Sukses

13 Wisata Sentul Bogor Populer, Tawarkan Suasana Sejuk Pegunungan

Liputan6.com, Jakarta Wisata Sentul sering jadi alternatif rekreasi bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Sentul merupakan salah satu kawasan di Bogor yang menawarkan lokasi pegunungan yang sejuk dan segar. Wisata Sentul berada di Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, sebelah timur Kota Bogor.

Wisata Sentul menawarkan panorama yang akan menenangkan hati dan pikiran. Wisata Sentul memiliki ragam destinasi mulai dari air terjun alami, waterpark, taman budaya, hingga taman rekreasi. Dengan waktu tempuh kurang lebih satu jam, Anda sudah bisa menikmati kesejukan kota Bogor di wisata Sentul.

Wisata Sentul bisa masuk daftar destinasi akhir pekan keluarga. Berikut 14 wisata Sentul Bogor, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin(14/06/2021).

2 dari 8 halaman

Wisata Sentul Bogor

Curug Hordeng

Curug Hordeng berada di Jl. Gunungwangun, Cibadak, Sukamakmur, Bogor. Curug ini dinamai Curug Hordeng karena aliran air terjunnya mengalir bak sebuah tirai yang menjuntai. Dalam bahasa Sunda berarti tirai penutup jendela.

Keistimewaan curug ini terdapat kolam yang dapat digunakan untuk berenang di bawahnya. Kolamnya pun lebih luas dengan kedalaman antara 2 hingga 2.5 meter. Para wisatawan biasanya memasang hammock diantara pepohonan sambil menghadap ke Curug Hordeng.

Curug Ciburial

Curug Ciburial berada di Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor. Curug Ciburial memiliki kurang lebih antara 7 hingga 9 meter. Diantara curug lainnya, terdapat kolam yang cukup dalam di depan Curug Ciburial. Saat debit air sedang tinggi, kolam tersebut kedalamannya bisa mencapai 4 hingga 5 meter.

Bagi yang suka berenang, kolam ini menjadi salah satu tantangan tersendiri. Beberapa wisatawan memberanikan diri loncat dari batu paling tinggi. Untuk berjaga-jaga, warga sudah memasang tali sebagai upaya preventif untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

3 dari 8 halaman

Wisata Sentul Bogor

Curug Kembar

Curug Kembar berada satu lokasi dengan curug Hordeng dan Ciburial. Butuh waktu 10 menit dari curug Hordeng untuk menuju ke curug ini. Dinamakan curug kembar karena ada dua curug yang mengalir dengan ketinggian kurang lebih 10 meter. Di bawah curug terdapat kolam sedalam 2 meter yang bisa dijadikan tempat berenang.

Curug Bidadari

Curug bidadari berada di desa Bojong koneng, Bogor. Curug bidadari cukup tinggi, dan mempunyai volume air cukup besar. Air terjun ini memiliki ketinggian mencapai kurang lebih 40 meter dan lebar 7 meter. Ada pula fasilitas waterpark dengan latar belakang pemandangan alam dan perahu kecil yang bisa ditumpangi. Masih ada pula pancuran alami yang dibuat dari bambu.

4 dari 8 halaman

Wisata Sentul Bogor

Leuwi Hejo

Leuwi Hejo berada di Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Bogor. Leuwi Hejo merupakan wisata Sentul yang memiliki suasana alam yang masih asri. Disini kamu dapat menyaksikan aliran sungai dengan airnya yang jernih dan segar. Tak lupa, curug yang indah mengalir deras melalui aliran sungai tersebut. Meski harus melewati jalan yang cukup terjal untuk sampai pada kawasan ini, seluruh perjuangan akan terbayar tuntas ketika mendapati keindahan alam yang begitu memesona.

Curug Putri Kencana

Curug Putri Kencana berada di Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor. Curug ini memiliki ketinggian kurang lebih 7 meter dengan kolam alami sekitar 4 hingga 6 meter. Lokasi curug yang tersembunyi membuat curug ini masih terasa alami dan belum banyak dikunjungi.

5 dari 8 halaman

Wisata Sentul Bogor

Taman Budaya Sentul

Taman Budaya Sentul sering dijadikan untuk tempat outbond karena menyediakan paket-paket tersebut. Taman Budaya Sentul juga menyelipkan konsep budaya seperti bangunan hingga konsep Budaya Sunda yang kental. Di sini kamu dapat berekreasi dengan keluarga menikmati suasana pegunungan yang mengelilingi tempat ini.

6 dari 8 halaman

Wisata Sentul Bogor

Pasar Ah Poong

Pasar Ah Poong merupakan tempat wisata di Sentul yang cocok bagi kamu yang ingin berburu kuliner. Konsepnya mirip dengan pasar apung di Banjarmasin. Disini terdapat lebih dari 80 jenis kuliner mulai dari masakan tradisional hingga modern. Selain itu pengunjung juga dapat menikmati wisata air seperti naik perahu, bebek air, atau bola-bola air. Jadi selain menikmati ragam kuliner, kamu juga bisa sambil berekreasi.

Taman Wisata Gunung Pancar

Taman Wisata Gunung Pancar merupakan bumi perkemahan di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Selain untuk berkemah, pemandangannya yang cantik juga sering diburu untuk selfie kekinian atau foto pre-wedding. Untuk retribusinya kamu cukup merogoh kocek sebesar 5 ribu rupiah pada hari biasa dan 7.500 rupiah pada hari Minggu dan Sabtu.

7 dari 8 halaman

Wisata Sentul Bogor

Ecoart Park Sentul City

Ecoart Park Sentul City merupakan taman kota yang menampilkan karya seni daur ulang yang tersebar di sekitar taman. Tujuan dari peletakan karya seni ini adalah untuk mengajarkan tentang isu-isu ekologi. Taman terbuka ini bebas dikunjungi siapapun dan menjadi destinasi warga sekitar untuk bersantai. Ecoart Park Sentul City berada di Cipambuan, Babakan Madang, Bogor.

Sawah Segar

Sawah Segar merupakan resto yang sering menjadi tujuan wisata Sentul. Sesuai namanya, Sawah Segar menawarkan pengalaman menyantap kuliner dengan latar belakang lokasi persawahan. Sawah Segar menawarkan menu beragam mulai dari ikan, ayam, iga, hingga sayuran. Resto ini berada di Bojong Koneng, Babakan Madang, Bogor.

8 dari 8 halaman

Wisata Sentul Bogor

Taman Fathan Hambalang

Taman Fathan Hambalang berada di Hambalang, Kec. Citeureup, Bogor. Taman Fathan Hambalang menawarkan sudut pandang puncak bukit dengan pemandangan puncak & lembah berhutan yang asri. Taman ini juga memiliki kafe al fresco yang populer. Taman Fathan Hambalang sangat cocok jadi tempat nongkrong di sore hari. Tersedia berbagai sajian makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

Kampung Koneng

Kampung Koneng berlokasi di Jl. Tapos, RT.03/RW.04, Sentul Selatan, Bojong Koneng, Babakan Madang, Bogor. Kampung Koneng merupakan restoran keluarga yang menyajikan menu khas kampung. Lokasinya yang berada di pegunungan membuat restoran ini punya daya tarik tersendiri. Beberapa menu andalan disajikan lengkap bersama sambal merah dan hijau yang akan menggugah selera makan.