Sukses

6 Seleb Ini Pernah Operasi Pengangkatan Kista Ovarium, Terbaru Dinda Kirana

Liputan6.com, Jakarta Kista Ovarium merupakan penyakit tumor jinak yang dialami oleh wanita. Kantung berisi cairan yang dapat tumbuh pada indung telur atau ovarium wanita ini tergolong umum dialami oleh wanita.

Biasanya kista ini tidak berbahaya dan dapat hilang dengan sendirinya. Kista ovarium sendiri sebagian besar tidak menimbulkan gejala, akan tetapi dalam beberapa kasus gejala yang timbul ialah menstruasi tak teratur, nyeri saat berhubungan seksual, serta buang air besar yang tidak teratur.

Meski dapat sembuh dengan sendirinya, dalam beberapa kasus kista ovarium juga memerlukan penanganan dokter. Apalagi jika ukuran kista tersebut kian membesar, tindakan operasi pun perlu dilakukan.

Hal ini pula yang baru saja dialami oleh aktris Dinda Kirana. Wanita kelahiran 30 April 1995 ini diketahui baru saja menjalani operasi pengangkatan kista ovarium. Hal ini diketahui dari unggahan di akun Instagram pribadinya.

Tak hanya Dinda Kirana saja, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini beberapa seleb Tanah Air yang diketahui pernah menjalani operasi pengangkatan kista ovarium, Sabtu (12/6/2021).

2 dari 7 halaman

1. Shireen Sungkar

Aktris sekaligus istri Teuku Wisnu, Shireen Sungkar diketahui pernah menjalani operasi pengangkatan kista ovarium. Adanya kista yang bersarang di tubuh Shireen sendiri diketahui usai melahirkan putra pertamanya, Teuku Adam Al Fatih.

Shireen sendiri memiliki gejala nyeri pada bagian punggung dan bawah perut, menstruasi yang tidak teratur serta nyeri saat buang air kecil. Tak ingin berlarut, pasangan selebriti ini memutuskan untuk menjalani operasi pengangkatan kista ovarium.

3 dari 7 halaman

2. Ussy Sulistiawaty

Ussy Sulistiawaty diketahui pernah divonis menderita penyakit kista ovarium. Istri Andhika Pratama ini pun diketahui langsung memilih menjalani operasi pengangkatan kista pada 2004 di sebuah rumah sakit di Singapura.

Tak hanya memiliki kista ovarium saja, akan tetapi Ussy bahkan disebut-sebut memiliki penyakit pra kanker mulut rahim. Hal ini pula yang membuatnya harus terbang ke Singapura sebelumnya untuk menjalani pengobatan.

4 dari 7 halaman

3. Novita Angie

Presenter Novita Angie juga diketahui sempat memiliki kista ovarium. Dirinya juga telah menjalani operasi pengangkatan pada 1995. Akan tetapi kista tersebut rupanya tidak benar-benar hilang. Sehingga pada 2002 lalu Angie kembali menjalani operasi pengangkatan kista.

5 dari 7 halaman

4. Delia Septianti

Delia Septianti sempat menjalani operasi pengangkatan kista ovarium beberapa tahun lalu. Memiliki kista di tubuhnya pertama kali diketahui karena selalu merasakan sakit yang luar biasa setiap menstruasi. Tak hanya itu saja, ia juga kerap merasakan migran saat datang bulan. Namun, kini dirinya pun telah dinyatakan sehat usai menjalani operasi.

6 dari 7 halaman

5. Feby Febiola

Pada Juni 2020 lalu, Feby Febiola sempat mencuri perhatian banyak masyarakat. Pasalnya, ia mengungkapkan memiliki kista ovarium stadium 1C. Ia pun langsung menjalani operasi pengangkat kista tersebut.

Tak sampai disitu saja, ia bahkan harus menjalani enam sesi kemoterapi untuk pengobatannya. Hingga pada November 2020 lalu, dirinya dinyatakan sembuh dari kista ovarium.

7 dari 7 halaman

6. Dinda Kirana

Melalui akun Instagram pribadinya, Dinda Kirana mengunggah foto usai menjalani operasi pengangkatan kista ovarium. Ia juga menjelaskan jika sebenarnya kista yang diidapnya telah diketahui tahun lalu. Namun, karena kistanya berkembang serta terdapat di kantung ovarium kanan dan kiri dengan ukuran berbeda, dirinya pun memutuskan untuk menjalani operasi.

"Jadi tahun lalu besar kista aku tuh cuman 3 cm dan makan satu tahun, untuk besarnya jadi kistanya ada 2, di kantung ovarium kanan dan kiri, ada yg ukuran 12 dan 5 cm kurang lebih, dan itu udah termasuk besar sekali," ujar Dinda Kirana di akun Instagram pribadinya, Sabtu (12/6/2021).

Kini usai menjalani operasi pengangkatan kista ovarium, pesinetron satu ini pun tengah menjalani pengobatan rutin.