Sukses

Bak Perpustakaan Megah, 6 Potret Plafon Toko Buku Ini Bikin Melongo

Liputan6.com, Jakarta Dujiangyan Zhongshuge, sebuah toko buku di Dujiangyan, China, mengandalkan cermin yang ditempatkan secara strategis dan lantai ubin hitam yang berkilau untuk menciptakan ilusi menakjubkan yang membuat tempat itu terlihat seperti surga kutu buku tanpa batas.

Toko buku seluas sekitar 10.500 kaki persegi ini dirancang oleh Li Xiang, pendiri studio arsitektur X+Living yang berbasis di Shanghai, dan diresmikan pada musim gugur 2020.

Menggunakan elemen cerdas seperti tangga spiral, lengkungan, dan cermin yang ditempatkan secara strategis, para desainer toko buku unik ini mampu menciptakan ilusi tak terhingga yang benar-benar menakjubkan.

Penasaran seperti apa? Dilansir Liputan6.com dari Odditycentral, berikut potret toko buku dengan plafon cermin yang menghasilkan interior luar biasa, Rabu (16/6/2021).

 

2 dari 7 halaman

1. Li Xiang membutuhkan waktu satu bulan untuk merancang toko buku itu dan proses konstruksi berlangsung selama lima bulan.

3 dari 7 halaman

2. Rak buku kenari yang besar dan melengkung mendominasi ruangan, ilusi dari langit-langit cermin dan ubin hitam berkilau benar-benar membuat tempat itu unik.

4 dari 7 halaman

3. Trik dari efek visual itu adalah dengan menutup rak atas dengan cetakan buku rak, sehingga akan tampak bahwa buku membentang dari lantai ke langit-langit.

5 dari 7 halaman

4. 'Jika kami menempatkan buku asli di rak atas, tidak hanya sulit bagi pembaca untuk menjangkaunya, tetapi juga sulit bagi operator untuk mengurusnya,' kata Li.

6 dari 7 halaman

5. Toko ini sudah memiliki koleksi lebih dari 80.000 buku, jadi sebenarnya tidak ada tempat yang terbuang percuma.

7 dari 7 halaman

6. Setiap rak buku dilengkapi dengan sabuk cahaya, tak hanya meningkatkan efek tak hingga tetapi juga membuat pembaca lebih nyaman untuk menemukan buku di rak.