Sukses

10 Manfaat Krim Lidah Buaya untuk Wajah dan Cara Menggunakannya

Liputan6.com, Jakarta Manfaat krim lidah buaya untuk wajah dapat dijadikan sebagai perawatan harian. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan lidah buaya atau aloe vera yang kaya vitamin, seperti vitamin A, C, E, dan B12. Tidak heran manfaatnya menjadi pilihan banyak orang untuk perawatan kulit wajah. 

Apalagi, lidah buaya juga aman digunakan pada kulit dan punya fungsi serbaguna untuk perawatan tubuh. Krim lidah buaya punya sifat penyembuhan yang bisa mengatasi berbagai masalah ringan pada kulit.

Manfaat krim lidah buaya bisa kamu gunakan secara langsung pada kulit atau dimasukkan dulu ke dalam campuran masker atau scrub. Tidak hanya untuk wajah, krim lidah buaya juga baik digunakan untuk perawatan kulit lainnya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (15/6/2021) tentang manfaat krim lidah buaya.

2 dari 5 halaman

Manfaat Krim Lidah Buaya untuk Wajah

Melembapkan Kulit dan Mengatasi Kulit Kering

Manfaat krim lidah buaya sangat baik untuk mengatasi kulit kering. Krim serbaguna ini mengandung 98% air yang membantu menenangkan, dan melembapkan kulit. Krim lidah buaya dapat terserap dengan mudah di kulit, yang membuatnya bisa dijadikan pelembap alami kulit.

Selain itu, lidah buaya juga bisa menyerap kelebihan minyak di kulit. Jika dioleskan ke kulit, getah dari lidah buaya bisa menjaga kelembapan dan kekenyalan kulit secara alami. Hal ini karena lidah buaya banyak mengandung nutrisi yang dapat menjaga kelembapan kulit, seperti antioksidan, vitamin, mineral, dan enzim.

Mengatasi Jerawat

Manfaat krim lidah buaya juga dapat mengatasi jerawat. Selain menyerap kelebihan minyak yang jadi penyebab jerawat, lidah buaya juga punya sifat anti-inflamasi. Lidah buaya dikenal karena sifat antibakteri, antivirus, dan antiseptiknya.

Ini dapat mengobati bentuk jerawat yang meradang, seperti pustula dan nodul. Lidah buaya atau aloe vera ini juga membantu mencegah timbulnya bekas jerawat, bahkan mempercepat waktu penyembuhan luka dan membatasi jaringan parut. Cukup oleskan krim lidah buaya ke area berjerawat tiga kali sehari.

Meredakan Radang dan Gatal

Daun lidah buaya mengandung zat yang memiliki khasiat antiradang dan antimikroba. Jadi, manfaat krim lidah buaya berguna untuk meredakan keluhan pada kulit dengan masalah jerawat, dermatitis (eksim), iritasi setelah terpapar sinar matahari, hingga psoriasis.

3 dari 5 halaman

Manfaat Krim Lidah Buaya untuk Wajah

Mencegah Penuaan Dini

Kerutan dan penuaan dini juga bisa dicegah dengan manfaat krim lidah buaya ini. Sifat antioksidan dalam lidah buaya dapat membantu memperbaiki kerusakan akibat sinar matahari dan memperlambat proses penuaan pada kulit.

Kandungan lidah buaya yang kaya akan beta karoten, vitamin C, dan E ini dapat membantu mengencangkan kulit dan menjaganya tetap terhidrasi. Krim lidah buaya juga membantu meningkatkan produksi kolagen yang mencegah kerutan dan garis halus. Menggunakan lidah buaya membantu membuat kulit lebih kenyal dan sehat.

Selain itu, adanya kandungan antioksidan pada lidah buaya mampu melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Inilah salah satu manfaat krim lidah baya untuk wajah yang paling menarik, karena mampu mencegah dan bahkan memperlambat penuaan dini sehingga membuat kulit terlihat lebih awet muda.

Mencerahkan Kulit

Wajah kerap mengalami kondisi munculnya bintik-bintik hitam yang disebabkan oleh beberapa faktor. Misalnya saja terlalau banyak terpapar sinar matahari, stres, genetika, atau kerusakan radikal bebas dari waktu ke waktu. Kamu bisa mendapatkan manfaat krim lidah buaya untuk menghilangkan bintik-bintik gelap di wajah.

Bagi kamu yang sedang hamil, bintik atau bercak hitam adalah sesuatu yang umum dialami. Untuk mengatasinya, ibu hamil dapat memanfaatkan lidah buaya ini untuk menyamarkannya.

Manfaat krim lidah buaya juga dapat menurunkan produksi pigmentasi, menyeimbangkan kulit yang lebih terang dan lebih cerah. Selain itu, lidah buaya juga bisa bertindak sebagai pengelupas alami untuk membersihkan kulit sel yang berlebih.

4 dari 5 halaman

Manfaat Krim Lidah Buaya untuk Wajah

Mengobati Luka Bakar

Luka bakar juga bisa diobati dengan manfaat krim lidah buaya. Getah dari tanaman aloe vera sering digunakan sebagai salep alami untuk mengobati luka bakar. Getah tersebut mampu mempersingkat waktu penyembuhan pada jaringan kulit yang mengalami luka bakar.

Itu karena, sifat pelembap alami dan kandungan antioksidan kuat yang melindungi dan memperbaiki sel kulit yang rusak. Lidah buaya sangat efektif untuk mengobati luka bakar.

Pada kondisi luka bakar derajat pertama dan kedua yang diobati dengan lidah buaya akan berisiko sembuh lebih besar rata-rata sembilan hari lebih cepat dibandingkan dengan luka bakar yang tidak diobati.

Mengatasi Sunburn

Lidah buaya punya sifat menenangkan kulit. Manfaat krim lidah buaya bisa memberi sensasi dingin pada kulit yang terkena sengatan matahari. Ini membantu mencegah peradangan dan iritasi akibat sunburn. Antioksidan dalam aloe vera gel juga melindungi kulit dari dampak buruk paparan sinar matahari.

5 dari 5 halaman

Manfaat Krim Lidah Buaya untuk Wajah

Mengatasi Mata Panda

Manfaat krim lidah buaya juga bisa efektif mengurangi lingkaran hitam mata secara alami. Aloe vera membantu mencegah pigmentasi berlebihan pada kulit. Ini juga dapat melembapkan kulit di sekitar mata yang membuatnya tampak lebih cerah. Cukup oleskan lidah buaya sebelum tidur dan biarkan semalaman.

Membersihkan Makeup

Setiap orang yang mengenakan makeup, pasti sudah mengetahui seberapa pentingnya membersihkan riasan wajah. Membersihkan riasan wajah atau makeup sebelum tidur sangat dianjurkan.

Hal ini dikarenakan kulit wajah di sekitar mata sangatlah halus, apabila tidak dibersihkan dapat menyebabkan gangguan kulit seperti keriput dini dan bahkan infeksi. Maka enggak heran, kalau lidah buaya dapat menjadi penghapus makeup yang cukup baik untuk wajah, karena dapat membersihkan dengan lembut dan alami.

Menenangkan Kulit Setelah Bercukur

Lidah buaya sering digunakan sebagai pemulihan kulit setelah bercukur. Sifat menenangkannya menjadi pelembap yang kuat, meregenerasi dan menyejukkan kulit. Mengoleskan lidah buaya setelah bercukur bisa mencegah kulit kering dan iritasi.