Sukses

6 Macam Segitiga dan Sifatnya, Lengkap Nama serta Rumus

Mengenali macam segitiga dan sifatnya bisa dari sisi dan sudutnya.

Liputan6.com, Jakarta Segitiga merupakan bangun datar yang memiliki 3 buah sisi dan mempunyai 3 buah titik sudut. Mengenali macam segitiga dan sifatnya bisa dari sisi dan sudut ini. Dalam Geometri, segitiga adalah poligon tiga sisi yang terdiri dari tiga tepi dan tiga simpul.

Bangun segitiga merupakan bentuk dua dimensi tertutup. Macam segitiga dan sifatnya dari sisi terdiri atas segitiga sama kaki, sembarang, dan sama sisi. Rumus macam segitiga dan sifatnya dari sisi ini berbeda-beda.

Sifat paling penting dari segitiga adalah jumlah sudut dalam segitiga sama dengan 180 derajat. Untuk macam segitiga dan sifatnya dari sudut sendiri terdiri atas segitiga siku-siku, lancip, dan tumpul. Jika ABC adalah segitiga, maka dilambangkan sebagai ABC, di mana A, B, dan C adalah titik sudut segitiga.

Berikut Liputan6.com ulas lebih jauh tentang macam segitiga dan sifatnya dari berbagai sumber, Senin (14/6/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Macam Segitiga dan Sifatnya yang Sama Kaki

Macam segitiga dan sifatnya yang sama kaki adalah segitiga yang paling sedikit terdapat dua sisi yang saling sama panjang (kongruen). Pada segitiga sama kaki, dua sisinya sama panjang. Dua sudut macam segitiga sama kaki yang berhadapan dengan dua sisi yang sama besar juga sama besar.

Segitiga sama kaki mungkin jenis segitiga lancip, siku- siku atau segitiga tumpul. Besar dua sudut pada kaki-kaki sebuah segitiga sama kaki adalah sama. Sebuah segitiga sama kaki yang siku-siku besar sudut-sudut kakinya adalah 45 derajat.

Kadang-kadang macam segitiga dan sifatnya yang sama kaki dinyatakan memiliki dua sisi dengan panjang sama, dan kadang-kadang memiliki setidaknya dua sisi dengan panjang yang sama, versi terakhir dengan demikian memasukkan segitiga sama sisi sebagai kasus khusus.

Rumus macam segitiga dan sifatnya yang sama kaki:

- Rumus keliling

K = sisi a + sisi b + sisi c

- Rumus tinggi

T2 = Sisi2 – ½ Alas2

- Rumus luas

L = ½ x alas x tinggi

3 dari 7 halaman

Macam Segitiga dan Sifatnya yang Sembarang

Dalam geometri, macam segitiga dan sifatnya yang sembarang adalah segitiga yang semua sisinya berbeda panjang. Ini berarti semua sisi segitiga tidak sama panjang dan ketiga sudutnya juga berbeda ukuran.

Macam segitiga dan sifatnya yang sembarang adalah segitiga yang panjang sisi-sisinya tidak ada yang sama (kongruen). Segitiga sembarang mungkin masuk ke dalam jenis segitiga lancip atau segitiga tumpul. Segitiga sembarang adalah jenis segitiga yang ketiga sisinya memiliki ukuran sisi yang berbeda. Karena ini, ketiga sudut juga berbeda satu sama lain.

Rumus macam segitiga dan sifatnya yang sama sembarang:

- Rumus luas

Luas = 1/2 x alas x tinggi

Luas = √s (s - a)(s - b)(s - c)

- Rumus keliling

s = ½ keliling = a + b + c / 2

4 dari 7 halaman

Macam Segitiga dan Sifatnya yang Sama Sisi

Macam segitiga dan sifatnya yang sama sisi pada ketiga sisinya sama panjang (kongruen). Segitiga sama sisi bentuknya selalu segitiga lancip. Besar sudut-sudut dalam segitiga sama sisi adalah sama. Setiap sudut dalam sebuah segitiga sama sisi besarnya sama dengan 60 derajat.

Segitiga sama sisi memiliki ketiga sisi yang sama panjang. Karena ini semua sudut internal memiliki derajat yang sama, yaitu masing-masing sudut adalah 60 °. Dalam geometri, macam segitiga dan sifatnya yang sama sisi ketiga sisinya sama panjang. Dalam geometri euklides, segitiga sama sisi juga merupakan equiangular; yaitu, semua tiga sudut internal juga kongruen satu sama lain dan masing-masing 60°.

Rumus macam segitiga dan sifatnya yang sama sisi:

- Rumus keliling

Kll = sisi a + sisi b + sisi c sama dengan Kll = 3 × panjang sisi

- Rumus luas

L = ½ × a × t

- Rumus luas dengan panjang sisi

Luas = (a² ÷ 4) × √3

- Rumus tinggi

t = (2 × Luas) ÷ a

5 dari 7 halaman

Macam Segitiga dan Sifatnya yang Lancip

Macam segitiga dan sifatnya yang lancip merupakan segitiga yang sudutnya memiliki besar antara 0° hingga kurang dari 90°. Sudut ini lebih kecil dari sudut siku-siku. Segitiga yang dibentuk oleh semua sudut berukuran kurang dari 90˚ dikenal sebagai segitiga lancip.

6 dari 7 halaman

Macam Segitiga dan Sifatnya yang Siku-Siku

Macam-macam segitiga selanjutnya adalah segitiga siku-siku. Segitiga ini memiliki besar sudut tepat 90°. Sudut siku-siku pada segitiga diwakili oleh simbol ∟. Jika dua garis lurus saling berpotongan pada sudut 90˚ atau saling tegak lurus di persimpangan, keduanya membentuk sudut siku-siku.

Pada setiap segitiga siku-siku, berlaku aturan (teorema) Pythagoras yang berbunyi “kuadrat sisi miring sama dengan jumlah kuadrat sisi siku-sikunya”. Atau apabila panjang sisi miring adalah c, dua sisi siku-siku lainnya adalah a dan b maka hubungannya adalah c2= a2+ b2.

Rumus macam segitiga dan sifatnya yang siku-siku:

- Rumus keliling

K = sisi a + sisi b + sisi c

- Rumus luas

L = ½ x alas x tinggi

7 dari 7 halaman

Macam Segitiga dan Sifatnya yang Tumpul

Macam segitiga dan sifatnya yang tumpul adalah segitiga yang mempunyai besar sudut antara 90° hingga kurang dari 180°. Jika diterjemahkan ke dalam notasi matematika, sudut tumpul dituliskan dengan 90° < x < 180°, di mana x adalah besar sudut yang diukur. Sudut tumpul macam segitiga adalah segitiga yang salah satu sudutnya lebih besar dari 90 derajat. Segitiga tumpul bisa berupa segitiga sama kaki atau tak sama panjang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini