Sukses

5 Tips Ajak Kucing Tempuh Perjalanan Jarak Jauh

Salah satu yang harus diperhatikan kucingmu saat melakukan perjalanan jarak jauh adalah menyoal kenyamanannya.

Liputan6.com, Jakarta Saat Idulfitri kemarin, bersliweran konten di sosial media yang menunjukkan para pemudik pulang ke kampung halaman membawa serta kucingnya. Bukan cuma pulang kampung bahkan ada yang sengaja mengajak kucingnya ikutan liburan. 

Nah pernah nggak sih kalian bertanya-tanya, kok mereka bisa ya dengan nyaman ajak kucingnya buat melakukan perjalanan jarak jauh. Kalian juga pernah nggak ada niatan mau ajak si anak bulu alias anabul melakukan perjalanan jauh?

Jika pernah terbersit buat ngajak anabul jalan-jalan jauh, pasti ada hal yang akan kamu khawatirkan kan? Beberapa di antaranya, gimana nanti kalau si anabul mau poop atau pee, bener nggak?

Sekarang, jangan khawatir soalnya ada tips buat cegah rasa dilemamu ketika mau kucing perjalanan jarak jauh berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Pet Carrier

Biasanya pet carrier atau kandang merupakan salah satu barang yang digunakan untuk membawa kucingmu saat menuju ke dokter hewan. Nah sekarang, manfaatkan kandang yang dimililiki sebagai 'rumah' untuk kucingmu jika kamu melakukan perjalanan jarak jauh.

Salah satu yang harus diperhatikan dari kandang ini adalah menyoal kenyamanannya. Pilihlah kandang dengan ruangan yang tidak sempit alias nggak terlalu pas dengan ukuran tubuh kucing.

Saat akan berpergian jarak jauh, kamu juga bisa meletakkan handuk di dalam kandang agar kucingmu makin merasa nyaman selama perjalanan. Selain itu, pilih juga kandang yang memiliki ventilasi yang baik. Tujuannya untuk menghindari kecemasan akibat aktivitas selama perjalanan.

 

3 dari 6 halaman

2. Beri Makan dan Minum

Sebelum berangkat, pastikan kamu sudah memberikan makanan dan minuman yang cukup untuk si kucing kesayanganmu. Tujuannya agar kucing lebih nyaman selama perjalanan. Jadi dia nggak merasa dehidrasi dan kelaparan.

 

4 dari 6 halaman

3. Bisa Berangkat Setelah Poin Ini

Nah poin ini juga harus jadi pertimbangan lho! Jadi pastikan kucingmu sudah poop dan pipis sebelum diajak jalan-jalan jarak jauh. Dengan begitu, kamu nggak akan khawatir kucingmu akan rewel selama perjalanan.

 

5 dari 6 halaman

4. Bersabar

Salah satu hal yang dikhawatirkan saat kucing diajak jalan-jalan adalah ekspresinya. Ya, panik! Beberapa kucing ada yang merasa panik ketika diajak berpergian jarak jauh karena mereka nggak pernah melakukan hal ini sebelumnya.

Guncangan selama perjalanan ditambah hiruk pikuk kemacetan kemungkinan akan membuatnya panik. Oleh karena itu, pastikan kamu sudah siapkan mental ya. Intinya adalah kamu sebagai orang tua si anabul harus ekstra sabar ketika kucingmu panik. Kamu harus pintar-pintar menenangkannya dan mengusir kecemasannya selama perjalanan.

 

6 dari 6 halaman

5. Bawa Makanan Kucing yang Tepat

Setelah keempat poin di atas sudah disiapkan, jangan lupa untuk membawa makanannya. Ya, pastikan kucingmu tetap mendapatkan asupan bernutrisi gizi dan seimbang. 

Salah satu rekomendasi makanan kucing dengan nutrisi seimbang adalah Muezza. Ini adalah makanan kering (dry food) yang diberikan untuk kucing dewasa dan tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee Of Thailand.

Muezza juga mengandung ekstrak Yucca Schidigera yang sangat berkhasiat untuk menghambat penyerapan bakteri berbahaya di saluran pencernaan, mengurangi bau dan membantu kotoran kucing terbentuk menjadi gumpalan. Selain itu, ada tiga manfaat lainnya ketika kucingmu mengonsumsi Muezza, yaitu:

  1. Mencegah kegemukan, menurunkan kadar gula darah, mencegah kekelahan otot, dan kebutaan karena Muezza mengandung taurin
  2. Bermanfaat untuk perkembangan otak, kesehatan kulit dan bulu, kesehatan mata dan jantung, serta menjaga kekebalan tubuh kucing karena Muezza mengandung Omega3 dan Omega6
  3. Kandungan asam lemak esensial bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, bulu, sistem reproduksi, dan metabolisme kucing

Nah ada empat pilihan varian rasa Muezza, seperti Mackerel Flavor, Ocean Fish Flavor, Tuna Flavor, dan Salmon Flavor. Dari empat varian itu, kamu bisa memilih rasa yang paling disukai oleh si kucing kesayangan.

Jangan ditunda, tentukan pilihan variannya sekarang karena Muezza lagi ada promo bundling yang dijamin bikin hemat kantong. Yuk segera beli varian rasa terfavoritnya di Shopee dan Tokopedia.

Beli Muezza di ShopeeBeli Muezza di Tokopedia 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini