

3 dari 4 halaman

Jenis Router

Setelah mengetahui fungsi router, Anda juga harus mengetahui tentang jenis-jenis router yang bisa kita gunakan. Berikut jenisnya :

1. Router kabel

Router kabel biasanya terhubung langsung ke modem atau Wide Area Network (WAN) melalui kabel jaringan. Router ini biasanya terpasang dengan port yang terhubung ke modem agar terhubung dengan internet.

2. Router nirkabel

Router juga dapat terhubung secara nirkabel ke perangkat yang mendukung standar nirkabel yang sama. Router nirkabel dapat menerima informasi dan mengirim informasi ke internet.

4 dari 4 halaman

Cara Kerja Router

Cara kerja router adalah menghubungkan perangkat-perangkat yang berada di dalam jaringan dengan meneruskan paket data di antara mereka. Data ini dapat dikirim dari perangkat satu ke perangkat lain, atau dari perangkat ke internet. Router dapat melakukan hal tersebut dengan menetapkan alamat IP lokal untuk masing-masing perangkat yang berada di dalam jaringan. Ini berfungsi untuk memastikan bahwa paket data berakhir di tempat yang tepat, dan tidak tersesat di dalam jaringan.

Anda bisa membayangkan data ini sebagai kurir yang mengantar paket. Kurir membutuhkan alamat pengiriman yang tepat agar paket dapat sampai ke penerima yang tepat. Jaringan komputer lokal Anda seperti jalan di pinggiran kota. Butuh lokasi yang jelas dan tepat di daerah yang luas tempat kita tinggal.

Jika alamat lokasi tidak jelas, maka paket itu dapat dengan mudah berakhir di rumah yang salah karena informasi yang terbatas. Dengan gambaran ini, memberikan penjelasan bahwa router berguna untuk memastikan bahwa setiap lokasi (perangkat) memiliki nomor unik sehingga paket tersebut pergi ke alamat yang benar.

Jika Anda perlu mengembalikan data ke pengirim, atau mengirim paket Anda sendiri, router juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan pekerjaan ini. Meskipun dalam menangani masing-masing paket secara terpisah, router melakukan pekerjaan ini dengan sangat cepat sehingga terasa instan, bahkan ketika ada beberapa perangkat yang mengirim data secara bersamaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.