Sukses

25 Wisata Malam Jogja Populer, Pesonanya Bikin Susah Move On dari Kota Gudeg

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata malam Jogja sering menjadi incaran para turis, lantaran memberikan keindahan tersendiri yang hanya dimiliki oleh kota gudeg ini. Yogyakarta memang tak pernah berhenti menawarkan pesona keindahannya yang begitu memukau dan beragam, mulai dari wisata sejarah hingga wisata alam.

Kurang lengkap rasanya, menikmati kota pelajar ini jika belum berkunjung ke wisata malamnya yang terkenal dengan suasananya yang bikin para wisatawan susah untuk move on. Jogja nampak begitu hangat dan menyenangkan saat waktu siang hari. Namun kota ini juga bisa tampil menawan dan eksotis saat malam tiba.

Keindahan dan panorama kota Jogja seakan tidak pernah habis untuk anda eksplorasi. Setiap sudut kota Jogja memberikan kenangan yang manis untuk dinikmati bersama keluarga maupun teman.

Penasaran tempat wisata malam Jogja apa saja yang paling populer dikalangan wisatawan? Berikut penjelasannya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (16/6/2021).

2 dari 6 halaman

Tempat Wisata Malam Jogja yang Paling Populer

1. Malioboro

Tempat wisata malam Jogja yang pertama adalah Malioboro. Malioboro selalu melekat ketika menyebut Yogyakarta. Jalan sepanjang 1,5 km di kawasan Malioboro pada malam hari yang cantik akan sangat sayang bila dilewatkan. Di Jalan Malioboro pengunjung dapat menikmati wisata kuliner dan pertunjukan seni seperti pentas musik hingga tari-tarian. Ada juga program Selasa Wage di Malioboro yang diterapkan oleh Pemerintah Yogyakarta di mana tempat ini bebas dari kendaraan roda empat dan pedagang kaki lima.

2. Nol Kilometer Jogja

Tempat wisata malam Jogja yang berikutnya adalah Nol Kilometer. Nol Kilometer Jogja yang lokasinya strategis ini memiliki banyak bangunan kolonial di sekitarnya. Walau wisatawan tidak bisa mengunjungi museum-museum di kawasan Nol Kilometer saat malam hari, sepanjang kawasan ini rupanya sering dipergunakan oleh banyak anak muda untuk nongkrong. Wisatawan bisa menikmati suasana malam Jogja dengan datang ke kawasan ini. Di sana akan ada banyak seniman jalanan yang menunjukkan kemampuan mereka. Selain itu ada juga beberapa komunitas yang bisa jadi menarik untuk dilihat.

3. Tugu Jogja

Tempat wisata malam Jogja yang berikutnya adalah Tugu Jogja. Tugu yang lokasinya masih berada tidak jauh dari stasiun dan Malioboro ini juga biasanya banyak dikunjungi wisatawan di malam hari. Tugu Golong Gilig ini memang merupakan satu ikon Jogja. Wisatawan yang mampir ke sana biasanya hanya untuk berburu foto. Keunggulannya adalah karena cahaya pada malam hari di Tugu ini akan membuat hasil foto menjadi lebih cantik. Selain itu, adanya lampu-lampu bangunan dan juga lampu kendaraan-kendaraan yang melintas bisa menjadi satu elemen tambahan yang keren untuk berfoto.

4. Bukit Bintang

Tempat wisata malam Jogja yang berikutnya adalah Bukit Bintang. Bukit Bintang berada di Jalan Raya Yogyakarta – Wonosari Km.15, Bukit Patuk, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul. Saat malam hari di Bukit Bintang, wisatawan dapat menikmati pemandangan memukau dari kota Jogja yang penuh dengan lampu-lampu yang bersinar. Jangan lewatkan pemandangan kota sambil menikmati berbagai macam kuliner di sekitar lokasi. Wisatawan tidak dipungut biaya masuk ke Bukit Bintang, tetapi perlu membayar parkir jika membawa kendaraan. Bukit Bintang dibuka 24 jam, sehingga pengunjung juga bisa berkunjung saat pagi hari.

5. Loko Caffee atau Loko Café Shop

Tempat wisata malam Jogja yang berikutnya adalah nongkrong di Loko Coffee atau Loko Cafe Shop. Tempat ini terbilang masih baru, namun sudah menyita penasaran penyuka kopi. Pasalnya lokasinya yang strategis yaitu di ujung sebelah utara Malioboro dekat dengan taman parkir abu bakar ali dan masih satu area dengan stasiun Tugu Yogyakarta. Di sini buka 24 jam, dan setiap malam ada live music yang akan menambah suasana jogja semakin berbeda.

3 dari 6 halaman

Tempat Wisata Malam Jogja yang Instagramable

6. Candi Prambanan

Tempat wisata malam Jogja yang berikutnya adalah sendra tari Ramayana yang dihelar di Candi Prambanan. Pentas seni ini adalah pagelaran seni yang bisa dinikmati oleh wisatawan. Harga tiket untuk memasuki pagelaran ini adalah Rp 125.000. Cukup mahal untuk wisatawan. Namun tentu saja pengalaman yang didapatkan akan lebih bermakna. Pentas ini akan menampilkan pagelaran kisah dramatis yang dihiasi dengan lampu-lampu sorot dengan latar belakang Candi Prambanan yang eksotis. Wisatawan yang datang pasti adalah mereka yang mencintai seni dan budaya.

7. Purawisata

Tempat wisata malam Jogja yang berikutnya adalah Purawisata. Lokasinya ada di Jalan Brigjend Katamso. Wisatawan yang datang ke sana bisa menikmati kisah drama Ramayana dan Shinta dari tarian. Di sana, wisatawan bisa datang setiap hari di malam hari. Wisatawan yang ingin melihat pertunjukan ini akan dikenakan harga tiket masuk yang berbeda-beda, tergantung paket yang dipilihnya. Untuk melihat pagelaran, wisatawan hanya perlu membayar Rp 75.000 untuk domestik dan Rp 250.000 untuk turis internasional. Sedangkan untuk wisatawan yang ingin mendapatkan makan malam sekaligus melihat pertunjukan akan dikenakan biaya Rp 255.000 untuk domestik dan Rp 420.000 untuk turis internasional.

8. Tebing Breksi

Tempat wisata malam Jogja yang berikutnya adalah tebing breksi. Tebing Breksi merupakan tebing batu kapur yang dipahat oleh seniman. Lokasinya berada di Gn. Sari, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Pada malam hari, tebing akan terlihat lebih menawan dengan dihiasi lampu-lampu yang menambah kesan romantis dan menakjubkan, cocok untuk berburu spot Instagramable. Sambil menikmati keindahan tebing yang dipahat dengan cantik, di sini juga terdapat hiburan berupa pertunjukkan live music dan food court untuk mengisi perut saat lapar.

9. Pinus Pengger

Tempat wisata malam Jogja yang berikutnya adalah pinus pengger. Salah satu hutan pinus di sekitar Jogja yang bagus dikunjungi saat malam hari adalah hutan pinus Pengger. Hutan pinus ini berada di ketinggian Jogja, sehingga wisatawan yang datang bisa berburu keindahan Jogja dari ketinggian. Banyak wisatawan yang datang ke sana di malam hari untuk berburu foto Jogja malam hari dari ketinggian, serta suasana perbukitan yang dipenuhi dengan bintang-bintang. Selain itu, di hutan pinus ini ada sebuah spot foto yang sangat alami. Bentuknya seperti sarang burung dan rumah indian yang terbuat dari rotan. Wisatawan bisa berfoto di sana dengan latar belakang kerlap kerlip kota Jogja dari atas bukit.

10. Puncak Becici

Tempat wisata malam Jogja yang berikutnya adalah Puncak Becici. Puncak Becici merupakan kawasan hutan pinus yang terletak di Desa Muntuk, Gunungcilik, Dlingo, Bantul. Saat wisata ke sini, pengunjung dapat menikmati sunset indah yang dihiasi dengan Gunung Merbabu dan Gunung Merapi. Kawasan hutan yang dikelola menjadi tempat wisata ini menawaran spot-spot foto menarik dari hutan pinus dan rumah marsupilani yang unik. Pengunjung juga dapat berkemah dan bersantai di atas hammock di area campground yang telah disediakan.

4 dari 6 halaman

Tempat Wisata Malam Jogja yang Paling Hits

11. Taman Pelangi

Tempat wisata malam Jogja yang berikutnya adalah taman pelangi. Taman Pelangi berada dalam kawasan Monumen Jogja Kembali, tepatnya terletak di Jalan Ring Road Utara, Jongkang, Sariharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman. Taman ini penuh dengan lampion-lampion warna-warni dan berbagai bentuk seperti bunga, tokoh kartun, sampai tokoh pewayangan. Keindahan Taman Pelangi pada malam hari, sangat cocok dijadikan spot foto yang menarik dan instagramable atau sekadar hanya untuk bersantai. Pengunjung juga dapat menikmati wisata kuliner yang tersedia di sekitar Taman Pelangi.

12. Pintu Langit Dahromo

Tempat wisata malam Jogja yang berikutnya adalah Pintu Langit Dahromo. Pintu Langit Dahromo terletak di Jalan Dahromo, Karang Asem, Muntuk, Dlingo, Kecamatan Bantul, dengan menawarkan spot-spot foto menarik dengan latar yang menakjubkan. Memiliki nama pintu langit, karena disini terdapat pintu yang terletak di ketinggian dan dihiasi dengan pemandangan langit yang indah. Selain pintu, juga terdapat spot berupa piano, meja dan kursi untuk bersantai, dan lainnya. Spot foto yang keren berdampingan dengan pemandangan langit malam dan kilauan lampu kota yang menjadi latar, jangan akan melewatkan untuk mengambil foto Instagramable di sini. Berada sekitar 25 km dari pusat kota Jogja, tempat wisata ini dapat ditempuh dengan motor, mobil, atau bus, dalam waktu tempuh sekitar 50 menit.

13. Seribu Batu Songgo Langit

Tempat wisata malam Jogja yang berikutnya adalah Seribu Batu Songgo Langit. Seribu Batu Songgo Langit terletak di Jalan Hutan Pinus Nganjir, Dlingo, Bantul, merupakan kawasan wisata alam dengan wahana dan spot yang menarik. Kawasan wisata alam Seribu Batu menawarkan wahana aktivitas outdoor, camping, spot foto, restoran, dan lainnya. pada malam hari, tempat ini sangat cocok untuk dijadikan spot foto Instagramable dengan spot-spot foto menarik dan lampu yang menghiasi.

Jika ingin bermalam tersedia area glamping (glamour camping), yang muat untuk 4 orang per camp dan termasuk 1 meals dan welcome drink. Seribu Batu Songgo Langit berjarak sekitar 21 km dari pusat kota Jogja, dapat ditempuh dalam waktu sekitar 40-45 menit dengan kendaraan roda dua atau roda empat. Pengunjung akan dikenai tiket masuk sebesar Rp 3.000/orang, biaya parkir motor sebesar Rp 2.000 dan mobil Rp 10.000, bagi yang ingin bermalam di glamping dikenai Rp 500.000/room.

14. Alun-alun Kidul atau Alun-alun Selatan

Salah satu spot wisata malam Jogja yang banyak dikunjungi wisatawan adalah Alun-alun Kidul. Di sana ada banyak hal yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah menyewa sepeda hias dan berkeliling. Harga yang ditawarkan untuk menyewa yaitu Rp 50.000 saja. Selain itu, wisatawan di Alun-alun Kidul juga bisa berwisata kuliner, karena di sana ada banyak pedagang makanan yang berjualan. Wisatawan bisa memilih makanan ringan ataupun makanan berat dan menikmati suasana Jogja di malam hari dengan teman-teman. Alun-alun kidul juga identik dengan tradisi Masangin yang berkaitan dengan dua pohon beringin di alun-alun.

15. Sindu Kusuma Edupark (SKE)

Tempat wisata malam Jogja yang berikutnya adalah Sindu Kusuma Edupark. Sindu Kusuma Edupark (SKE) terletak di Jalan Jambon, Krangilan, Sinduadi, Kabupaten Sleman, merupakan tempat rekreasi dan edukasi. Kawasan dengan luas sekitar 7 hektar ini, menawarkan wahana dan permainan menarik untuk anak-anak hingga dewasa, sehingga sangat cocok dijadikan tempat wisata keluarga.

Wahana yang ditawarkan seperti Cinema 8D, Kursi Mabur, Pit Egrang, Cakra Manggilingan, Roda Mabur, Sepur Cilik, Komidi Puter, Roti Puter, Motor Tumbur, Flying Fox, dan masih banyak wahana lainnya. Pada malam hari, lampu-lampu di wahana akan menyala dan memberikan kesan keindahan, dan terdapat spot-spot foto menarik seperti taman lampion yang cocok banget dijadikan tempat untuk mengambil foto.

5 dari 6 halaman

Tempat Wisata Malam Jogja yang Wajib Dikunjungi

16. Alun-alun Utara atau Alun-alun Lor

Tempat wisata malam Jogja yang berikutnya adalah Alun-alun Utara. Alun-Alun Lor berarti Alun-Alun Utara karena letaknya memang di sebelah utara Keraton Yogyakarta, tepatnya Jalan Alu-Alun Utara, Ngupasan, Gondomonan. Dulu, tempat ini sangat sepi karena tidak semua orang dapat memasukinya untuk menghormati Sultan. Namun, saat ini, peraturan sudah berubah. Dari pagi hingga malam hari, alun-alun selalu ramai. Pada malam hari, alun-alun berubah menjadi pasar malam dengan segala aktivitasnya.

17. Plengkung Gading

Tempat wisata malam Jogja yang berikutnya adalah Plengkung Gading. Plengkung Gading adalah sebuah bagian dari tembok pertahanan Keraton Yogyakarta yang posisinya ada di sisi selatan, dekat dengan alun-alun kidul. Tembok ini juga disebut sebagai Plengkung Nirbaya. Nirbaya berasal dari dua kata. Nir berarti tanpa. Baya berarti bahaya. Tembok ini memiliki filosofi tanpa bahaya. Lokasi ini unik. Biasanya wisatawan atau orang-orang yang datang berjalan ke atas plengkung dengan anak tangga. Di atas plengkung tersebut ada sebuah ruang yang lapang untuk duduk sambil mengobrol dengan teman-teman. Suasana di sana cukup tenang.

18. Heha Sky View

Destinasi wisata Jogja terbaru yang menawarkan resto dengan bonus pesona Jogja dari ketinggian plus spot foto instagenic dan resto berkelas. Nikmati pemandangan menakjubkan Kota dari atas bukit khususnya saat malam. Ada spot unik seperti Sky Baloon, Teras Kaca, Sky Bridge, hingga Kolam denga background pemandangan super cantik.

19. Gunung Api Purba Nglanggeran

Spot di ketinggian 700m tak jauh dari pusat kota ini menyuguhkan pemandangan kota Jogja dalam sudut pandangan 180 derajat. Saat malam hari, Anda akan dimanjakan dengan view panorama yang memikat. Lebih top kalau Anda sekalian camping dan menikmati malam di sini sembari menyambut sunrise. Namun dibutuhkan traking hingga 2 jam untuk mencapai puncak ini.

20. Festival of Light Kaliurang

Salah satu spot wisata malam Kaliurang Yogyakarta, yakni menyaksikan pertunjukan founding fountain atau air mancur menari. Pertunjukan air mancur ini diadakan rutin tiap akhir tahun di Gardu Pandang Kaliurang. Biasanya festival ini juga dilengkapi dengan taman lampion, wahana Balon Udara dan Sky Rink untuk menambah keceriaan.

6 dari 6 halaman

Tempat Wisata Malam Jogja yang Rekomendasi

21. Raminten Cabaret Show

Tempat wisata malam Jogja yang berikutnya adalah Raminten Caberet Show. Nikmati makan malam sembari menyaksikan cabaret show yang dikombinasikan dengan ludruk dan srimulat di Hamzah Batik Lantai 3. Acara ini hanya dilakukan pada hari jumat dan sabtu jam 7 malam. Biaya untuk menonton acara ini sekitar 50 ribu hingga 150 ribu.

22. Pasar Kangen

Tempat wisata malam Jogja yang berikutnya adalah Pasar Kangen. Agenda tahunan Yogyakarta yang menampilkan wisata kuliner dan seni khas tradisional. Di sini Anda bisa bernostalgia dengan jajanan jadul yang kini sudah sulit untuk ditemui. Ada ratusan stand kuliner dan puluhan stand kerajinan. Biasanya juga ada pertunjukan seni tradisional kahs daerah di Jogja. Biasanya acara ini diadakan pertengahan tahun pada setiap tahunnya.

23. Bukit Wisata Pulepayung

Menyajikan banyak spot-spot foto intagramable tempat wisata malam di Jogja ini terletak di Kulon Progo, Yogyakarta. Beberapa spot foto yang tersedia disana yaitu Kursi Langit, Jembatan Surga, Spot lolipop, Sky Bike, Spot angkasa, Spot wolu,dam banyak lagi. Ada satu lagi yang menjadi ikon tempat wisata ini yaitu Coffee Angkasa, menikmati kopi di dataran tinggi itu menjadi hal yang menarik dari tempat ini dan coffee angkasa ini tidak kalah intagramable dari coffee shop lainnya.

24. Angkringan Kopi Jos

Jangan lewatkan menyeruput sensasi kopi jos yang unik yakni berupa seduhan kopi hitam yang diberi arang membara. Anda bisa menikmati kopi ini di angkringan yang tersebar di dekat Stasiun Tugu. Yang paling terkenal dengan kopi jos nya adalah Angkringan Lik Man.

25. Wisata Camping di Pantai

Wisata malam Jogja yang tak boleh ketinggalan yaitu menikmati tempat wisata malam Gunungkidul dengan kegiatan camping di pantai. Ada banyak spot pantai sebagai rekomendasi camping Anda. Ada Pantai Ngrumput, Pantai Greweng, Pantai Butuh, Pantai Sanglen, Pantai Wohkudu, dan Pantai Sedahan. Pantai Jungwok, Pantai Kayuarum, Pantai Ngetun dan Pantai Seruni juga rekomended.