Sukses

Wanita Ini Rela Donor Ginjal untuk Mantan Istri Suaminya, Alasannya Menyentuh

Kisah Debby-Neal Strickland donorkan ginjal untuk mantan istri suaminya ini jadi sorotan.

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini viral kisah donor ginjal yang menyentuh yang dilakukan oleh perempuan bernama Debby Neal-Strickland yang berasal dari Florida, AS. Debby yang baru saja menikah dengan Jim Strickland setelah sepuluh tahun berpacaran mendonorkan ginjalnya kepada mantan istri suami bernama Mylaen Merthe.

Mylaen Merthe merupakan wanita yang pernah menikah dengan Jim. Mylaen dan Jim sudah bercerai dua dekade lalu namun keduanya masih berteman baik. Diketahui, Mylaen sudah lama mengidap kelainan ginjal. Bahkan Mylaen sudah didiagnosa pada 2020 lalu bahwa fungsi ginjalnya hanya berjalan 8%.

Mylaen yang berusia 59 tahun berjuang melawan penyakit ginjal yang menyebabkan ia terlihat pucat pasi dan tampak seperti tak punya tenaga. Berbagai usaha sudah dilakukan Mylaen termasuk meminta donor ginjal dari saudaranya, namun ginjal mereka tidak cocok.

Kondisi Mylaen yang semakin memburuk nyatanya terdengar oleh Jim Strickland. Istri Jim bernama Debby Neal-Strickland yang baru menikah 2 hari kemudian merasa tersentuh dan berkeinginan memberikan donor ginjal kepada mantan istri suaminya tersebut.

Kisah Debby yang rela memberikan donor untuk mantan istri suaminya ini berhasil menyita perhatian banyak orang. Berikut Liputan6.com rangkum dari Inquirer, kisah wanita yang rela donor ginjal untuk mantan istri suaminya, Kamis (10/6/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Alasan donor ginjal

Keputusan Debby mendonorkan ginjal untuk Mylaen, mantan istri suaminya membuat banyak orang penasaran apa alasan di baliknya. Debby mengungkapkan bahwa ia ingin melihat Mylaen menjadi seorang nenek di mana anak dari Mylaen saat ini sedang mengandung.

Alasan lain Debby mau mendonorkan ginjalnya yakni ia tidak ingin nasib Mylaen sama dengan saudaranya yang meninggal karena gagal mendapatkan donor organ tepat pada wantunya. Oleh sebab itu, Debby rela untuk berikan ginjal untuk mantan istri suaminya.

"Ketika seseorang butuh organ, ketika mereka tidak mendapatkannya, besar kemungkinan mereka tidak akan selamat. Aku tahu ini adalah sesuatu yang harus dilakukan secara cepat," ungkap Debby.

3 dari 3 halaman

Hari operasi transplantasi ginjal

Debby yang merasa hati nuraninya tersentuh dengan ingin mendonorkan ginjalnya ke Mylaen kemudian melakukan cek kecocokan ginjal di rumah sakit. Ginjal Debby ternyata cocok dengan Mylaen. Alhasil, tanggal operasi transplantasi ginjal sudah ditentukan yakni dua hari setelah pernikahan Debby dan Jim.

Pada awal mulanya, Debby ingin fokus donor ginjal saja dengan menunda pernikahan. Namun, sahabat-sahabat Debby tetap mendorongnya agar tidak menunda dan menggelar pernikahan setelah berpacaran 10 tahun dengan Jim. 

Setelah dua hari pernikahan. Debby pun melakukan operasi transplantasi ginjal. Transplantasi ginjalnya berjalan lancar dan membuat kondisi Mylaen berangsung membaik. Bagi Debby, apa yang dilakukannya ini sangat menakjubkan dan berkesan.

"Ini adalah hari paling menakjubkan dalam hidupku, sampai dua hari kemudian. Itu juga hari paling menakjubkan dalam hidupku," kata Debby setelah donor ginjalnya berhasil.

Mylaen sebagai penerima ginjal pun mengakui bahwa istri mantan suaminya yang baru sudah menyelamatkan hidupnya. Baginya, Debby kini seorang keluarga yang telah membantunya.

"Inilah dunia yang seharusnya. Keluarga. Kami harus saling membantu. Dia menyelamatkan hidupku," ujar Mylaen ungkapan rasa terima kasih kepada Debby.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.