Sukses

Cuma 3 Menit, Ini 6 Foto Detik-Detik Munculnya Gerhana Matahari Cincin 2021

Liputan6.com, Jakarta Fenomena gerhana matahari cincin jatuh pada 10 Juni 2021. Gerhana matahari cincin menjadi fenomena yang dinanti setelah gerhana Bulan total atau super blood moon pada 26 Mei 2021 lalu. Gerhana matahari cincin ini bisa disaksikan pada sore hari menjelang waktu senja.

Fenomena gerhana matahari cincin memperlihatkan bulan tidak sepenuhnya menutup seluruh bagian matahari sehingga bagian pinggir bulan terlihat bercahaya. Fenomena tersebut akan memperlihatkan matahari tampak seperti cincin terang di langit.

Uniknya fenomena gerhana matahari cincin ini yakni terjadi 18 bulan sekali. Adapun momen terlihatnya gerhana matahari cincin hanya 3 menit saja. Untuk kejadian hari ini, Indonesia tidak termasuk wilayah Bumi yang bisa melihat gerhana matahari cincin.

NASA menjelaskan beberapa wilayah Bumi yang bisa melihat fenomena tersebut yakni di bagian Kanada, Greenland, dan Rusia utara. Detik-detik terjadinya gerhana matahari cincin ini disiarkan langsung oleh beberapa channel YouTube seperti NASA dan Timeanddate.

Berikut Liputan6.com rangkum dari YouTube NASA dan Timeanddate, foto detik-detik kemunculan gerhana matahari cincin, Kamis (10/6/2021).

2 dari 7 halaman

1. Dari wilayah Sudbury Canada, terlihat jelas penampakan detik-detik jelang kemunculan gerhana matahari cincin pada pukul 16:42 WIB.

3 dari 7 halaman

2. Cincin yang melingkar dengan cahaya matahari terlihat di pinggirnya menjadi penampakan yang terjadi selama 3 menit tadi sore.

4 dari 7 halaman

3. Pada 16:51 WIB, terlihat semakin jelas bahwa bulan mulai bergerak tidak sejajar antara Matahari dan Bumi.

5 dari 7 halaman

4. Penampakan bulan yang bergerak tidak sejajar antara Matahari dan Bumi membentuk fase bulan baru.

6 dari 7 halaman

5. Melalui teropong NASA, terlihat momen saat bulan membentuk layaknya cincin saat berada di antara Bumi dan Matahari.

7 dari 7 halaman

6. Keindahan gerhana matahari cincin ini memukau banyak orang. Gerhana ini hanya bisa disaksikan selama 3 menit saja sore tadi.