Sukses

Komprehensif Adalah Luas dan Menyeluruh, Simak Contoh Kalimatnya

Komprehensif adalah bermakna luas dan menyeluruh yang lebih sering dikaitkan dengan pola pikir.

Liputan6.com, Jakarta Komprehensif adalah bukan istilah populer di kalangan anak muda yang biasa digunakan kapan saja. Komprehensif adalah bermakna luas dan menyeluruh yang lebih sering dikaitkan dengan pola pikir dan cara pandang terhadap suatu hal. Ini mengapa istilah komprehensif adalah dekat dengan dunia akademisi.

Komprehensif adalah bentuk kata sifat yang asalnya dari kata serapan bahasa Inggris “comprehensive.” Bila digunakan dalam percakapan, biasanya komprehensif adalah mewakili sesuatu yang dilihat dengan kacamata lebih luas dan menyeluruh. Padanan kata istilah komprehensif adalah global, lengkap, universal, ensiklopedis, ekstensif, teliti, dan masih banyak lagi.

Meski demikian, makna komprehensif adalah bisa berbeda-beda dalam berbagai bidang, tetapi tidak jauh dari kata luas dan menyeluruh. Agar bisa lebih memahaminya, berikut Liputan6.com ulas lebih jauh tentang istilah komprehensif adalah luas dan menyeluruh dari berbagai sumber, Rabu (16/6/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Mengenal Istilah Komprehensif

Komprehensif adalah bentuk kata sifat yang asalnya dari kata serapan bahasa Inggris “comprehensive.” Istilah komprehensif adalah bukan kata yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Dunia akademisi dan profesional yang lebih sering menggunakan istilah komprehensif untuk mengungkapkan sesuatu agar lebih masuk akal.

Komprehensif adalah luas dan lengkap. Istilah komprehensif adalah menggambarkan seseorang mempunyai wawasan yang luas. Bila digunakan dalam percakapan, biasanya komprehensif adalah mewakili sesuatu yang dilihat dengan kacamata lebih luas dan menyeluruh. Kamus Besar Bahasa Indonesia mengartikan komprehensif adalah demikian dan mampu menangkap atau menerima dengan baik.

 

3 dari 6 halaman

Contoh Kalimat dan Padanan Kata Komprehensif

Contoh kalimat dengan istilah komprehensif yang bisa mewakili, yakni “Pemikiran komprehensif Raden Ajeng Kartini bisa membuktikan betapa berharganya wanita di mata dunia.” Kalimat memaknai komprehensif adalah pemikiran atau wawasan yang luas dan menyeluruh. Dalam kalimat tersebut menegaskan pemikiran luas dan wawasan cerdas dari Raden Ajeng Kartini.

Tak hanya luas dan menyeluruh, sebetulnya istilah komprehensif adalah memiliki banyak padanan kata. Misalnya saja global, lengkap, universal, ensiklopedis, ekstensif, teliti, dan masih banyak lagi. Dikatakan oleh para ahli, bahwa pola pikir komprehensif adalah mampu menciptakan pengetahuan sedalam-dalamnya.

4 dari 6 halaman

Manfaat Pola Pikir Komprehensif

Berpikir komprehensif adalah akan sangat bermanfaat bagi kehidupan terutama bila dikembangkan. Semisal, pola pikir proaktif akan sangat berguna di bidang kepemimpinan.

Manfaat lain dari memiliki pola pikir komprehensif adalah akan melahirkan sikap proaktif. Baik dalam menjalankan visi dan misi organisasi. Supaya bisa berjalan lancar. Tanpa sikap proaktif, seorang pemimpin tak bisa menjalankan kepemimpinan secara efektif dan efisien.

Sedangkan untuk pola pikir komprehensif di bidang seni, juga baik. Sebagai contoh, seseorang yang menyadari kebutuhan akan keberadaan orang lain. Mereka perlu membangun sikap positif dan komprehensif. Tanpa itu, mereka akan susah menjalin relasi dengan sesama.

Terlebih lagi bagi yang memiliki latar belakang agama, sosial, suku bangsa dan perbedaan lain. Mereka akan semakin memahami secara mendalam perbedaan masing-masing untuk menyelaraskan tujuan. Serta memahami satu sama lain.

5 dari 6 halaman

Contoh Kalimat dengan Istilah Komprehensif

Agar bisa memahami lebih dalam terhadap istilah komprehensif, bisa memerhatikan beberapa kalimat contoh berikut ini:

1. Rumah Sakit Umum Tanah Abang Jakarta menyediakan layanan komprehensif kepada pasien korban tabrak lari.

Maksud kalimat dengan istilah komprehensif adalah Rumah Sakit Umum Tanah Abang Jakarta memberikan pelayanan secara menyeluruh. Melalui upaya preventif, kuratif dan rehabilitatif bagi pasien korban tabrak lari.

2. Berita komprehensif yang disiarkan oleh stasiun televisi XX akhirnya membuat masyarakat memahami masalah kesenjangan sosial secara umum.

Maksud kalimat dengan istilah komprehensif adalah laporan tentang suatu fakta yang disajikan secara utuh. Serta dikaji menyeluruh, dari berbagai aspek untuk menghasilkan suatu kesimpulan.

3. Perusahaan Portalmana melaporkan keuntungan komprehensif yang diperoleh di tahun 2021.

Maksud kalimat dengan istilah komprehensif adalah keuntungan perusahaan. Secara detail menjelaskan adanya pengaruh berbagai faktor di luar operasional normal perusahaan. Misalnya keuntungan dari perubahan nilai tukar mata uang.

4. Seluruh universitas di Indonesia harus mengadakan ujian komprehensif bagi seluruh mahasiswa semester akhir.

Maksud kalimat dengan istilah komprehensif adalah ujian yang meliputi seluruh aspek di bidang ilmu tertentu. Melalui ujian ini bisa dilihat apakah seorang mahasiswa layak untuk lulus atau tidak.

6 dari 6 halaman

Tujuan Komprehensif di Berbagai Bidang

1. Bidang Filsafat

Dalam bidang filsafat, berpikir secara komprehensif adalah sebuah cara dimana orang bisa melihat suatu hal secara lengkap meliputi berbagai aspek.

Melalui cara berpikir filosofis ini, orang bisa menangkap dan memahami secara menyeluruh. Hingga bagian terkecil, sehingga bisa menyelesaikan masalah dengan baik.

2. Bidang Kesehatan

Komprehensif adalah penanganan terhadap pasien. Dilakukan secara menyeluruh, diawali sejak pendeteksian penyakit sampai proses penyembuhan.

3. Bidang Ilmu Akuntansi

Istilah komprehensif adalah dalam akuntansi kerap digunakan untuk menjelaskan suatu proses atau prinsip membuat laporan keuangan. Termasuk laporan laba dan rugi yang dilakukan secara menyeluruh.

Supaya bisa melakukan penilaian yang lebih baik. Serta mengukur tingkat keberhasilan kinerja suatu perusahaan dalam periode akuntansi.

4. Bidang Pelayanan

Penggunaan di bidang pelayanan, istilah komprehensif adalah memberikan secara menyeluruh. Mencakup upaya preventif (mencegah), promotif (promosi), kuratif (mengobati/mengatasi), dan rehabilitatif bagi pelanggan atau masyarakat yang membutuhkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini