Sukses

14 Manfaat Baby Oil untuk Kecantikan, Pahami Efek Sampingnya

Liputan6.com, Jakarta Manfaat baby oil untuk kecantikan sangat baik untuk merawat wajah, rambut, hingga kuku. Minyak essensial seperti baby oil ini aman digunakan karena terbuat dari mineral oil berbasis petrolleum. Produk baby oil ini sudah teruji oleh ahli dan bersifat hypoallergenic.

Ini yang membuat manfaat baby oil untuk kecantikan sangat direkomendasikan. Baby oil tidak mengandung bahan kimia seperti paraben, ftalat, pewarna, dan aroma yang berbahaya. Akan tetapi pahami bahwa pada beberapa kondisi, baby oil juga bisa memberikan efek samping seperti memunculkan jerawat sampai menghambat keluarnya keringat.

Untuk bisa merasakan manfaat baby oil untuk kecantikan, takaran penggunaannya jangan berlebihan. Bila belum pernah mencoba, jangan sungkan untuk mencoba beberapa tetes di kulit untuk mengetahui bagaimana reaksi awalnya. Berikut Liputan6.com ulas manfaat baby oil untuk kecantikan dan efek sampingnya dari berbagai sumber, Selasa (15/6/2021).

2 dari 6 halaman

Manfaat Baby Oil untuk Kecantikan Wajah

1. Melembapkan Kulit

Manfaat baby oil untuk kecantikan pertama dapat melembapkan kulit wajah secara alami. Saat memasuki usia dewasa, kulit cenderung lebih kering dan memiliki tekstur yang kasar. Karena kekurangan produksi kolagen dan minyak alami yang ada di dalam kulit.

Kulit yang terlalu kering ini, ditandai dengan adanya pengelupasan kulit dan kulit tampak kusam. Untuk mengembalikan kelembapan kulit ini, gunakan manfaat baby oil untuk kecantikan sebagai minyak wajah di malam hari.

2. Membersihkan Makeup

Manfaat baby oil untuk kecantikan kedua dapat membersihkan riasan. Baby oil memiliki manfaat untuk membantu membersihkan riasan wajah, yang cocok digunakan untuk kulit yang kering cenderung sensitif, karena teksturnya minyak dan tidak menyebabkan iritasi kulit.

Kamu bisa menuangkan baby oil ke tangan untuk merasakan manfaat baby oil untuk kecantikan, lalu aplikasikan ke seluruh wajah dengan pijatan kecil, dan angkat baby oil dengan kapas. Terakhir bilas dengan air hangat.

3. Menyamarkan Mata Panda

Manfaat baby oil untuk kecantikan ketiga dapat menyamarkan mata panda. Mata panda adalah kondisi saat area kantong mata menggelap dan membengkak. Hal ini bisa disebabkan karena terlalu sering begadang, pola makan yang kurang sehat, terlalu sering terpapar sinar matahari dan memiliki kondisi penyakit tertentu.

Kantong mata menjadi lebih gelap dan membengkak, karena sirkulasi darah di area tersebut tidak lancar. Sehingga gunakan baby oil untuk memijat area mata selama 2 menit, untuk membantu melancarkan sirkulasi darah dan menyamarkan mata panda. Bila dilakukan secara rutin maka manfaat baby oil untuk kecantikan ini bisa didapatkan.

4. Merapikan Alis

Manfaat baby oil untuk kecantikan dapat merapikan alis secara alami. Baby oil memiliki manfaat yang bisa membantu merapikan alis. Tentu saja memiliki bulu alis yang tebal dan tidak rapi, bisa membuat kepercayaan diri seseorang menurun. Untuk merasakan manfaat baby oil untuk kecantikan ini, kamu bisa menggunakan spoolie dengan diberi sedikit baby oil, lalu tambahkan sedikit warna gelap untuk mempertegas warna alis.

5. Scrub Bibir

Manfaat baby oil untuk kecantikan kelima dapat dijadikan scrub bibir. Tak hanya digunakan untuk membantu merawat kulit wajah. Baby oil bisa digunakan untuk membantu merawat bibir, agar tidak kering dan pecah-pecah akibat terlalu sering menggunakan lipstik.

Untuk bisa merasakan manfaat baby oil untuk kecantikan, gunakan beberapa tetesan baby oil, lalu campurkan dengan perasan jeruk lemon segar dan setengah sendok teh gula pasir. Kemudian aplikasikan ke area permukaan bibir, gosok secara perlahan dan bilas dengan air bersih.

3 dari 6 halaman

Manfaat Baby Oil untuk Kecantikan Rambut

6. Melembutkan Rambut

Manfaat baby oil untuk kecantikan bisa digunakan untuk melembutkan rambut secara alami. Baby oil bekerja membuat penghalang pada kulit. Ini mencegah hilangnya kelembaban dengan penguapan. Menggunakannya pada rambut bisa mengunci kelembaban pada tiap kutikula rambut.

Ini bisa mencegah rambut kering dan bercabang. Manfaat baby oil untuk kecantikan bisa menjadi pilihan untuk mengunci kelembapan alami saat mengeringkan dan menata rambut. Baby oil juga membantu melindungi hilangnya kelembaban dari rambut karena angin dan kerusakan akibat sinar matahari.

7. Menyingkirkan Kutu

Manfaat baby oil untuk kecantikan bisa menyingkirkan kutu rambut. Waspadai bahwa kutu bisa menyerang rambut dan memberi efek gatal pada rambut. Ketika kutu bertelur yang menetas dengan cepat, serangan kutu dapat berkembang dengan cepat. Baby oil bisa menghilangkan kutu yang cukup efektif.

Manfaat baby oil untuk kecantikan dapat membantu mengobati kutu kepala pada orang dewasa dan anak-anak. Tutupi kulit kepala dan rambut dari akar hingga ujung dengan baby oil. Biarkan selama setidaknya 8 jam sebelum dibilas. Minyak bayi membantu menyingkirkan kutu dan telur kutu. Ini paling efektif jika dikombinasikan dengan bahan kimia khusus untuk perawatan kutu.

8. Cegah Rambut Kering

Manfaat baby oil untuk kecantikan yang jarang diketahui adalah dapat mencegah rambut menjadi kering. Kulit kepala yang kering dapat bersisik dan menyebabkan ketombe. Ini bisa merusak akar rambut dan memperlambat pertumbuhan rambut. Kulit kepala yang sehat membantu memberi Anda rambut yang lebih kuat, lebih halus, dan tampak lebih sehat.

9. Kuatkan Rambut

Manfaat baby oil untuk kecantikan kesembilan adalah dapat menguatkan rambut agar tidak mudah rontok. Rambut keropos dan bercabang bisa menyerap banyak air. Hal ini membuat setiap helai rambut membengkak dan menyebabkan rambut yang lebih lemah, rusak.

Meregangkan atau menarik rambut dan menggunakan perawatan kimia seperti pewarna rambut juga merusak rambut. Jadikan manfaat baby oil untuk kecantikan sebagai pretreatment sebelum keramas rambut bisa membuatnya tidak keropos. Rambut akan menyerap lebih sedikit air, membuat rambut lebih kuat dan mencegahnya pecah, bercabang, dan kusut.

10. Cegah Ketombe dan Kerak

Manfaat baby oil untuk kecantikan kesepuluh adalah mencegah ketombe dan kerak di rambut. Bagi wanita yang suka mengikat dan menutup rambut, manfaat baby oil untuk kecantikan rambut ini cocok dijadikan sebagai solusinya. Baby oil bisa tetap berada di kulit lebih lama dari pelembab lainnya. Anda bisa menggunakan baby oil sebagai perawatan rambut rutin.

Manfaat baby oil untuk kecantikan dan minyak mineral lainnya bisa menjadi pilihan yang baik untuk mengatasi masalah kulit kepala pada bayi, seperti cradle cap. Iritasi kulit kepala ini mirip dengan ketombe. Pijatkan baby oil ke kulit kepala bayi untuk membantu melonggarkan dan menghilangkan kulit kering dan bersisik. Baby oil dapat membantu mencegah dan menghilangkan ketombe pada anak-anak dan orang dewasa.

4 dari 6 halaman

Manfaat Baby Oil untuk Kecantikan Wajah

11. Eksofoliasi Wajah

Manfaat baby oil untuk kecantikan bisa digunakan untuk eksofoliasi wajah. Selain menghilangkan kotoran dan makeup, baby oil juga bisa digunakan untuk eksofoliasi wajah. Pijat wajah selama dua hingga lima menit dan bersihkan sepenuhnya dengan handuk bersih hangat. Agar bisa merasakan manfaat baby oil untuk kecantikan ini dengan maksimal, lakukan secara rutin.

12. Cegah Penuaan Dini

Manfaat baby oil untuk kecantikan wajah dapat membantu mencegah penuaan dini. Efek melembapkan dan pengangkatan kotoran di wajah juga dapat mencegah kulit dari proses penuaan. Wajah yang lembap dapat mengencangkan kulit dan mencegah keriput. Memijat wajah dengan baby oil dapat mendatangkan manfaat baby oil untuk kecantikan seperti menjaga elastisitas kulit.

13. Mengurangi Stretch Mark

Manfaat baby oil untuk kecantikan dapat mengurangi keberadaan stretch mark. Stretch mark adalah garis halus yang muncul akibat adanya kerusakan pada jaringan kulit. Untuk bisa merasakan manfaat baby oil untuk kecantikan ini gunakan baby oil pada area kulit yang mengalami stretch mark, biarkan baby oil meresap di kulit semalaman.

5 dari 6 halaman

Manfaat Baby Oil untuk Kecantikan Lainnya

14. Merawat Kuku

Manfaat baby oil untuk kecantikan bisa digunakan untuk merawat kuku. Kuku yang terlalu sering diberi pewarna, akan membuat kuku tampak kering, mudah pecah dan berwarna kuning. Untuk bisa merasakan manfaat baby oil untuk kecantikan ini, oleskan baby oil sebelum menggunakan kutek, bisa membantu menjaga kesehatan kuku, agar kuku tetap sehat dan tidak mudah rapuh.

15. Mempermudah Penataan Rambut

Manfaat baby oil untuk kecantikan bisa digunakan untuk mempermudah penataan rambut. Menggunakan baby oil sebagai perawatan rambut pasca mandi membantu rambut terlihat lebih halus, lebih bersinar, dan tidak kusut. Gunakan sedikit baby oil untuk membantu menata dan menahan rambut.

Tidak seperti gel rambut dan hairspray, baby oil tidak akan membuat rambut keras atau meninggalkan kerak. Anda tidak perlu menggunakan serum rambut untuk membuat rambut mudah ditata. Cukup mengandalkan manfaat baby oil untuk kecantikan ini Anda dapat menata rambut dengan mudah dan murah.

16. Menghilangkan Permen Karet pada Rambut

Permen karet yang menempel di rambut menjadi masalah yang menyebalkan. Tenang, manfaat baby oil untuk kecantikan dapat membantu menghilangkan permen karet yang menempel di rambut. Terkadang seseorang terpaksa harus menggunting rambut untuk menghilankan bekas permen karet ini. Anda bisa memanfaatkan baby oil untuk menghilangkan permen karet di rambut. Sifatnya yang licin dapat meluruhkan permen karet.

17. Melindungi Rambut

Manfaat baby oil untuk kecantikan dapat melindungi rambut secara keseluruhan, Gunakan sedikit baby oil pada rambut yang baru dicuci untuk membantu menjaga rambut lebih halus. Baby oil menutup setiap kutikula rambut.

Nah, manfaat baby oil untuk kecantikan rambut ini membantu mencegah kerusakan akibat panas dari pengeringan atau alat penataan lainnya. Oleskan baby oil pada rambut sebelum berenang di kolam renang atau menggunakan hot tub. Minyak melindungi rambut dan kulit kepala dari bahan kimia seperti klorin di dalam air.

6 dari 6 halaman

Efek Samping Penggunaan Baby Oil

1. Picu Reaksi Alergi

Efek samping baby oil untuk wajah yang pertama adalah dapat memicu reaksi alergi. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of the European Academy of Dermatology and Venereology, reaksi alergi terhadap minyak mineral yang merupakan bahan dasar dari baby oil memang sangat jarang terjadi. Namun, jika Anda pada dasarnya memiliki jenis kulit yang sensitif dan khawatir jika pemakaian baby oil dapat memunculkan reaksi negatif, maka Anda sebaiknya mempertimbangkan untuk mengoleskan baby oil ini ke wajah.

Namun jika Anda benar-benar ingin menggunakannya ke wajah, sebaiknya Anda melakukan pengetesan alergi terlebih dahulu ke bagian kulit lain di tubuh, seperti misalnya ke bagian belakang telinga. Anda dapat mengoleskan baby oil ke kulit di belakang telinga dan tunggu selama 24 jam untuk melihat apakah kulit Anda mengeluarkan reaksi yang negatif. Jika tidak melihat adanya kemerahan atau iritasi, maka Anda dapat menerapkannya ke wajah tanpa masalah.

2. Timbulkan Jerawat

Efek samping baby oil untuk wajah yang kedua adalah dapat menimbulkan kemunculan jerawat. Anda bisa berargumen bahwa pada dasarnya baby oil adalah produk yang bersifat non-comedogenic atau tidak menyumbat pori-pori.Namun, lapisan kulit yang terbentuk dapat menjebak kotoran serta minyak berlebih yang masuk ke pori-pori, melansir dari Alodokter.

Hal ini lantas dapat memperparah kondisi jerawat, apabila wajah Anda sedang berjerawat atau rentan jerawat. Sehingga, salah satu efek samping baby oil untuk wajah yang mengkhawatirkan adalah dapat menyebabkan kemunculan jerawat. Selain itu,baby oil memiliki ukuran molekul yang besar yang mencegah minyak mineral masuk menembus ke dalam kulit. 

Meski berisiko rendah untuk menyumbat pori-pori, namun peluang ini tetap ada karena teskturnya yang berat dan sulit dihilangkan, Seiring waktu, hal ini dapat membentuk lapisan yang mencegah regenerasi kulit. Akibatnya, sel-sel kulit mati di wajah akan menumpuk sehingga menyebabkan jerawat, terlebih jika Anda memiliki jenis kulit oily acne-prone.

3. Picu Breakout

Efek samping baby oil untuk wajah yang ketiga adalah dapat memicu timbulnya breakout. Telah disebutkan sebelumnya bahwa baby oil sebenarnya adalah produk yang bersifat non-comedogenis alias tidak menyumbat pori-pori. Namun tetap saja, pada beberapa kasus, orang dengan tipe kulit sensitif dan acne prone akan mengalami penyumbatan pori-pori saat menggunakan baby oil ke wajah.

Mereka dengan tipe kulit seperti ini dan tanpa tahu bahwa baby oil kurang baik untuk diaplikasikan ke wajah dapat mengalami breakout. Breakout adalah suatu kondisi di mana kulit mengalami iritasi dan berjerawat.

Breakout disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya adalah penggunaan produk perawatan kulit yang tidak tepat atau tidak sesuai dengan tipe kulitnya. Wajah yang mengalami breakout biasanya ditandai dengan kondisi kulit yang memerah karena peradangan dan timbulnya jerawat atau bruntusan.

4. Tidak Bisa Mengeluarkan Keringat

Efek samping baby oil untuk wajah yang ke empat adalah kulit menjadi tidak mampu untuk mengeluarkan keringat. Baby oil membentuk lapisan pelindung pada kulit setelah diaplikasikan.

Jadi pada hari-hari yang panas, baby oil dapat memerangkap terlalu banyak kelembapan di permukaan kulit. Hal ini nantinya dapat membuat kulit menjadi sulit untuk mengeluarkan keringat, karena tubuh secara alami sedang berusaha untuk menurunkan atau mendinginkan kondisinya.