Sukses

Paket Wisata Lombok 3 Hari 2 Malam dan Referensi Destinasi Menarik

Paket wisata Lombok menjadi favorit banyak orang sebagai destinasi liburan menyenangkan.

Liputan6.com, Jakarta Paket wisata Lombok menjadi favorit banyak orang sebagai destinasi liburan menyenangkan. Pasalnya, Lombok menawarkan keindahan alam yang begitu menakjubkan. Bahkan, wisata pantai dan pulau di Lombok sudah terkenal sampai ke mancanegara. 

Siapa yang tak pernah mendengar Gili Trawangan? Nama Gili di Lombok mungkin sudah tidak asing lagi bagi wisatawan yang menyukai keindahan laut. Destinasi laut yang menawarkan pantai indah dan pemandangan bawah laut yang memukau menjadi daya tarik utama Lombok, Nusa Tenggara Barat ini.

Paket wisata Lombok tentunya bukan hanya gili saja. Selain itu terdapat berbagai destinasi menarik lainnya yang tak kalah terkenal, sebut saja Gunung Rinjani, Pantai Pink, hingga Mandalika. Kamu bisa menyewa paket wisata untuk menikmati keindahan Lombok dengan santai tanpa banyak pikir lagi.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (16/6/2021) tentang paket wisata Lombok.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Paket Wisata Lombok 3 hari 2 malam

Paket wisata Lombok 3 hari 2 malam terbagi dalam wisata biasa dan juga paket wisata lombok honeymoon. Bila kamu memang tidak memiliki waktu libur yang cukup panjang, tentu saja paket liburan 3 hari 2 malam ini cocok untuk kamu pilih. Untuk paket wisata 3 hari 2 malam ini bisa kamu lakukan bersama teman ataupun keluarga.

Berikut kegiatan yang bisa kamu lakukan saat memilih paket wisata Lombok 3 hari 2 malam.

Hari 1 Paket Wisata Lombok (Rumah Tradisional Sasak, Pantai Kuta, Desa Kerajinan Gerabah)

1. Tiba di bandara disambut guide lokal

2. Rumah Tradisional. Selanjutnya kamu akan diarahkan menuju rumah tradisional suku Sasak yang masih bisa kamu temui di desa-desa Lombok. Bukan hanya melihat rumah tradisional saja, akan tetapi kamu pun bisa mengunjungi kerajinan tenun dan ikat khas Lombok. Beberapa desa di Lombok pun memang menjadi pusat pengrajin kain tenun dan ikat.

3. Mengunjungi pantai mandalika kuta. Bukan hanya Bali saja yang memiliki pantai Kuta, di Lombok pun ada juga pantai Kuta. Akan tetapi pantai di Lombok ini memiliki pasir putih dan juga berbentuk seperti merica.

4. Makan siang di lokasi wisata. Jika sudah menunjukan waktu makan siang, kamu pun bisa loh mencicipi makanan khas lombok di restoran lokal yang ada di pantai kuta tersebut.

5. Desa kerajinan gerabah. Setelah puas bermain di pantai dan juga makan siang, kamu bisa mengunjungi kerajinan gerabah atau tembikar khas Lombok. Salah satu tempat atau desa yang memiliki kerajinan gerabah dari tanah liat ialah desa Banyumelek.

6. Check in Hotel dan acara bebas. Setelah puas menjelajahi beberapa tempat, kamu pun bisa untuk check in di hotel yang telah disediakan. Karena hari pertama ini kamu baru tiba di Lombok, tentu saja tenaga yang kamu gunakan telah terforsir.

Apalagi kamu pun telah melakukan perjalanan panjang menuju Lombok. Jadi ada baiknya untuk beristirahat lebih awal. Namun bila masih belum puas berkeliling, kamu pun bisa berjalan-jalan di area sekitar hotel tempat kamu menginap.

3 dari 8 halaman

Paket Wisata Lombok 3 hari 2 malam

Hari 2 Paket Wisata Lombok (Gili Trawangan Tour)

1. Sarapan di hotel. Untuk hari kedua ini kamu bisa memulai hari dengan menyantap sarapan menu yang disediakan pihak hotel.

2. Gili trawangan tour. Biasanya untuk hari kedua ini kamu memiliki pilihan tour. Namun yang sering dipilih oleh para wisatawan ialah Gili Trawangan Tour. Kamu bisa mengunjungi Bukit Malimbu untuk menikmati pemandangan Gunung Agung di Bali. Selain itu bisa pula untuk melihat gugusan pulau Gili yang memukau.

3. Mengunjungi Villa Hantu. Selanjutnya kamu bisa mengunjungi villa hantu yang ada di Lombok. Meskipun namanya cukup menyeramkan, akan tetapi pemandangan yang bisa kamu dapatkan justru menakjubkan. Tentu saja kamu bisa mengambil berbagai pose foto di villa hantu ini.

4. Menuju pulau Gili Trawangan. Puas berfoto di villa hantu, kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju Pulau Gili Trawangan. Untuk menuju Gili Trawangan kamu akan menggunakan private speedboat dari Pelabuhan Teluk Nare. Perjalanan menggunakan speedboat ini pun memakan waktu kurang lebih 20 menit saja.

5. Wisata di Gili Trawangan. Setelah sampai di Pulau Gili Trawangan, kamu bisa menikmati wisata bahari yang ada. Jika kamu senang berenang ataupun menyelam, tentu saja Gili Trawangan tempat yang sangat tepat. Kamu bisa bersnorkling atau short diving. Namun jika kamu tidak bisa berenang jangan khawatir, kamu bisa menggunakan kapal dengan glass bottom untuk menikmati keindahan bawah lautnya.

6. Check in hotel di Gili Trawangan. Tentu saja menikmati keindahan di Gili Trawangan ini tak bisa kamu lakukan dalam waku singkat. Untuk itu, kamu pun bisa check in di hotel yang ada di Gili Trawangan.

7. Makan malam di restoran lokal. Setelah itu, untuk makan malam, kamu pun bisa mencoba menu khas dari Pulau Gili Trawangan loh. Jika sudah puas bersantap, kamu bisa kembali ke hotel untuk beristirahat atau berkeliling untuk menikmati suasana malam di Gili Trawangan.

4 dari 8 halaman

Paket Wisata Lombok 3 hari 2 malam

Hari 3 Paket Wisata Lombok (Berburu Oleh-Oleh)

Hari ketiga merupakan hari terakhir, maka tak lengkap bila kamu tidak berburu oleh-oleh dari Lombok.

1. Sarapan pagi dan check out. Untuk menyingkat waktu, kamu bisa melakukan sarapan pagi di hotel tempat kamu menginap sekaligus melakukan chek out.

2. Menuju kota Mataram. Selanjutnya kamu pun harus kembali ke Pulau Lombok untuk menuju Kota Mataram. Disini kamu bisa menggunakan private speedboat lagi seperti saat kamu akan menuju pulau Gili Trawangan.

3. Berburu cendera mata. Jika kamu sudah tiba di Kota Mataram, kamu bisa untuk mengunjungi tempat oleh-oleh khas Lombok. Selain itu, kamu juga bisa membeli kaos khas lombok bahkan mutiara Lombok. Jangan lupa pula untuk membeli jajanan khas Lombok untuk kawan dan keluarga di rumah.

4. Makan siang di restoran lokal. Setelah membeli oleh-oleh, kamu pun bisa mencari restoran lokal untuk bersantap siang sebelum melanjutkan perjalanan. Tentu saja sebagai makan siang kamu pun sebaiknya mencari santapan yang menyajikan masakan kahs Lombok.

5. Menuju bandara. Setelah selesai bersantap siang di restoran lokal. Kamu pun bisa melanjutkan perjalanan menuju Bandara International Lombok. Untuk kembali ke rumah.

Meskipun terasa singkat, akan tetapi paket wisata Lombok 3 hari 2 malam ini cukup untuk melepaskan penat. Namun jika kamu memiliki waktu libur lebih lama tak ada salahnya untuk berkunjung ke Lombok lebih lama.

5 dari 8 halaman

Wisata Lombok Barat

Pantai Senggigi

Pantai Senggigi merupakan wisata Lombok yang paling tua dan paling terkenal di Lombok. Pantai ini memiliki ciri khas pasir putih dengan garis pantai yang panjang. Pantai ini menawarkan panorama alam perbukitan yang mengelilingi lokasi obyek wisata yang indah.

Di lokasi obyek wisata Senggigi juga sering digunakan sebagai tempat melaksanakan acara-acara budaya seperti Festival Senggigi.

Hutan Wisata Pusuk

Hutan Wisata Pusuk terletak di sebelah utara, berbatasan langsung dengan kabupaten Lombok Utara. Di tempat ini wisatawan dapat menikmati iklim pegunungan dan menjumpai kelompok kera yang memang bertempat tinggal di Hutan Pusuk. Karena lokasi ini merupakan daerah perbukitan.

Taman Narmada

Taman Narmada merupakan salah satu tempat wisata di Lombok Barat yang juga menarik untuk dikunjungi hal ini dikarenakan lokasi wisatanya yang unik dan antik. Letak lokasi tempat wisata ini sekitar 10 km dari arah timur ibukota Nusa Tenggara Barat, Mataram.

6 dari 8 halaman

Wisata Lombok Timur

Rinjani dan Segara Anak

Gunung Rinjani menjadi ikon wisata Lombok yang diincar para wisatawan yang berkunjung ke sana. Rinjani memiliki ketinggian 3.726 mdpl dan memiliki anak yang bernama gunung Baru Jari (Baru Jadi) yang dikelilingi oleh Danau Segara Anak.

Menurut sejarawan, awalnya Rinjani memiliki ketinggian lebih dari 5000 m. Namun karena letusan Rinjani pun seperti terpotong dan menghasilkan danau di tengahnya.

Tanjung Bloam

Tanjung Bloam merupakan daerah konservasi penyu yang berhabitat di sekitar tebing-tebing dan sepanjang garis pantai yang membentang dari ujung selatan dan utara. Tanjung Bloam memiliki bentuk daratan yang menjorok ke laut dengan batu berlumut menjulang seperti atap rumah. Bagi penduduk sekitar, pemandangan di sini seperti lukisan tiga dimensi yang menakjubkan.

Gili Sulat dan Gili Lawang

Gili Sulat adalah sebuah pulau kecil yang terletak 1,5 km di sebelah timur laut Pulau Lombok. Sejauh 500 meter di sebelah barat laut ini terdapat Pulau Gili Lawang. Gili Sulat dan Gili Lawang merupakan pulau kecil (gili) yang sangat potensial untuk dimanfaatkan sebagai tujuan wisata alam (eco tourism).

Kedua gili ini memiliki potensi berupa hutan bakau dan taman bawah laut yang sangat indah. Namun sebenarnya ada juga sebagian kecil yang merupakan pasir putih, dan pada musim tertentu kawanan lumba-lumba akan menampakkan diri di daerah ini.

7 dari 8 halaman

Wisata Lombok Tengah

Desa Sade

Wisatawan juga tak boleh melewatkan liburan di Desa Wisata Sade, sebuah dusun yang terletak di desa Rembitan, kecamatan Pujut. Perkampungan suku Sasak ini terletak di pinggir jalan raya yang menghubungkan kota Mataram dengan kawasan selatan Lombok.

Desa wisata Sade dihuni oleh Suku Sasak yang masih mempertahankan tradisi nenek moyang. Yang menarik dari perkampungan ini adalah rumah tradisional suku Sasak yang dipel menggunakan kotoran sapi akan terlihat kinclong. Wisatawan dapat membeli banyak suvenir dan juga kain songket hasil karya masyarakat Suku Sasak.

Desa Sukarara

Selain menikmati keindahan alamnya, wisata Lombok juga menawarkan wisata budaya. Salah satunya wisata budaya Desa Sukarara. Sebuah desa kecil yang menjadi salah satu pusat kerajinan tenun tradisional alias songket di Lombok.

Pantai Kuta Lombok

Sesuai dengan namanya, pantai Kuta Lombok terletak di desa Kuta, Lombok Tengah. Namanya hampir sama dengan pantai Kuta di Bali namun pantai ini memiliki luas yang lebih kecil dibanding pantai Kuta di Bali.

Air Terjun Benang Kelambu

Dinamakan air terjun benang kelambu karena jatuh dari ketinggian 40 meter, menyerupai kelambu putih yang memanjang. Terjunan airnya pun sangat halus sehingga pengunjung tidak akan kesakitan saat bermain di bawahnya langsung. Air terjun ini membentuk 2-3 tingkatan dengan dinding tebing yang subur ditumbuhi oleh tanaman hijau.

8 dari 8 halaman

Wisata Lombok Utara

Masjid Kuno Bayan

Masjid Kuno Bayan merupakan masjid tertua bagi masyarakat Bayan, Kabupaten Lombok Utara. Masyarakat Bayan sendiri adalah pemeluk Islam dengan campuran adat Watu Telu yang hanya bisa ditemukan di Lombok saja. Masyarakat Bayan suka mengadakan upacara-upacara tradisional yang kerap mengundang minat para wisatawan.

Desa Gumantar

Desa Gumantar merupakan sebuah desa yang menjadi bagian dari Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara. Desa ini masih tetap mempertahankan tradisi dan adat istiadatnya dari peninggalan leluhur. Dusun Dasan Beleq adalah pusat kegiatan kemasyarakatan yang kental, penduduk asli Dusun Dasan Beleq menganut agama Islam, nuansa islami di dusun ini sangat begitu kental.

Gili Trawangan

Gili Trawangan diibaratkan sebagai primadona bagi wisata Lombok Utara. Gili Trawangan bahkan telah mendunia. Banyak turis mancanegara yang terus berdatangan ke Gili Trawangan ini karena keindahan alam bahari serta pulau-pulau kecilnya yang begitu mempesona.

Pantai Sire

Pantai Sire ini berpasir putih bersih dan di pinggir pantainya dipenuhi dengan barisan pepohonan. Kejernihan air lautnya membuat para wisatawan tertarik untuk berenang, diving, dan juga snorkeling di pantai ini, dan berbagai hamparan terumbu karang tumbuh subur di lautan dalam Pantai Sire ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini