Sukses

Sering Ngilu, Ini Penyebab Gigi Sensitif

Liputan6.com, Jakarta Memiliki gigi sensitif kerap mengganggu aktivitas seseorang. Apalagi jika berurusan dengan makanan yang dingin. Rasa ngilu membuat Anda merasa tidak nyaman bahkan sebagian orang mengaku pusing ketikarasa tidak nyaman menganggu akibat gigi sensitif.

Lantas apa penyebabnya? dilansir liputan6 berikut penjelasannya:

Gusi yang Menyusut

Bertambahnya usia membuat gusi surut dan membuat dentin menjadi muncul. Kemudian dentin yang bersentuhan dengan makanan atau minuman dingin maka akan menimbulkan rasa sakit yang tidak menyenangkan.

Gusi dan Email Gigi yang Rusak

Penyebab gigi sensitif berikutnya adalah bisa diakibatkan karena gusi dan enamel gigi yang rusak. Jika gusi dan enamel rusak, maka akan menyebabkan dentin terekspos.

Salah Menyikat Gigi

Jika dilakukan dengan benar, menyikat gigi sangat bermanfaat. Namun jika dilakukan dengan cara yang salah, menyikat gigi bisa menyebabkan rusaknya gusi dan email gigi. Jika kamu sedang menggosok gigi, usahakan lakukan dengan lembut dan tidak terlalu keras atau terlalu sering.

Erosi Gigi

Enamel pada gigi bisa rusak hingga terkikis karena makanan dan minuman yang mengandung asam. Maka dari itu, hindari makanan dan minuman asam sebanyak mungkin. Contoh makanan yang mengandung asam adalah jus buah, anggur, cuka, minuman ringan dari buah jeruk, dan lain sebagainya.

Kebersihan Mulut

Sebenarnya gigi rusak bisa dicegah dengan menjaga kebersihan gigi dan mulut. Yaitu dengan cara menggosok gigi secara teratur. Maka dari itu diperlukan perlindungan dari pasta gigi yang khusus untuk gigi sensitif. Dengan formula yang dibenamkan, gigi akan lebih kuat dan menjaga kesehatan gigi dan mulut.

 

(*)