Sukses

Discord adalah Platform Komunikasi untuk Main Game, Berikut Cara Menggunakannya

Liputan6.com, Jakarta Discord adalah salah satu platform yang naik daun beberapa waktu belakangan. Bahkan, Discord diketahui memiliki lebih dari 140 juta pengguna aktif bulanan sampai sekarang. Penggunanya makin banyak seiring dengan kondisi pandemi yang membuat interaksi virtual kian tinggi. 

Discord adalah platform komunikasi untuk gaming. Aplikasi Discord dipakai sebagai tools untuk membuat konten, mengembangkan forum, hingga membuat grup lokal yang fokus pada video gim.

Namun, sekarang ini discord tidak hanya dipakai oleh para gamers, tapi juga banyak dipakai oleh komunitas lainnya, mulai dari penyuka olahraga, kelompok musik, hingga investor mata uang kripto.

Discord sudah menjadi platform obrolan yang meluas, tidak hanya digunakan oleh gamers saja. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (14/6/2021) tentang discord adalah.

2 dari 5 halaman

Discord adalah

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, discord adalah aplikasi obrolan untuk para gamers. Aplikasi perpesanan yang juga menyediakan fitur obrolan suara, Discord adalah pilihan banyak pamain game.

Discord adalah platform yang digunakan untuk berkomunikasi sambil bermain game, baik melalui smartphone atau PC. Discord adalah platform yang awalnya muncul sebagai aplikasi yang berguna untuk menghubungkan para gamer. Tetapi baru-baru ini discord telah menyatakan bahwa mereka ingin lebih inklusif dengan rebranding  sebagai "Tempat kamu untuk berbicara".

Di Discord kamu dapat membuat ‘saluran’ terpisah dengan topik apa pun yang kamu sukai. Kamu kemudian dapat mengundang sesama anggota Discord ke saluran ini untuk berkomunikasi, baik menggunakan teks maupun suara.

Sementara, beberapa obrolan mengharuskan kamu berteman dengan tuan rumah untuk mendapatkan izin masuk. Discord memiliki kualitas suara yang tidak kalah dengan aplikasi lain. Discord saat ini telah diunduh lebih dari 100 juta pengguna di Google Play Store. 

Discord adalah platform yang begitu populer selama beberapa tahun terakhir, tidak hanya di kalangan gamers tetapi juga perusahaan yang ingin membuat platform interaktif dan dinamis agar pelanggan mereka bisa saling berkumpul. Seperti halnya sejumlah layanan digital seperti Zoom yang menangguk untung besar-besaran selama pandemi, begitupun Discord.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Akun Discord

Discord adalah platfomr untuk berkomunikasi dengan orang lain secara virtual,oleh karena itu kamu perlu memiliki akun sebelum menggunakannya. Setelah mendaftar, barulah kamu bisa menikmati segala fitur yang ditawarkan oleh Discord ini.

Berikut cara membuat akun Discord:

1. Download aplikasi Discord di PC atau di Smartphone

2. Jika sudah, langsung buka aplikasi Discord.

3. Lalu, pilih tombol Register untuk membuat akun Discord.

4. Kemudian, isi kolom username, email, dan password. Setelah selesai, kamu tinggal klik tombol 'Create an account'.

5. Setelah proses registrasi berhasil, kamu akan dibawa ke halaman utama aplikasi Discord yang berisi sebuah link milikmu.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Grup atau Server di Discord

Discord adalah paltform yang digunakan bersama-sama. Cara membuat grup atau di Discord disebut dengan server tidak begitu sulit. Dengan begitu, kamu bisa segera berkomunikasi dengan tim gaming ataupun komunitas kamu di Discord.

Berikut cara membuat grup atau server di Discord:

1. Klik menu ikon 'Discord'.

2. Kemudian, pilih ikon (+) untuk membuat server secara langung. Pilih opsi ‘create a server’.

3. Setelah itu, buat dan isi nama server dan foto profil, lalu pilih tombol 'Create Server'.

4. Klik tombol ‘Share Link' untuk membagikan link server Discord yang sudah kamu buat kepada teman-teman melalui media sosial, SMS, atau platform lainnya.

5. Kamu sudah bisa berkomunikasi dengan teman-temanmu setelah mereka masuk ke grup atau server yang telah kamu buat.

5 dari 5 halaman

Cara Gabung dengan Grup atau Server Discord

Tidak hanya membuat grup atau server Discord, kamu tentunya juga bisa bergabung dengan grup atau server Discord yang dibuat temanmu atau orang lain. Caranya juga sangat mudah, asalkan kamu memiliki link Discord grup atau server yang dibuat teman atau orang lain yang ingin kamu masuki, kamu bisa berkomunikasi langsung dengan mereka.

Jadi, intinya dalam cara gabung dengan grup atau server Discord ini adalah link-nya. Jika sudah punya link, kamu tinggal mengikuti langkah-langkah mudah untuk bergabung.

Berikut cara gabung dengan grup atau server discord teman atau orang lain:

1. Klik menu ikon 'Discord'.

2. Kemudian, pilih (+) untuk bergabung dengan grup lainnya. Pilih opsi 'Join a server'.

3. Setelah itu, masukkan link server Discord yang kamu punya ke kolom yang telah disediakan.

4. Pilih 'Join Server'.

5. Layar akan menampilkan nama server Discord yang ingin kamu masuki. Pada pilihannya, kamu bisa memilih tombol 'Accept Invite'.

6. Jika sudah menakan tombol tersebut, maka halaman server Discord yang kamu masuki akan secara otomatis terbuka dan kamu berhasil gabung grup atau server tersebut.