Sukses

12 Macam Binatang Ternak dan Peliharaan yang Aman dan Menguntungkan

Macam binatang ternak bisa dijadikan peliharaan yang menguntungkan.

Liputan6.com, Jakarta Macam binatang ternak bisa dijadikan peliharaan yang menguntungkan. Bagaimana tidak, binatang ternak akan menghasilkan berbagai hal yang berguna untuk kehidupan manusia, contohnya telur dari ayam yang menjadi makanan sehari-hari banyak orang. 

Selain itu, binatang ternak dan peliharaan juga bisa dijadukan usaha atau bisnis. Dengan berbagai manfaat yang diberikan oleh binatang ternak dan binatang peliharaan, tidak heran kamu bisa mendapatkan keuntungan berupa penghasilan yang cukup melimpah.

Macam binatang ternak dan peliharaan perlu kamu pahami. Untuk mendapatkan keuntungan, kamu tentunya perlu mengetahu cara memeliharanya dengan baik. Jika tidak, tentunya hanya kerugian yang akan kamu dapatkan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (13/6/2021) tentang macam binatang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Macam Binatang Ternak yang Menguntungkan

Ayam

Macam binatang ternak yang menguntungkan pertama tentunya adalah ayam. Usaha ayam menjadi satu dari sekian banyak bisnis ternak yang populer dan juga mendatangkan keuntungan.

Apalagi setiap lapisan masyarakat mengonsumsi makanan, banyak juga penjual makanan cepat saji yang menggunakan bahan utama ayam. Maka usaha ayam bisa dibilang akan mendulang keuntungan pasar karena tingkat kebutuhan yang tinggi.

Sapi

Macam biantang ternak sapi menjadi pilihan para pebisnis besar, selain keuntungan yang besar, pangsa pasarnya juga besar. Terutama ketika kamu jual di musim lebaran, hari besar, dan juga ketika lebaran haji atau hari qurban.

Tak jarang pebisnis mendulang kesuksesan dan keuntungan besar. Namun dibalik keuntungan tersebut, banyak masyarakat yang ingin sapi yang sehat, terawat dan juga segar ketika dibeli. Maka sudah menjadi pekerjaan penjual atau pebisnis untuk merawat dengan baik.

Lele

Beternak lele merupakan macam binatang ternak selanjutnya yang bisa jadi pilihan. Lele yang sehat dan dirawat dengan baik memiliki gizi baik dan omega 3 yang sangat sehat untuk anak-anak.

Untuk itu penting mengonsumsi lele dengan kadar standar, karena bisa meningkatkan kepintaran otak. Jika ingin menjual untuk dikonsumsi kamu bisa memilih ternak lele. Tenrak lele juga sangat menguntungkan, apalagi lele sangat mudah hidup.

Burung Puyuh

Macam binatang yang juga tak kalah menguntungkan lainnya adalah burung puyuh. Unggas satu ini banyak dijumpai karena sering dimanfaatkan bagian telurnya. Burung puyuh menghasilkan telur bisa 6-7 telur di setiap minggunya tergantung nutrisi dan kondisinya. Apalagi, burung puyuh mudah dibudidayakan karena termasuk hewan yang tenang. Burung ini biasa ditemukan di daerah sawah, hutan, atau semak belukar.

3 dari 4 halaman

Macam Binatang Ternak yang Menguntungkan

Kambing

Ternak kambing sering dijadikan investasi tersendiri, karena penjualan kambing yang tinggi. Kamu juga bisa memilih untuk ternak kambing jika ingin mendulang usaha besar. Macam binatang ternak ini cukup sering digunakan di Indonesia, di antaranya untuk konsumsi pada lebaran, untuk acara besar seperti kurban, aqiqah dan lainnya.

Udang

Macam binatang ternak menguntungkan selanjutnya adalah udang. Udang tergolong hewan laut yang perawatannya mudah namun tidak membutuhkan modal yang besar. Permintaan pasar yang begitu tinggi menjadikan budidaya udang menjadi usaha yang menjanjikan. Udang juga dimanfaatkan sebagai bahan penyedap makanan hingga kerupuk.

Bebek

Macam binatang ternak yang menguntungkan berikutnya adalah bebek. Hewan unggas satu ini berbeda dengan ayam karena bebek sering menghabiskan aktivitasnya di tempat yang mengandung air seperti sungai ataupun sawah. Hewan ini memiliki ciri-ciri warna tubuhnya coklat kekuningan. Memiliki paruh dan berkaki dua. Berkembang biak melalui bertelur. Hewan ini dimanfaatkan dengan diambilnya daging dan telurnya.

4 dari 4 halaman

Macam Binatang Peliharaan yang Aman

Ikan Hias

Bukan rahasia lagi jika ikan hias memiliki harga yang selangit baik dalam bisnis maupun modal usahanya. Namun ketika usaha kamu mulai besar, ikan hias bisa menjadi usaha yang sangat menjanjikan, apalagi ikan hias sangat banyak jenisnya baik dari pasaran harga sedang sampai tinggi.

Bisnis ikan hias ini memang lebih kepada hobi, sehingga agak sulit mempopulerkan bisnis ini. Namun jika sudah bisa menguasai pasar, maka kamu akan menuai keuntungan sangat besar.

Kucing

Siapa sih yang tidak senang dengan kucing, mungkin beberapa orang tidak bisa memelihara kucing karena alerginya. Terlepas dari hal tersebut kucing merupakan salah satu hewan yang tingkat usahanya menghasilkan pendapatan yang tinggi.

Meskipun beberapa orang menentang, dan bagi umat islam sendiri kucing tidak boleh diperjual-belikan. Namun setidaknya bisnis sampingannya memadai, seperti menjual pakan, kandang dan lainnya.

Hamster

Beberapa tahun yang lalu sempat ramai bisnis hamster, di  mana awalnya hewan peliharaan ini sangat mudah hamil dan melahirkan anak yang cukup banyak. Dari kemudahan mengembangbiakan itulah, penjualan hamster mulai marak dan meningkat dalam pasar. Banyak orang yang memilih hamster karena hewan tersebut cukup kecil dan tidak memakan tempat atau biaya besar untuk perawatannya.

Kelinci

Macam binatang peliharaan yang aman dipelihara berikutnya adalah kelinci. Kelinci sudah populer dan banyak diperlihara, walaupun banyak juga yang kesulitan membuatnya hidup lama. Beternak kelinci juga bisa kamu jadikan pilihan, walaupun agak sulit menerapkannya.

Anjing

Salah satu macam binatang yang aman dipelihara adalah anjing, terutama anaknya. Puppy atau anak anjing sering dibisniskan terutama bagi mereka yang pencinta hewan peliharaan. Tentu keuntungan menjual beli anjing jangan dikatakan, mereka sangat untung.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini