Sukses

33 Wisata Jepang Terbaik yang Wajib Dikunjungi, Bak Negeri Dongeng

Rekomendasi tempat wisata Jepang terbaik dan punya pesona unik.

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak rekomendasi wisata Jepang terbaik yang wajib dikunjungi. Bila hendak mengunjungi atau sudah berada di negeri tirai bambu ini, wisata Jepang terbaik jangan sampai dilewatkan begitu saja. Konon katanya, pesona alam wisata Jepang selalu indah dan menawan terutama bagi wisatawan yang belum pernah datang.

Tempat wisata Jepang terbaik yang wajib dikunjungi dengan suguhan pesona alam memukau bak negeri dongeng dan kartun khas Jepang mayoritas ada di daerah pegunungan. Bila sedang berada di Jepang, jangan lupa untuk mampir ke gunung Fuji untuk menikmati buah persik dan anggur khas Jepang, ya!

Sementara wisata Jepang terbaik yang wajib dikunjungi yang sarat akan budaya ada di daerah perkotaan. Wisata Jepang paling terkenal ada Universal Studio Jepang. Taman wisata bermain terbaik di Jepang yang resmi dibuka pada tahun 2001. Luasnya sekitar 39 hektar, pengunjung bisa bermain dan berjalan-jalan sampai puas seharian penuh di sini.

Berikut Liputan6.com ulas wisata Jepang terbaik yang wajib dikunjungi dari berbagai sumber, Jumat (11/6/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Wisata Jepang Terbaik yang Wajib Dikunjungi

1. Desa Ninja Prefektur Yamanashi

Desain keseluruhan wisata Jepang terbaik yang wajib dikunjungi ini benar-benar mengangkat masa jaya Ninja di Jepang. Taman-taman dibuat seperti masa itu, pun ada lokasi pengintaian khas ninja di sisi kiri. Waktu paling baik mengunjungi tempat ini adalah musim semi hingga musim panas karena taman ninja akan dipenuhi bunga sakura saat berkeliling di sini.

Pengunjung yang datang bisa menyewa pakaian ninja seharga 500 yen untuk lebih menjiwai penjelajahan di desa wisata ini. Salah satu fasilitas yang tak boleh dilewatkan adalah Ninja Show. Pengunjung bakal menyaksikan para ninja beratraksi di dalam ruangan. Pertunjukan berdurasi sekitar satu jam itu biasanya diadakan tiga kali sehari saat hari kerja, dan dua kali sehari pada akhir pekan dan hari libur.

2. Dotonbori

Dotonbori adalah salah satu tempat wisata Jepang terbaik yang wajib dikunjungi sebagai pusat gastronomi dan juga hiburan di Osaka. Di Dotontobri ini terdapat banyak sekali pusat perbelanjaan, restoran, toko souvenir, klub malam, dan berbagai jenis tempat hiburan lainnya.

Daya tarik utama dari kawasan Dotonbori ini adalah pada saat malam hari karena tempat wisata Osaka Jepang ini akan menjadi sangat gemerlap sehingga tak heran bila menjadi salah satu destinasi yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi.

Selain itu, kamu juga harus mencoba segala jenis kuliner khas Osaka seperti misalnya Takoyaki dan Okonomiyaki saat berada di Dotonbori.

3. Amerikamura

Istilah ‘Chinatown’ mungkin sudah tidak asing lagi didengarkan orang-orang. Hal ini disebabkan karena banyak negara yang memiliki kawasan yang banyak dihuni oleh warga keturunan Tionghoa ini. Sebut saja, Singapura, Malaysia, hingga di Indonesia.

Osaka sebenarnya tidak memiliki ‘Chinatown’ ini, namun kota ini memiliki kawasan yang ditinggali oleh orang-orang dari Amerika. Tempat wisata Jepang terbaik yang wajib dikunjungi ini disebut dengan Amerikamura.

Di kawasan ini, kamu akan menemui banyak butik dan juga restoran yang sangat khas Negeri Paman Sam. Amerikamura adalah salah satu tempat wisata di Osaka Jepang yang sangat menarik dan wajib kamu kunjungi karena tak akan bisa dijumpai di tempat lain.

4. Osaka Castle

Tempat wisata Jepang terbaik yang wajib dikunjungi adalah Osaka Castle. Tempat ini merupakan landmark paling terkenal Osaka. Benteng megah yang dibangun pada tahun 1586 ini akan memberikan nuansa tradisional Jepang.

Di sekitar tempat wisata di Osaka Jepang ini juga terdapat taman yang dipenuhi banyak pohon bunga sakura yang akan bermekaran pada musim semi. Taman Osaka Castle ini bisa menjadi destinasi liburan di Osaka yang wajib dikunjungi saat musim semi karena keindahan bunga sakura yang ditawarkannya.

5. Sumiyoshi Taisha

Selain Osaka Castle, tempat wisata di Osaka Jepang yang bernuansa kebudayaan berikutnya adalah Sumiyoshi Taisha. Sumiyoshi Taisha merupakan salah satu kuil tua di Jepang yang memiliki arsitektur dan desain interior yang sanagat indah.

Kuil Sumiyoshi Taisha adalah salah satu kuil shinto tertua di Jepang dan wisata Jepang terbaik yang wajib dikunjungi yang sudah didirikan saat sebelum agama Buddha masuk dan menyebar di Jepang. Selain keindahan arsitektur dan nilai sejarah yang panjang, tempat wisata di Osaka ini juga menawarkan keindahan lansekap alam yang menyegarkan dan mampu menyegarkan suasana saat liburan ke Osaka.

6. Kuil Nanzoin

Kuil Nanzoin adalah wisata Jepang terbaik yang wajib dikunjungi sebagai rumah bagi patung perunggu terbesar di dunia, Buddha Berbaring. Hanya 25 menit perjalanan kereta api dari stasiun Hakata, pengunjung diminta untuk mengambil tali berwarna di tangan kiri Buddha dan berdoa. Patung itu berdiri dengan berat 300 ton (272.000 kilogram), dan telah ada selama lebih dari seratus tahun. Awalnya patung itu hadiah untuk Jepang dari Myanmar.

 

3 dari 7 halaman

Wisata Jepang Terbaik yang Wajib Dikunjungi

7. Osaka Aquarium Kaiyukan

Osaka Aquarium Kaiyukan menjadi salah satu tempat wisata Jepang terbaik yang wajib dikunjungi dan tidak boleh kamu lewatkan. Tempat ini adalah destinasi wisata yang memungkinkan kamu melihat banyak spesies ikan yang dipamerkan dalam akuarium dengan ukuran yang besar.

Di Osaka Aquarium Kaiyukan ini terdapat sekitar 15 tangki besar yang menampilkan berbagai kehidupan laut serta segala jenis spesies ikan yang ada di dalamnya. Karena itu, tempat ini juga merupakan tempat yang sangat edukatif dan sangat menarik untuk dikunjungi oleh keluarga dengan anak kecil karena di sini kamu bisa mengenal banyak jenis ikan.

8. Tempozan Ferris Wheel

Tempozan Ferris Wheel yang merupakan sebuah kincir raksasa di Osaka Bay adalah salah satu tempat wisata Jepang terbaik yang wajib dikunjungi. Ketika menaiki bianglala yang memiliki ketinggian 112.5 meter ini, kamu akan melihat pemandangan dari Rokko Mountains, Akashi Kaikyo Bridge hingga Kansai International Airport.

Bianglala ini juga bisa menyegarkan mata dengan memperlihatkan keindahan pemandangan kota Osaka dari ketinggian dengan durasi kurang lebih 10 hingga 15 menit.

9. "Neraka" Beppu

Prefektur Oita terkenal dengan pemandian air panasnya dan disebut sebagai wisata Jepang terbaik yang wajib dikunjungi. Dikenal sebagai "Neraka" Beppu, delapan mata air panas ini masing-masing memiliki pesona uniknya sendiri, termasuk "Neraka Umi", mata air panas biru cerah yang dikelilingi oleh taman yang indah, dan "Neraka Oniishibozu," mata air panas dengan semburan air lumpur yang terlihat seperti kepala gundul biksu.

10. Universal Studios Japan

Universal Studis Japan merupakan tempat wisata di Osaka Jepang yang sangat populer. Taman wisata bermain yang resmi dibuka pada tahun 2001 ini memiliki luas sekitar 39 hektar, sehingga kamu bisa bermain dan berjalan-jalan sampai puas seharian penuh di sini.

Selain itu, ada banyak sekali spot menarik di wisata Jepang terbaik yang wajib dikunjungi ini. Beberapa tema menarik yang ditawarkan adalah: Lagoon Hollywood, Jurassic Park, Waterworld, Wonderland hingga The Wizarding World of Harry Potter.

11. Tsutenkaku Tower

Jika Tokyo punya Tokyo Tower, Osaka memiliki Tsutenkaku Tower yang dibangun pada 1912. Menara megah ini memiliki ketinggian 103 meter. Sebagai ikon wisata Osaka, salah satu keunikan dari objek wisata Jepang terbaik yang wajib dikunjungi ini adalah lampu neon berwarna-warni yang berada di atas menara.

Tak cuma mempercantik langit malam kota Osaka, warna dari lampu ini memiliki arti dari ramalan cuaca untuk Kota Osaka di keesokan harinya. Warna lampu orange berarti mendung, warna biru berarti hujan, dan warna putih berarti cerah.

4 dari 7 halaman

Wisata Jepang Terbaik yang Wajib Dikunjungi

12. Pasar Kuromon Ishiba

Kuromon Ishiba merupakan salah satu tempat wisata Jepang terbaik yang wajib dikunjungi. Di sini, kamu bisa menikmati berbagai wisata kuliner yang sangat lezat. Di Kuromon Ishiba ini terdapat lebih dari seratus kios yang menjajakan berbagai makanan dan berbagai bahan memasak. Berbagai bahan masakan mulai dari daging terbaik hingga ikan fugu bisa dibeli atau disantap langsung di keramaian pasar Kuromon Ichiba.

13. Air Terjun Fukiware

Air Terjun Fukiware merupakan wisata Jepang terbaik yang wajib dikunjungi. Proses erosi dari bebatuan yang terjadi selama ribuan tahun telah menciptakan air terjun yang menakjubkan ini. Air terjun ini memiliki tinggi 7 meter dan lebar 13 meter.

Air terjun ini berada di daerah Gunma. Dengan bebatuan berbentuk V, air terjun ini menawarkan pemandangan megah dan menakjubkan dari sebuah potongan alam.Jika ingin mendapatkan pengalaman yang lebih spektakuler, datanglah pada saat musim gugur.

Kemegahan air terjun ditambah dengan keindahan warna dari guguran daun menciptakan pemandangan bak lukisan.

14. Gunung Aso

Gunung Aso adalah gunung berapi aktif terbesar di seluruh Jepang, dan termasuk salah satu yang terbesar di dunia. Karena ini adalah gunung berapi aktif, pengunjung wisata Jepang terbaik yang wajib dikunjungi ini sering dilarang untuk mendekat, jadi periksa halaman informasi untuk melihat apakah aman untuk dikunjungi.

Saat sedang tidak meletus, pengunjung bisa berkeliling kawah dan melihat indahnya danau biru di dalamnya, atau sekedar menikmati indahnya pedesaan yang mengelilingi gunung. Ada banyak pemandangan indah di daerah sekitarnya.

15. Museum Batu Oya

Museum Batu Oya merupakan wisata Jepang terbaik yang wajib dikunjungi. Mungkin sepintas bagian dalam museum ini terlihat seperti reruntuhan di Mesir. Namun, kenyataannya, ini adalah sebuah museum bekas lokasi penambangan batu.

Terletak di pinggiran Utsunomiya, Tambang Batu Oya pernah menjadi sumber utama kekayaan bagi daerah tersebut. Meskipun tambang terakhir ditutup pada tahun 1986, tetapi museum ini terus berkembang dan menjadi salah satu tujuan paling populer di Utsunomiya.

Bagian yang menarik dari museum ini adalah salah satu ruangan besar bawah tanah dengan ukuran lebih dari 20.000 meter persegi. Berjalan di bawah tanah melalui ruangan besar seperti itu merupakan pengalaman yang langka. Karya seni ditampilkan di seluruh tambang, dan banyak kamar diterangi dengan berbagai warna, menciptakan suasana yang terlihat seperti karya seni.

Selain dijadikan sebagai tempat wisata, museum ini juga sering digunakan sebagai tempat konser, acara pernikahan, bahkan menjadi tempat set untuk video musik, iklan, dan film.

16. Gunung Shirouma

Gunung Shirouma merupakan wisata Jepang terbaik yang wajib dikunjungi. Gunung Shirouma adalah puncak setinggi 2.932 m yang merupakan bagian dari Pegunungan Jepang Utara. Gunung ini merupakan salah satu bagian dari Gunung Hakuba Sanzan bersama dengan Gunung Shakushi dan Gunung Hakuba-Yari.

Lama dipuja oleh para petani setempat, gunung ini mendapatkan namanya dari gambar seekor kuda yang muncul dari salju yang mencair. Bagi para petani, itu terlihat seperti kuda, sehingga mereka menamainya "Shirokaki Uma," dan selama bertahun-tahun namanya menjadi "Shiro Uma," atau kuda putih. Jika dibaca dengan cara lain, karakter yang sama akan jadi terlihat menjadi "Hakuba."

Daerah puncak Gunung Shirouma adalah salah satu tempat paling populer di kalangan pendaki karena pemandangannya yang spektakuler dengan ladang salju yang muncul sepanjang tahun serta ladang bunga di musim panas yang singkat. Ini adalah tempat bagi orang yang suka mendaki.

Salah satu jalur pendakian paling populer menuju Gunung Shirouma adalah dengan melalui Hakuba Daisekkei, lembah tertutup salju yang membentang sepanjang 3,5 km dan pendakian vertikal sejauh 600 m. Bahkan, di musim panas salju di sini tetap ada sehingga menciptakan pendingin alami di tengah cuaca panas. Salju yang mencair menjadi aliran jernih yang indah, kontras dengan tanaman hijau dan salju di musim panas.

5 dari 7 halaman

Wisata Jepang Terbaik yang Wajib Dikunjungi

17. Kastil Takeda

Tempat wisata Jepang terbaik yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Kastil Takeda. Kastil Takeda adalah sebuah reruntuhan kastil yang berada di Kota Asago, Prefektur Hyogo. Kastil ini juga dikenal dengan "Kastil di Atas Awan", karena tempat kastil ini yang tampak mengambang di atas awan. Terutama saat musim gugur, di mana kabut akan terlihat jelas di pagi hari sehingga menciptakan pemandangan yang memesona.

Waktu terbaik untuk mengunjungi kastil ini adalah bulan Oktober hingga Desember, ketika kondisi lingkungannya sering dipenuhi oleh kabut. Selama periode ini, sinar matahari di siang hari akan menghangatkan Sungai Maruyama yang berada di daerah yang sama dengan kastil ini.

Kemudian di pagi hari ketika udara dingin muncul, akan menciptakan uap dari permukaan yang dipanaskan, sehingga mengisi lembah dengan kabut putih yang tebal. Kondisi terbaik untuk menikmati Kasti di Atas Awan ini adalah ketika di pagi hari yang cerah.

18. Hitachi Seaside Park

Hitachi Seaside Park merupakan wisata Jepang terbaik yang wajib dikunjungi. Hitachi Seaside Park adalah taman luas yang berada di dekat Mito, Prefektur Ibaraki. Taman ini menampilkan ruang hijau dan berbagai bunga musiman yang tersebar di 350 hektar tanah, serta taman hiburan dan beberapa jalur bersepeda dan jalan kaki.

Bunga ikonik dari taman ini adalah nemophila biru, yang menutupi Bukit Miharashi di musim semi. Bunga-bunga biasanya mekar pada puncaknya dari akhir April hingga pertengahan Mei.

Jalan setapak menyilang di bukit memberikan pemandangan memesona dari seluruh taman. Pada musim gugur, bukit ditutupi oleh semak-semak hijau, yang perlahan berubah menjadi merah saat cuaca menjadi lebih dingin. Warna-warna musim gugur ini biasanya dapat dilihat dari awal hingga pertengahan Oktober.

19. Ryuoo Ski Park

Ryuoo Ski Park adalah salah satu pilihan terbaik untuk semua level pemain ski atau snowboarder. Fasilitas yang paling menarik perhatian di tempat wisata Jepang terbaik yang wajib dikunjungi ini adalah keberadaan kereta gantung atau gondola terbesar di dunia. Gondola tersebut dapat mengangkut 166 orang dalam sekali perjalanan. Saya bersama rombongan JNTO berkesempatan menaiki gondola terbesar di dunia tersebut pada awal Maret 2020.

20. Hutan Bambu Sagano

Tempat wisata Jepang terbaik yang wajib dikunjungi berikutnya adalah Hutan Bambu Sagano. Hutan Bambu Sagano terletak di Arashiyama, sebuah distrik di pinggiran barat Kyoto. Jalan setapak melalui rumpun bambu yang menjulang, dengan matahari di antara puncak batang hijau menciptakan efek yang mempesona. Hutan bambu ini juga terkenal karena keindahannya, ditambah bunyi khas yang diciptakan oleh batang bambu yang bergoyang tertiup angin.

21. Gua Ryusendo

Gua Ryusendo merupakan wisata Jepang terbaik yang wajib dikunjungi. Gua Ryusendo adalah gua batu kapur luas yang berada di pegunungan Kota Iwaizumi, Prefektur Iwate. Gua ini dianggap sebagai salah satu dari tiga gua batu kapur terbesar di Jepang.

Diperkirakan gua ini memanjang hampir 5.000 meter ke lereng gunung, dan sekitar 3.500 meter di antaranya telah dieksplorasi hingga saat ini. Volume besar air biru jernih menyembur dari kedalaman gua, membentuk sungai bawah tanah dan empat danau bawah tanah di dalam gua.

Hampir 700 meter dari Gua Ryusendo telah dibuka untuk umum dan dapat diakses melalui jalan setapak, jembatan, dan tangga. Pengunjung dapat berjalan mengikuti sungai bawah tanah yang mengalir melalui pintu masuk gua dan menjelajahi beberapa gua besar dalam perjalanan mereka menuju danau bawah tanah yang jauh ke belakang.

Tiga danau Ryusendo masing-masing kedalaman 35, 38, dan 98 meter. Lampu bawah air khusus diletakkan jauh di dalam danau dan memberikan cahaya biru pada air. Ryusendo memiliki satu danau tambahan yang ditutup untuk umum. Danau keempat ini sedalam 120 meter dan merupakan danau bawah tanah terdalam yang tercatat di Jepang.

22. Gunung Fuji

Tempat wisata yang satu ini jangan sampai kamu lewatkan. Rasanya kurang afdol kalau ke Jepang namun tidak ke Gunung Fuji. Wisata Jepang terbaik yang wajib dikunjungi ini memiliki beberapa step. Tetapi itu hanya digunakan untuk orang yang mau mendaki saja.

Kalau hanya ingin berfoto dengan pemandangan Gunung Fuji, kamu bisa berhenti di step 5. Di step 5 ini kamu bisa merasakan udara dingin, apalagi saat musim dingin dan juga bisa foto dengan latar Gunung Fuji.

Di sana juga ada restoran dan toko oleh-oleh seperti makanan khas Jepang. Selain pemandangan indah, kamu juga bisa belanja dan mencicipi makanan Jepang. Tetapi kalau ingin ke Gunung Fuji kamu harus menggunakan mobil atau kendaraan seperti mini bus yang sudah tersedia. Karena perjalanannya memakan waktu hingga 4-5 jam perjalanan.

6 dari 7 halaman

Wisata Jepang Terbaik yang Wajib Dikunjungi

23. Ibusuki

Berada di Semenanjung Satsuma, Ibusuki adalah kota yang dikenal dengan pemandian pasirnya. Saraku Sand Bath Hall adalah tempat yang populer dengan layanan ini, jarak wisata Jepang terbaik yang wajib dikunjungi ini hanya sekitar 1 km dari Ibusuki Station. Sebelum direndam dengan pasir pantai hingga leher, kamu akan diminta mengenakan yukata yang merupakan pakaian khas Jepang. Pasir yang hangat akan memberi sensasi pijat dan menenangkan. Setelah 20 menit, kamu diarahkan ke pemandian air panas reguler.

Selain pemandian pasir, tempat lain di wisata Jepang terbaik yang bisa kamu kunjungi adalah Satsuma Denshokan Museum untuk melihat sejarah dan perkembangan kota Ibusuki. Kunjungi juga Flower Park Kagoshima yang merupakan taman botani dengan koleksi bunga tropis dan endemik Jepang. Satu lagi yang tak boleh dilewatkan adalah Cape Nagasakibana, sebuah titik terbaik di ujung semenanjung untuk melihat pemandangan laut dan Gunung Kaimondake.

24. Yamagata

Yamagata adalah sebuah wilayah yang berada di selatan Tohoku dan populer dengan produk hasil pertanian, buah ceri, situs bersejarah, dan pemandian air panas. Kuliner di wisata Jepang terbaik yang wajib dikunjungi ini disebut-sebut sebagai kuliner terbaik di Jepang karena dibuat dari bahan-bahan berkualitas tinggi. Beberapa bahan makanan yang terkenal dari Yamagata yakni soba alias mi khas Jepang dan daging Yonezawa yang konon merupakan daging berkualitas tinggi.

Jika kamu berkunjung di musim gugur, imoni adalah kuliner yang wajib kamu nikmati. Imoni merupakan sup yang terbuat dari akar talas, daging sapi terbaik, konnyaku, dan berbagai bahan lain yang mampu menghangatkan tubuh. Selain daging dan sup, Yamagata juga memiliki sake yang terkenal dengan cita rasa dan kualitasnya sejak puluhan tahun lalu yang patut kamu coba.

25. Semenanjung Noto

Jika kota besar seperti Kyoto dan Tokyo menawarkan sisi modern dari Jepang, maka Semenanjung Noto bisa menjadi alternatif lain. Kamu akan disuguhi pemandangan pesisir, seperti Pantai Kongo, Pantai Chirihama, dan Pantai Okunoto saat menghabiskan waktu di Semenanjung Noto.

Selain pesisir, di tempat wisata Jepang terbaik yang wajib dikunjungi ada situs budaya seperti Kuil Keta Taisha, Kuil Sojiji, dan Kuil Myojoji. Jika ingin jalan-jalan ke kota, Kota Wajima bisa jadi pilihan. Wajima menjadi titik jual-beli karena adanya pasar pagi yang lumayan populer. Saat berkunjung, jangan lupa mampir ke Wajima Nuri Kaikan, sebuah museum sekaligus toko hasil kerajinan tangan masyarakat setempat.

26. Koyasan

Kawasan Koyasan adalah wisata Jepang terbaik yang wajib dikunjungi pusat dari Shingon Buddhism, salah satu aliran Buddha di Jepang. Meski merupakan tempat belajar dan beraktivitas para biksu, Koyasan juga terbuka dengan kedatangan turis. Di sini, kamu bisa menginap dan mengikuti aktivitas dari para biksu mulai dari pagi hingga petang.

Tersedia sedikitnya 50 kuil yang terbuka jika kamu ingin belajar mengenal Buddha atau sekadar observasi sederhana. Sebagian kuil juga dilengkapi dengan WiFi dan toilet modern. Hal ini adalah bukti bahwa Koyasan sangat terbuka menerima turis. Selain itu, kamu bisa mencicipi makanan vegetarian khas para biksu yang rasanya cukup melegenda saat berkunjung.

27. Kiso Valley

Jika kamu ingin merasakan Periode Edo di Jepang, Kiso Valley bisa jadi pilihan. Untuk menuju ke wisata Jepang terbaik yang wajib dikunjungi ini, para pejalan tidak diperbolehkan mengendari binatang atau kendaraan apapun untuk menyeberang dari Tokyo ke Kyoto dan sebaliknya.

Jarak sekitar 500 km yang terbentang memaksa para pejalan menghabiskan waktu berhari-hari, yang disebut dengan Nakasendo Walk. Kiso Valley sendiri merupakan area peristirahatan para pejalan kaki yang menyediakan penginapan dan tempat makan.

Saat ini, Kiso Valley menjadi salah satu kawasan yang banyak dikunjungi oleh turis. Untuk menjaga sejarah dan membawa para turis kembali ke Periode Edo, sepanjang Kiso Valley berjejer bangunan berbahan kayu dan jalan setapak berbatu agar suasana yang tercipta bisa mirip dengan masanya.

7 dari 7 halaman

Wisata Jepang Terbaik yang Wajib Dikunjungi

28. Gotemba Premium Outlet

Gotemba Premium Outlet adalah salah satu surga belanja barang-barang branded di Jepang. Oh iya, di beberapa prefektur (provinsi) Negeri Matahari Terbit itu terdapat kluster premium outlet. Gotemba sangat terkenal dan cukup populer di Tokyo, Yokohama, dan Chiba.

Tempat wisata Jepang terbaik yang wajib dikunjungi ini menawarkan berbagai barang branded. Setiap gerai yang ada menerapkan kontrol kualitas sangat ketat terhadap barang yang dijual. Selama sales season, kamu bisa mendapatkan barang-barang branded di sini dengan cukup murah. “Barang-barang yang dijual di sini (Gotemba) memang bukan yang newest one, jadi harganya lebih murah dibanding premium outlet di negara lain,” ujar Andi.

Dari kompleks perbelanjaan yang terletak di Yamanashi ini pengunjung bisa melihat keindahan Gunung Fuji sebagai latar belakangnya. Tempat ini juga sangat mudah diakses dengan bus dari Hakone atau dari Gotemba Station, atau juga naik bus langsung dari Tokyo.

29. Iyashi no Sato Nenba

Wisata Jepang terbaik yang wajib dikunjungi ini adalah salah satu desa tradisional di Jepang. Desa yang terletak di sisi barat tepi Danau Saiko ini kerap disebut Saiko Iyashi no Sato yang berarti desa di tepi Danau Saiko. Disebut demikian karena di kaki Gunung Fuji terdapat lima danau, Kawaguchi, Yamanaka, Motosu, Saiko, dan Shoji.  

Dari desa ini pengunjung bisa menyaksikan pemandangan Gunung Fuji dengan objek utama adalah desa wisata yang sangat indah, terlebih saat musim semi. Tiket masuk ke desa ini 350 yen per orang. Pengunjung bisa melihat rumah dan bangunan tradisional Jepang dengan jerami dan anyaman bambu sebagai atap dan dindingnya.

Desa wisata Jepang terbaik yang wajib dikunjungi ini kerap dikunjungi wisatawan yang ingin melepas penat dan ingin merasakan suasana desa yang tenang dan asri. Di sini pengunjung juga bisa menyewa pakaian Kimono, termasuk yoroi (pakaian pasukan zaman dahulu).

Bahkan bisa juga merasakan bagaimana menjadi Samurai dan Ninja dengan biaya sewa berkisar 1000 yen per orang. Di Iyashi no Sato tidak ada penduduk karena wilayah ini merupakan desa wisata. Karena itu rumah-rumah yang ada di desa ini sudah dialihfungsikan oleh pemerintah sebagai wahana wisata.

30. Oshino Shinobi No Sato

Desa Oshino berdekatan dengan objek wisata Oshino Hakkai. Objek wisata Jepang terbaik yang wajib dikunjungi di desa ini adalah mata air yang berasal dari salju Gunung Fuji yang mencair. Air tersebut merembes ke dalam tanah kemudian melalui proses geologi keluar di mata air yang berada di Oshino Hakkai. Di desa ini ada delapan mata air. Diperlukan waktu sekitar 80 tahun supaya air sampai ke Oshino Hakkai.

Cukup menarik, di daerah wisata Jepang terbaik yang wajib dikunjungi ini ada juga desa Ninja. Untuk masuk ke desa Ninja pengunjung dikenakan tarif 1.300 yen atau sekitar Rp 165 ribu, sudah termasuk menyaksikan atraksi Ninja. Selain bisa menonton pertunjukan teater Ninja, pengunjung bisa merasakan rumah rahasia Ninja (Ninja trick house). Ada juga ada arena permainan anak ala Ninja dan tempat persewaan kostum Ninja seharga 500 yen atau sekitar Rp 64 ribu. Kuliner khas di desa ini adalah dango Ninja yang berwarna hitam.

31. Shibuya

Shibuya adalah tempat wisata Jepang terbaik yang wajib dikunjungi di Tokyo. Shibuya adalah pusat kota yang dikenal sebagai tempatnya kaum muda. Di tempat ini banyak sekali lokasi fashion untuk anak muda, tempat perbelanjaan, ada juga tempat nongkrong yang kekinian dan terkenal di kalangan milenial. Di sana juga ada bioskop kalau kamu ingin menonton film.

Bisa dibilang Shibuya merupakan lokasi yang sangat lengkap. Kamu tak perlu naik mobil dan cukup jalan kaki saja saat sudah di Shibuya. Saat berjalan kaki, kamu juga bisa sambil minum dan berbincang dengan teman atau keluarga sembari menikmati lingkungan Jepang.

Akses saat ingin ke Shibuya adalah kamu harus ke stasiun dengan mengambil jalur JR Yamanote. Tapi ada juga beberapa jalur yang bisa kamu ambil. Tapi kebanyakan melalui jalur JR Yamanote.

Apabila kamu ingin menggunakan mobil juga bisa, tetapi harus mencari tempat parkir yang cukup sulit dan juga berbayar sehingga banyak turis atau warga Jepang sendiri memilih jalan kaki. Kalau penulis lebih sering menggunakan kereta karena lebih bisa menikmati perjalanan mengetahui kebiasaan orang Jepang saat naik kereta. Ternyata mereka sangat diam dan tidak berisik. Wajib ditiru nih saat di Indonesia supaya penumpang lain tidak ada yang terganggu. Saat ke Shibuya jangan lupa foto di tengah-tengah zebra cross yang ikonik.

32. Asakusa

Asakusa adalah tempat wisata Jepang terbaik yang wajib dikunjungi, di dalamnya terdapat banyak makanan khas Jepang dan pusat oleh-oleh Jepang. Di sana kamu juga bisa mengunjungi kuil yang biasanya digunakan orang Jepang untuk berdoa. Kamu juga bisa melihat seperti apa saat mereka berdoa sekaligus menikmati jajanan yang ada di sana.

Biasanya turis sering membeli oleh-oleh di Asakusa karena lumayan lengkap, murah, dan juga lucu-lucu. Di dekat sana juga ada beberapa restoran yang bisa kamu nikmati saat kamu merasa lelah atau lapar.

Di dekat Asakusa juga "Jinrikisha", yaitu alat transportasi seperti becak yang ditarik oleh orang Jepang atau tenaga manusia. Mereka akan menunjukkan spot yang terkenal di dalam kota tersebut. Beberapa penarik becak bahkan bisa berbahasa Inggris walau masih terbata-bata.

Becak tersebut bisa diisi satu sampai dua orang saja karena mirip seperti becak di Indonesia. Tetapi Jinrikisha memiliki roda yang lebih besar dibanding becak yang ada di Indonesia.

33. Fuefuki

Prefektur Yamanashi di Jepang, selain dikenal sebagai rumah bagi Fujisan, sebutan warga setempat bagi Gunung Fuji, wilayah itu juga terkenal sebagai Kerajaan Buah-nya Jepang. Pusatnya berada di Kota Fuefuki yang berjarak sekitar 30 meter dari Gunung Fuji.

Wisata Jepang terbaik yang wajib dikunjungi ini berada di ketinggian 261 mdpl, Lebih dari 58 persen luasan kota merupakan kawasan hutan. Tak heran bila Fuefuki cenderung sejuk dengan suhu tertinggi terjadi sekitar Agustus, mencapai 22,8 derajat Celcius.

Kota ini terkenal sebagai kota penghasil persik dan anggur nomor 1 di Jepang. Dikutip dari laman peach-city.com, semua itu berkat tanah yang subur, sistem drainase yang baik, dan memiliki waktu siang yang panjang sehingga terjadi perbedaan suhu yang besar antara siang dan malam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini